Pengguna Akun belajar.id akan mengalami proses pemutakhiran akun yang menyebabkan nama akun atau domain Akun belajar.id Anda berubah sesuai data di Dapodik. Proses pemutakhiran akun pendidik bisa terjadi karena dua hal berikut: 

  • Perubahan dari guru menjadi admin, atau dari admin menjadi guru 

Jika Anda mengalami perubahan ini, maka Akun belajar.id Anda akan otomatis berganti menjadi Akun belajar.id yang baru. Data dan riwayat penggunaan platform Merdeka Mengajar Anda di akun lama akan masuk ke akun baru, namun Anda sudah tidak dapat mengakses platform Merdeka Mengajar menggunakan akun lama

  • Perubahan jenjang guru (misalnya dari SD ke SMP)

Jika Anda mengalami perubahan ini, maka sistem kami akan memindahkan data dan riwayat penggunaan platform Merdeka Mengajar Anda di Akun belajar.id yang lama ke yang baru. Sehingga, nama Akun belajar.id Anda yang lama masih akan terlihat di profil Anda walaupun Anda login ke platform Merdeka Mengajar menggunakan akun baru, sampai akun lama Anda dihapus dari sistem. 

Hal-Hal yang Dapat Anda Lakukan Jika Mengalami Kendala Akibat Pemutakhiran Akun belajar.id

Perlu kami sampaikan bahwa saat ini sedang terjadi kendala pada proses pemutakhiran Akun belajar.id yang berimplikasi pada hal-hal berikut:

1. Akun belajar.id yang terbaca di PMM masih akun lama walau sudah login menggunakan akun baru 

Anda tidak perlu khawatir karena tidak akan mempengaruhi penggunaan platform Merdeka Mengajar. Namun, jika Anda ingin menggunakan Akun belajar.id yang baru dan ingin menyesuaikan tampilan profil dengan akun baru Anda, silakan klik tombol Pusat Bantuan di kanan bawah halaman ini dengan menyertakan informasi berikut: 

  • Apakah Anda masih bisa mengakses dan menggunakan Akun belajar.id yang lama?
  • Silakan tuliskan nama Akun belajar.id Anda yang lama dan yang baru.
  • Memberikan tangkapan layar tampilan Akun belajar.id Anda sebagai data pendukung.

Informasi tersebut diperlukan untuk memastikan bahwa Akun belajar.id Anda yang lama sudah tidak digunakan lagi. Sebab, sistem kami akan memindahkan data dan riwayat penggunaan platform Merdeka Mengajar Anda dari akun lama ke akun baru dan akses ke platform Medeka Mengajar dengan Akun belajar.id yang lama akan dihapus.

2. Data dan riwayat penggunaan platform Merdeka Mengajar hilang, seperti data di Pelatihan Mandiri, Bukti Karya, atau Komunitas

Jika Anda mengalami hal tersebut, harap informasikan hal-hal berikut:

  • Apakah Anda masih bisa mengakses dan menggunakan Akun belajar.id yang lama?
  • Apakah riwayat atau aktivitas pada akun lama sudah sesuai atau terintegrasikan ke Akun belajar.id yang baru?
  • Silakan tuliskan nama Akun belajar.id Anda yang lama dan yang baru.
  • Jelaskan data apa yang hilang.
  • Memberikan tangkapan layar tampilan Akun belajar.id Anda sebagai data pendukung.

Informasi di atas diperlukan untuk memastikan bahwa Akun belajar.id Anda yang lama sudah tidak digunakan lagi. Sebab, untuk melakukan pemindahan data dan riwayat penggunaan platform Merdeka Mengajar dari akun lama ke akun baru, akses ke platform Medeka Mengajar dengan Akun belajar.id yang lama akan dihapus.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa apabila Anda ingin memindahkan riwayat penggunaan platform Merdeka Mengajar Anda dari akun lama ke akun baru, maka aktivitas yang Anda lakukan menggunakan akun baru akan hilang.

Sebelumnya
Selanjutnya
15769798615193

Komentar

3 komentar

  • MASRAH,S.Pd

    Pmm merdeka menhajar tidak bisa masuk dengan akun belajar .id di karenakan aanya akun belajar kesetaraan belajar.id yang terdaptar padahal sebelumnya tadak bisa di daftar dan sy tidak tahu kenapa ada akun kesetaraan itu

    mau non aktifkan tadak bisa juga

    1
  • Ihwansallim99

    Assalamualaikum....

    selamat pagi

    mohon izin untuk mendaftarkan kurikulum merdeka kami dari SMP Kartika XIV-1 Banda Aceh Tahun 2024

    0
  • elisamalaia48

    Mengapa Pada LMS dikatakan "saya bukan peserta. padahal sudah muncul pada akun saya"

    0

Harap masuk untuk memberikan komentar.

Didayai oleh Zendesk