Perhatian!
Sebelum Anda memulai Pengisian Praktik Kinerja, pastikan untuk melakukan konfirmasi data atasan yang tercantum di halaman Pengelolaan Kinerja Anda.
- Jika data Atasan TIDAK SESUAI, Anda bisa mengonfirmasi data atasan dengan mengikuti panduan pada artikel di sini
- Jika data Atasan TIDAK TERSEDIA, Anda dapat mengonfirmasi data atasan dengan mengikuti panduan pada artikel di sini
Jika Anda tidak melakukan konfirmasi data atasan, Anda hanya dapat mengisi formulir Diskusi Persiapan, tetapi dokumen yang telah diisi tidak akan terbaca dalam sistem Pengelolaan Kinerja atasan Anda.
Setelah perencanaan kinerja yang diajukan oleh Kepala Sekolah mendapatkan persetujuan dari atasan, maka Kepala Sekolah dapat memulai Pelaksanaan Kinerja. Berikut panduan pengisian Pelaksanaan Kinerja pada Platform Merdeka Mengajar.
1 . Klik ‘Pengelolaan Kinerja’ pada menu Beranda di platform Merdeka Mengajar
2. Bagi Anda yang mengakses pengelolaan kinerja melalui aplikasi PMM pada perangkat Android, maka Anda akan menerima notifikasi berupa rekomendasi untuk mengakses pengelolaan kinerja melalui laptop. Silakan akses pengelolaan kinerja melalui desktop atau laptop untuk mendapatkan pengalaman terbaik. Klik 'Tetap di sini' jika Anda masih ingin mengakses pengelolaan kinerja melalui aplikasi.
3. Pada halaman Pengelolaan Kinerja, Anda dapat klik menu Kepala Sekolah, lalu pilih ‘Sebagai Pegawai, kemudian klik ‘Cek Praktik Kinerja’ untuk memulai Pelaksanaan Kinerja
4. Selanjutnya, Anda dapat memulai untuk mengisi Pelaksanaan Kinerja secara berurutan sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. Anda tidak bisa ke langkah selanjutnya apabila belum melakukan penyelesaian dan kegiatan sebelumnya
1. Klik ‘Isi dokumen’ untuk memulai mengisi dokumen persiapan pada Pemantauan Kinerja.
2. Pada halaman Dokumen Persiapan, Anda dapat menemukan beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti:
- Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan dari dokumen persiapan ini.
-
Klik ‘Cek Rubik Observasi’ untuk mendapatkan informasi mengenai fokus perilaku yang akan dilakukan pemantauan dan pembinaan kinerja oleh Atasan berdasarkan indikator yang dipilih pada tahap Perencanaan Kinerja
- Target Perilaku yang ada pada halaman Pusat Informasi merupakan contoh dan bisa disesuaikan lebih lanjut berdasarkan kebutuhan dan kondisi setiap sekolah melalui diskusi dan kesepakatan antara Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah/Kepala Dinas.
- Pilih minimal satu perilaku yang ingin diperbaiki dan juga dipelajari oleh Anda dengan memberikan tanda ceklis pada kotak
- Tuliskan upaya yang akan Anda lakukan untuk mempelajari Target Perilaku yang sudah dipilih sebelumnya.
- Pilih jadwal dengan mengatur 'Jadwal Observasi' dengan Atasan
- Pertemuan : Tuliskan tempat yang akan menjadi lokasi untuk dilakukannya pemantauan dan pembinaan kinerja
- Perangkat Pendukung : Tuliskan Perangkat Pendukung yang akan menjadi dukungan dari praktik kinerja yang akan dilakukan oleh Anda.
- Catatan lain : Tuliskan informasi lainnya jika diperlukan
3. Klik ‘Kumpulkan’ jika Anda sudah mengisi dokumen persiapan. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi Dokumen Persiapan dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.
4. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk dokumen persiapan dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, maka pilih Ceklis dan klik ‘Kumpulkan’.
Namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali.
5. Setelah Anda mengumpulkan dokumen persiapan, Anda dapat memulai untuk mempelajari upaya yang ingin dilakukan sesuai dengan dokumen yang telah dikumpulkan.
6. Atasan akan melakukan pemantauan dan pembinaan kinerja sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, Anda dapat klik ‘Cek Rincian’ untuk melihat mengenai detail observasi.
1. Jika Atasan sudah melakukan pemantauan dan pembinaan kinerja, Anda bisa klik ‘Isi Dokumen’ untuk melakukan pengisian dokumen tindak lanjut dan melihat hasil rating penilaian observasi.
2. Anda akan melihat hasil rating penilaian dari Atasan berdasarkan pemantauan, penilaian tersebut akan menjadi dasar untuk tindak lanjut yang perlu Anda lakukan. Namun, Anda tidak perlu khawatir rating penilaian ini bukan menjadi nilai akhir. Atasan juga memberikan rekomendasi tindak lanjut yang dapat dilakukan oleh Anda sebagai Kepala Sekolah. Klik ‘Lanjut’ untuk memulai pengisian dokumen tindak lanjut.
3. Pada halaman Dokumen Tindak Lanjut, Anda dapat menemukan beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti:
- Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan dari dokumen Tindak Lanjut.
- Anda dapat isi dengan menceritakan tantangan atau kendala yang dihadapi ketika melakukan Praktik Kinerja.
-
Pada Sesi Pilihan Belajar, Anda diminta untuk menetapkan tujuan untuk meningkatkan kualitas praktik kinerja serta upaya yang akan dilakukan untuk mencapainya, diikuti dengan penjadwalan aksi tindak lanjut dan kebutuhan dukungan yang diperlukan.
-
Pilihan Belajar ini wajib dilakukan sebagai bagian dari tahap Tindak Lanjut.
- Perlu diketahui bahwa Pilihan Belajar dapat dilakukan melalui webinar, kursus luring atau daring, serta berpartisipasi dalam kelompok diskusi atau komunitas online yang relevan dengan tujuan upaya tindak lanjut.
-
-
Pada sesi Pilihan Belajar melalui Pelatihan Mandiri, Anda diminta untuk memilih tujuan untuk meningkatkan kualitas praktik kinerja serta modul Pelatihan Mandiri yang digunakan untuk mencapainya, diikuti dengan rencana periode Anda untuk mempelajari materi di PMM dan kebutuhan dukungan yang diperlukan.
- Perlu diketahui bahwa Pilihan Belajar melalui Pelatihan Mandiri bersifat opsional (tidak wajib), namun jika Anda ingin melakukan pembelajaran melalui Pelatihan Mandiri tetap dapat dilakukan karena merupakan bagian dari tahap tindak lanjut.
4. Klik ‘Kumpulkan’, jika Anda sudah mengisi dokumen tindak lanjut. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi Dokumen Tindak Lanjut dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.
5. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk Dokumen Tindak Lanjut dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, maka pilih Ceklis dan klik ‘Kumpulkan’.
Namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, maka klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali.
6. Setelah Anda mengumpulkan dokumen tindak lanjut, Anda dapat memulai untuk mempelajari upaya/aksi yang ingin dilakukan sesuai dengan dokumen yang telah dikumpulkan.
1. Jika Anda sudah melakukan Refleksi Tindak Lanjut, Anda bisa klik ‘Isi Dokumen’ untuk mengumpulkan dokumen Refleksi Tindak Lanjut dan melihat hasil penilaian dari Kepala Sekolah tentang tindak lanjut yang telah dilakukan
2. Pada halaman Dokumen Refleksi Tindak Lanjut, Anda diminta untuk mengisi dokumen tindak lanjut.
- Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan dari dokumen Refleksi Tindak Lanjut.
-
Pada sesi Pilihan Belajar melalui Pelatihan Mandiri:
- Jelaskan inspirasi yang baru Anda dapatkan dari Pembelajaran Upaya Tindak lanjut.
- Jelaskan perubahan apa yang ingin Anda lakukan di ruang kelas / Satuan Pendidikan setelah mendapatkan inspirasi
- Jelaskan 3 tantangan yang paling sulit dihadapi pada saat melakukan perubahan
- Jelaskan rencana yang akan Anda lakukan untuk mengatasi tantangan sehingga perubahan akan dapat terjadi
- Pada sesi Pilihan Belajar Lainnya:
- Lakukan pengisian yang sama apabila Anda juga memasukkan pilihan belajar selain menggunakan platform Merdeka Mengajar dengan pertanyaan yang sama.
3. Klik ‘Kumpulkan’, jika Anda sudah mengisi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut. Klik ‘Simpan Draf’’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi dokumen refleksi tindak lanjut dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.
4. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk Dokumen Refleksi Tindak Lanjut dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, maka pilih Ceklis dan klik ‘Kumpulkan’.
Namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, maka klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali.
5. Anda telah berhasil menyelesaikan tahapan Pelaksanaan Kinerja dengan mengumpulkan dokumen dimulai dari Dokumen Persiapan sampai dengan Refleksi Tindak lanjut.
5. Berikut merupakan tampilan apabila Anda telah menyelesaikan seluruh tahapan Pelaksanaan Kinerjanya. Selanjutnya, Anda dapat memulai untuk melengkapi dokumen Bukti Dukung untuk Pengembangan Kompetensi. Informasi lebih lanjut Tentang Bukti Dukung dapat kunjungi artikel di sini.
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.