Akun belajar.id merupakan nama akun (User ID) yang bertanda belajar.id dan kata sandi (password) yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai platform milik Kemendikbudristek, salah satunya platform Merdeka Mengajar. Penggunaan Akun belajar.id tidak dipungut biaya atau gratis 

Terkait perlindungan data pengguna diatur sesuai ketetapan Pusat Data dan Teknologi Informasi terhadap:

  • Kerahasiaan data, informasi, dan/atau dokumen aktivitas Akun belajar.id; dan

  • Kemungkinan terjadinya kelalaian dalam penggunaan dan/atau penyalahgunaan data, informasi, dan/atau dokumen aktivitas Akun belajar.id.

Semua data Anda aman, teratur, dan terintegrasi.

Jika Anda ingin mengetahui apakah Akun belajar.id Anda bisa masuk ke platform Merdeka Mengajar atau tidak, silakan baca artikel Daftar Domain Akun belajar.id Milik PTK yang Bisa Masuk/Login ke Platform Merdeka Mengajar.

Tanya Jawab Seputar Cara Mendapatkan Akun belajar.id

Bagaimana jika detail akun saya tidak masuk ke email yang didaftarkan?

Apabila Anda belum menerima email berisi detail nama akun (User ID) dan kata sandi (password), silakan ikuti langkah berikut:

  1. Silakan tunggu beberapa saat sampai detail Akun belajar.id terkirim ke email pribadi Anda atau periksa folder spam

  2. Apabila detail akun masih belum diterima setelah beberapa saat, silakan klik kembali "Kirim detail akun ke email pribadi saya"

  3. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) masing-masing.

Bagaimana jika saya ingin mengganti email pribadi yang terdaftar untuk mengirimkan detail akun saya?

Untuk mengganti email pribadi Anda, silakan lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Klik tombol "untuk ganti email pribadi klik di sini"

  2. Masukkan email pribadi yang baru.

Perlu diketahui, data email pribadi yang Anda masukan hanya untuk keperluan pengiriman detail Akun belajar.id, dan tidak akan mengubah data Anda di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Bagaimana jika SMS belum masuk setelah klik "Kirim SMS detail akun ke nomor saya"?

Apabila Anda belum menerima SMS berisi detail nama akun (User ID) dan kata sandi (password), berikut adalah langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Pastikan nomor handphone yang Anda gunakan saat ini sama dengan nomor handphone yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

  2. Jika sudah sesuai, silakan tunggu beberapa saat sampai detail Akun belajar.id terkirim ke nomor handphone Anda

  3. Pastikan nomor handphone Anda dalam keadaan aktif dan dapat menerima SMS

  4. Apabila SMS yang berisi detail akun masih belum masuk, silakan kirim ulang dengan klik kembali "Kirim SMS detail akun ke nomor saya"

  5. Jika masih belum menerima detail Akun belajar.id melalui SMS, Anda bisa mengirimkan detail Akun belajar.id ke email pribadi Anda dengan klik "Kirim detail akun ke email pribadi saya".

Apakah saya dapat mengganti nomor handphone di halaman belajar.id untuk mengirim detail akun?

Anda tidak dapat mengganti nomor handphone yang terdaftar secara mandiri. Untuk mengganti nomor tersebut, silakan hubungi Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di sekolah untuk mengubah data diri Anda di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Mengapa Akun belajar.id saya tidak aktif?

Setelah mendapatkan nama akun (User ID) dan kata sandi (password), Anda perlu melakukan aktivasi sesuai langkah berikut:

  1. Buka halaman https://mail.google.com

  2. Masuk menggunakan nama akun (User ID) belajar.id dan kata sandi (password) Anda

  3. Setujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun belajar.id

  4. Lakukan penggantian password Akun belajar.id dengan melihat caranya di sini

Bagaimana cara melakukan reset password atau mengganti kata sandi Akun belajar.id?

Anda dapat melakukan pergantian kata sandi (reset password) dengan dua kondisi berikut:

  1. Sesaat setelah aktivasi
  2. Setelah Anda menjadi pengguna aktif atau apabila Anda lupa kata sandi (password).

Selain melalui Admin Sekolah, kini Anda dapat melakukan reset password (pengaturan ulang) kata sandi Akun belajar.id secara mandiri dengan cara yang tertera di halaman ini.

 

Sebelumnya
Selanjutnya
6812251048601

Komentar

5 komentar

  • Jumrawari

    dengan program ppm ini sangan membantu km segabai guru dalam proses belajar mengajar

     

     

    0
  • Eva Herawati

    Saya ingin belajar dari PMM ini untuk membantu proses belajar mengajar saya.

    0
  • Nur'asiah

    saya inginbelajar dari pmm utknmbntu proses belajar saya

    0
  • WIWIT SUTRAWIRA S.Pd

    kenapa pasword email saya slah ketika saya login di perangkat laptop,sedangkan di hp android bisa

    0
  • MUCH. FAISOL RIZA

    Ass. wr . wb.... Kami Peserta PPG Dalam Jabatan  Guru Tertentu mau tanya untuk NAMA LENGKAP  kami Di SimPKB dan Di Data Dapodik :

    # Sudah Benar yaitu MUCH. FAISOL RIZA 

    Sedangkan Di Akun belajar.id di PMM :

    # Masih Salah yaitu MUCH FAISOL RIZA

    Bagaimana cara membetulkannya sebelumnya terimakasih....?

    0

Harap masuk untuk memberikan komentar.

Didayai oleh Zendesk