Setelah perencanaan kinerja yang diajukan oleh Guru mendapatkan persetujuan dari Kepala Sekolah, Guru dapat memulai pelaksanaan kinerja. Berikut panduan pengisian pelaksanaan kinerja pada platform Merdeka Mengajar. 

1. Klik ‘Pengelolaan Kinerja’ pada menu Beranda di platform Merdeka Mengajar

2. Bagi Anda yang mengakses pengelolaan kinerja melalui aplikasi PMM pada perangkat Android, Anda akan menerima notifikasi berupa rekomendasi untuk mengakses pengelolaan kinerja melalui laptop. Silakan akses pengelolaan kinerja melalui desktop atau laptop untuk mendapatkan pengalaman terbaik.Klik 'Tetap di sini' jika Anda masih ingin mengakses pengelolaan kinerja melalui aplikasi.

 

3. Pada halaman Pengelolaan Kinerja, Anda dapat klik menu Guru Pilih Sebagai Pegawai , lalu Klik ‘Cek Praktik Kinerja untuk memulai Pelaksanaan Kinerja

4. Selanjutnya, Anda dapat memulai untuk mengisi Pelaksanaan Kinerja secara berurutan sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. Anda tidak bisa ke langkah selanjutnya apabila belum melakukan penyelesaian dikegiatan sebelumnya

Cara Isi Dokumen Persiapan

1. Klik ‘Isi dokumen’ untuk memulai mengisi dokumen persiapan pada Pemantauan Kinerja.

2. Pada halaman Dokumen Persiapan, Anda dapat menemukan beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti:

    • Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan dari dokumen persiapan ini.
    • Klik ‘Cek Rubik Observasi’ untuk mendapatkan informasi mengenai fokus perilaku yang diobservasi oleh Kepala Sekolah berdasarkan indikator yang dipilih pada tahap Perencanaan Kinerja

Rubrik perilaku (2).png

  • Pilih minimal satu perilaku yang ingin diperbaiki dan juga dipelajari oleh Anda dengan memberikan tanda ceklis pada kotak
  • Tuliskan upaya yang akan Anda lakukan untuk mempelajari Target Perilaku yang sudah dipilih sebelumnya.
  • Pilih jadwal dengan mengatur 'Jadwal Observasi' dengan Kepala Sekolah, dan pastikan untuk berdiskusi terlebih dahulu sebelum menetapkan jadwal. Namun, jika jadwal yang diajukan tidak sesuai, Guru dapat berdiskusi dengan pihak kepala sekolah di luar dari jadwal yang sudah ditetapkan.
  • Pilih tingkatan Jenjang & Kelas yang sesuai
  • Ketik Mata Pelajaran yang sesuai
    • Anda bisa melakukan pencarian mata pelajaran dengan mengetik mata pelajaran pada kolom yang tersedia. Misalnya “matematika”.
  • Bukti dukung berupa RPP/Modul ajar bersifat Optional untuk di unggah pada Dokumen Persiapan, Jika Anda mengunggah bukti dokumen RPP?Modul Ajar, maka bukti dukung tersebut akan digunakan ketika observasi kelas. Informasi lebih lanjut tentang ketentuan RPP/Modul Ajar di Pelaksanaan Kinerja dapat kunjungi artikel di sini

3. Klik ‘Kumpulkan’ jika Anda sudah mengisi dokumen persiapan dan mengunggah dokumen RPP/Modul atau. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi Dokumen Persiapan dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.

4. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk Dokumen Persiapan dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, Pilih Ceklis dan klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali. 

5. Setelah Anda mengumpulkan dokumen persiapan, Anda dapat memulai untuk mempelajari upaya yang ingin dilakukan sesuai dengan dokumen yang telah dikumpulkan.

6. Kepala Sekolah akan melakukan observasi kelas sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, Anda dapat klik ‘Cek Rincian’ untuk melihat mengenai detail observasi.

 

Cara Isi Dokumen Tindak Lanjut

1. Jika Kepala Sekolah sudah melakukan observasi kelas, Anda bisa klik ‘Isi Dokumen’ untuk mengisi dokumen tindak lanjut dan melihat hasil penilaian observasi.

2. Anda akan melihat hasil penilaian dari Kepala Sekolah berdasarkan observasi, penilaian tersebut akan menjadi dasar untuk tindak lanjut yang perlu Anda lakukan. Namun, Anda tidak perlu khawatir hasil penilaian ini bukan menjadi nilai akhir.  Kepala Sekolah juga memberikan rekomendasi tindak lanjut yang dapat dilakukan oleh Anda. Klik ‘Lanjut’ untuk memulai pengisian dokumen tindak lanjut. 

3. Pada halaman Dokumen Tindak Lanjut, Anda dapat menemukan beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti:

  • Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan dari dokumen Tindak Lanjut.
  • Anda dapat isi dengan menceritakan tantangan atau kendala yang dihadapi ketika melakukan Praktik Kinerja
  • Pada Sesi  Pilihan Belajar, Anda diminta untuk menetapkan tujuan untuk meningkatkan kualitas praktik kinerja serta upaya yang akan dilakukan untuk mencapainya, diikuti dengan penjadwalan aksi tindak lanjut dan kebutuhan dukungan yang diperlukan.
    • Pilihan Belajar ini wajib dilakukan sebagai bagian dari tahap Tindak Lanjut.
    • Perlu diketahui bahwa Pilihan Belajar dapat dilakukan melalui webinar, kursus luring atau daring, serta berpartisipasi dalam kelompok diskusi atau komunitas online yang relevan dengan tujuan upaya tindak lanjut.
  • Pada sesi  Pilihan Belajar melalui Pelatihan Mandiri, Anda diminta untuk memilih tujuan untuk meningkatkan kualitas praktik kinerja serta modul Pelatihan Mandiri yang digunakan untuk mencapainya, diikuti dengan rencana periode Anda untuk mempelajari materi di PMM dan kebutuhan dukungan yang diperlukan.
    • Perlu diketahui bahwa Pilihan Belajar melalui Pelatihan Mandiri bersifat opsional (tidak wajib), namun jika Anda ingin melakukan pembelajaran melalui Pelatihan Mandiri tetap dapat dilakukan karena merupakan bagian dari tahap tindak lanjut.

Perlu diketahui!

  • Sebelum melakukan pengisian dokumen tindak lanjut, Anda dianjurkan untuk berdiskusi dengan Kepala Sekolah agar memudahkan dalam melakukan pengisian dokumen.

4. Klik ‘Kumpulkan’, jika Anda sudah mengisi Dokumen Tindak Lanjut . Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi Dokumen Tindak Lanjut dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.

5. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk Dokumen Tindak Lanjut dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, Pilih Ceklis dan klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali. 

6. Setelah Anda mengumpulkan dokumen tindak lanjut, Anda dapat memulai untuk mempelajari upaya/aksi yang ingin dilakukan sesuai dengan dokumen yang telah dikumpulkan.

Cara Isi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut

1.  Jika Anda sudah melakukan Refleksi Tindak Lanjut, Anda bisa klik ‘Isi Dokumen’ untuk mengisi dokumen Refleksi Tindak Lanjut dan melihat hasil penilaian dari Kepala Sekolah tentang tindak lanjut yang telah dilakukan 

2. Pada halaman Dokumen Refleksi Tindak Lanjut, Anda diminta untuk mengisi dokumen tindak lanjut.

  • Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan dari dokumen Refleksi Tindak Lanjut. 
  • Pada sesi Pilihan Belajar melalui Pelatihan Mandiri
    • Jelaskan keberhasilan yang Anda capai dari upaya tindak lanjut yang sudah dilakukan
    • Jelaskan hambatan yang ditemui selama melakukan upaya tindak lanjut
    • Jelaskan peningkatan yang dapat mengatasi tantangan dari upaya tindak lanjut yang telah dilakukan. 
  • Pada sesi Pilihan Belajar melalui lainnya, Anda juga dapat menuliskan keberhasilan, hambatan dan peningkatan dari upaya tindak lanjut yang dilakukan

Perlu diketahui!

  • Sebelum melakukan pengisian dokumen refleksi tindak lanjut, Anda dianjurkan untuk berdiskusi dengan Kepala Sekolah agar memudahkan dalam melakukan pengisian dokumen.

3. Klik ‘Kumpulkan’, jika Anda sudah mengisi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.'

4. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk Dokumen Refleksi Tindak Lanjut dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, Pilih Ceklis dan klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali. 

5. Anda telah berhasil menyelesaikan pelaksanaan kinerja di platform Merdeka Mengajar. Selanjutnya, Anda dapat menunggu penilaian hasil dari refleksi tindak lanjut yang telah dikumpulkan


6. Berikut tampilan jika Anda sudah menyelesaikan Pelaksanaan Kinerja 

Sebelumnya
Selanjutnya
26099102815641

Komentar

4 komentar

  • Ahmad Nasihin

    Jika salah memilih mapel dan sudah klik kumpulkan bagaimana cara merubahnya?

     

    0
  • Ali Widodo

    Bagaimana mengatasi terlanjur kumpulkan jadwal observasi

    0
  • Dwi Purwanti, S.Pd.SD.

    Jadwal observasi sudah dikumpulkan tapi tidak muncul di pengelolaan kinerja kepala sekolah. Bagaimana mengatasinya?

    1
  • Bagaimana apabila pengumpulan dokumen diisi/penilaian tidak sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan? Mohon pencerahannya?

    0

Harap masuk untuk memberikan komentar.

Didayai oleh Zendesk