Setelah Anda mengunggah lembar Aksi Nyata, tim platform Merdeka Mengajar akan melakukan proses validasi dengan kriteria sebagai berikut: 

1. Pastikan Aksi Nyata Anda tidak mengandung unsur plagiarisme atau kemiripan dari sisi laporan, deskripsi, dan refleksi dengan Aksi Nyata milik rekan guru lain. Kerja sama dengan rekan sejawat boleh dilakukan, namun ceritakanlah apa yang Anda lakukan dan tuliskan refleksi pembelajaran secara personal karena merupakan hal yang penting dalam pembelajaran.

2. Pastikan Aksi Nyata Anda sesuai dengan panduan yang tertera pada tiap topik Aksi Nyata yang Anda pilih. Panduan tersebut bisa Anda lihat saat akan memilih topik Aksi Nyata. Klik Baca Rincian, maka panduan akan muncul.

Untitled_design__2_.png

3. Pastikan aktivitas yang dilakukan sesuai dengan topik Aksi Nyata yang dipilih.

4. Pastikan Andamemuat dokumentasi dalam melakukan Aksi Nyata.

5.Menerima minimal satu umpan balik dari objek Aksi Nyata, sesuai dengan Aksi Nyata yang dilakukan dan mencantumkannya di dalam dokumen Aksi Nyata. Lihat contohnya di sini.

Hasil validasi dapat dipantau secara mandiri melalui status sertifikat pada halaman Topik Pelatihan Mandiri.

Lulus Validasi - Unduh Sertifikat Pelatihan Mandiri

Bagi Anda yang dinyatakan lulus validasi, Anda akan mendapatkan sertifikat Pelatihan Mandiri dengan cara berikut: 

1. Klik Lihat Sertifikat

Topik-Detail-Sertifikat_tersedia__2_.jpg

2. Silakan isi data diri Anda dengan klik Lengkapi 

Perlu diketahui!

Pastikan Anda mengisi data diri dengan benar sebelum menyimpan data dan mengunduh sertifikat. Sebab, data sertifikat yang sudah disimpan dan diunduh TIDAK BISA DIUBAH.

 

Sertificatekonsep.jpg

3. Isi data diri sebagai berikut: 

  • Akun belajar.id
  • Nama lengkap
  • Nomor Induk Pegawai (NIP)
  • NUPTK
  • Tempat lahir 
  • Tanggal lahir
  • Jabatan
  • Unit kerja

Perlu diketahui!

Bagi Anda yang belum memiliki Nomor Induk Pegawai (NIP) dan NUPTK, maka Anda boleh mengosongkan bagian tersebut. Namun pastikan untuk mengisi data diri lainnya.

Pastikan Anda menyetujui pernyataan bahwa data diri yang Anda isi adalah benar dengan memberi tanda centang, lalu klik Simpan

Data_diri__2_.jpg

4. Unduh sertifikat dengan klik Unduh

Sertificate_Available_Download.jpg

Tidak Lulus Validasi - Perbaiki Aksi Nyata

Bagi Anda yang belum lulus validasi, Anda akan diminta untuk memperbaiki Aksi Nyata Anda dan mengunggah kembali ke platform Merdeka Mengajar untuk divalidasi ulang. Berikut caranya: 

1. Klik Baca saran perbaikan

Topik-Detail-Sertifikat_Hold__2_.jpg

2. Anda akan mendapatkan pesan/alasan mengapa Aksi Nyata Anda tidak lulus validasi.

  • Jika hasil validasi menyatakan adanya indikasi plagiasi, maka Anda wajib melakukan perbaikan Aksi Nyata. Silakan perbaiki Aksi Nyata sesuai saran, kemudian unggah kembali Aksi Nyata yang sudah diperbaiki dengan klik Perbaiki Aksi Nyata untuk divalidasi ulang.

Perbaikan__1_.png

  • Jika hasil validasi Aksi Nyata Anda menunjukan kurangnya dokumentasi, umpan balik, atau ketidaksesuaian aktivitas dengan topik Aksi Nyata, maka Anda memiliki dua opsi yang bisa dilakukan, yaitu:
    1. Perbaiki Aksi Nyata sesuai saran, kemudian unggah kembali Aksi Nyata yang sudah diperbaiki dengan klik Perbaiki Aksi Nyata untuk divalidasi ulang, atau
    2. Ajukan banding jika merasa Aksi Nyata Anda sudah sesuai dengan panduan dan kriteria kelulusan, seperti menyertakan dokumentasi dan umpan balik serta aktivitas yang dilakukan sudah sesuai dengan topik Aksi Nyata yang dipilih. Cara pengajuan banding bisa Anda lihat di sini

Perbaikan.png

3. Pastikan Anda mengunggah Aksi Nyata dalam format PDF maksimal 10 MB. Kemudian isi data lembar Aksi Nyata berikut: 

  • Judul Aksi Nyata 
  • Ceritakan secara singkat Aksi Nyata yang Anda lakukan 
  • Apa pembelajaran yang Anda dapatkan saat melakukan Aksi Nyata 
  • Beri tanda centang untuk menyetujui pernyataan bahwa Aksi Nyata yang Anda unggah adalah benar hasil karya pribadi.

Setelah itu, klik Kumpulkan

Aksi_Nyata-Lembar-Kumpulkan__5_.jpg

Setelah itu, Anda dapat menunggu Aksi Nyata Anda diproses untuk validasi kembali. 

Tanya Jawab Seputar Validasi Aksi Nyata

Apakah saya boleh mengerjakan Aksi Nyata secara berkelompok dengan rekan guru lainnya?

Boleh saja mengerjakan Aksi Nyata bersama rekan Anda, namun Anda harus memperhatikan hal-hal berikut:

  • Aksi Nyata tetap dikerjakan secara mandiri dengan kalimat sendiri terutama di bagian refleksi karena merupakan pembelajaran yang sifatnya personal.
  • Pastikan laporan, deskripsi, dan refleksi Aksi Nyata milik Anda tidak memiliki kemiripan dengan rekan guru lain.
Mengapa Aksi Nyata saya belum divalidasi?

Silakan baca informasi selengkapnya di artikel Mengapa Aksi Nyata Saya Belum Divalidasi?.

 

Berapa kali saya akan diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan Aksi Nyata jika terus menerus dinyatakan tidak lulus validasi? 

Tidak ada batasan maksimal dalam melakukan perbaikan Aksi Nyata. Anda bisa memperbaiki Aksi Nyata setiap kali dinyatakan tidak lulus validasi hingga berhasil lulus dan mendapatkan sertifikat.

Bagaimana cara mengubah data sertifikat?

Perlu diketahui, data sertifikat tidak bisa diubah. Maka dari itu, pastikan Anda mengisi data sertifikat dengan baik dan benar sebelum menyimpan data dan mengunduh sertifikat.

 

Sebelumnya
Selanjutnya
9494470555929

Komentar

48 comments

  • Suratno

    secara keseluruhan sudah bagus. rasio yang 'njomplang" antara jumlah aksi nyata yang dikirim dan petugas yang men-validasi kami sadari sepenuhnya. namun akan lebih memuaskan jika progress proses validasi aksi nyata bisa ditampilkan. selama ini mengecek di platform sampai puluhan/ratusan kali hanya mendapat notifikasi yang sama; "menunggu validasi", entah sampai kapan. terima kasih.

    1
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Desi)

    Selamat siang Bapak Suratno,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #406956, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • Achmad Kismanto

    Ternyata lama njih pak/bu? Tetapi alhamdulillah, kami sudah mendapatkan 1 sertifikat dg bukti nyata yg sudah kami unggah di bulan Juli, bulan September sudah terbit. Untuk aksi nyata yang lain belum ada kabar baiknya. Yang saya tanyakan rentangnya memang sekitar 1-2 bulan ya? Kalo memang butuh validator kami siap bantu dengan sukarela, penting mendapatkan mandat/ surat tugas dari kementerian bu. Terimakasih, salam sehat dan bahagia. #MajuMutuPendidikanIndonesiaku

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Desi)

    Selamat siang Bapak Achmad Kismanto,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #424135, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • Wahyu Abrikawati

    Selamat siang tim PMM, saya sudah memperbaiki aksi nyata saya topik Kurikulum Merdeka dengan melengkapi serta menggunggah, form umpan balik (screenshot google form), foto kegiatan dan materi presentasi.

    Terimakasih

    0
  • Imas Komariah,S.Pd

    Assalamualaikum, Selamat pagi TIM PMM, mohon maaf sebelumnya saya melakukan perbaikan aksi nyata, hanya tadi ada kesalahan . yaitu berkas belum di hapus dan di unggah kembali hasil perbaikan sudah saya kumpulkan. jadi masih berkas lama. Mohon bantuan untuk mengembalikan perbaikan Aksi Nyata saya agar dapat unggah perbaikannya. Terima Kasih.

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Desi)

    Selamat pagi Ibu Imas Komariah,S.Pd,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #538366, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • Jaenudin, S.Pd, M.T

    Selamat sore Tim PMM,mhn ijin bertanya.saya sudah mengajukan 3 aksi nyata dalam topik dan waktu yang berbeda juga,tp sampai saat ini belum ada notifikasi aksi nyata saya itu di terima /di tolak.
    Kira kira membutuhkan waktu berapa lama lagi?

    0
  • Amarullah Dawamuddin

    Selamat siang Bpk/Ibu Tim PMM,
    Mohon ijin bertanya,
    Bagaimana cara untuk memperbaiki data Sertifikat PMM yang salah? Terima kasih.

    0
  • Pusat Informasi - Ismi

    Halo Bapak Amarullah Dawamuddin,

    Silakan klik tombol Pusat Bantuan di bagian kanan bawah halaman ini untuk membuat permohonan untuk mengubah data sertifikat.

    Salam hangat dan sukses selalu!

    0
  • Lisa Ariani

    Malam min

    min, saya sudah input data diri untuk sertifikat namun sertifikat masih belum bisa diunduh. Apakah prosesnya memang lama?atau gimana min?

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Desi)

    Selamat pagi Ibu Lisa Ariani,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #575500, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • Nurul Hidayah

    Mohon maaf tim PMM, ijin bertanya.
    Satu Minggu yang lalu, saya menerima keterangan di pelatihan mandiri saya, sertifikat tersedia. Karena ini sertifikat kedua, maka data saya langsung muncul. Tetapi, sertifikat belum bisa saya unduh, dengan keterangan sertifikat anda masih dalam proses. Berapa lama yah, sertifikat bisa saya terima?

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Desi)

    Selamat sore Bapak/Ibu Nurul Hidayah,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #583854, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    1
  • Anan Sunandar

    Selamat sore, saya Anan Sunandar telah menyelesaikan pelatihan mandiri topik merdeka belajar dan saya telah melaksanakan aksi nyata pada bulan lalu, namun hingga saat ini aksi nyata saya belum juga di validasi. mohon penjelasannya terkait hasil validasi aksi nyata saya, apakah lulus validasi atau tidak ?. apabila tidak lulus validasi, kira-kira apa kekurangannya dan apa yang harus saya lakukan terhadap aksi nyata saya. ? Terimakasih.

    0
  • Achmad Kismanto

    https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/9494470555929/comments/14042282736921

    sabar pak, butuh proses validasi yg benar² valid, pastikan syarat dan kententuannya bapak/ibu penuhi itu sudah benar. nanti ada notifikasi/ pemberitahuannya apabila ada kekeliruan/ misskonsepsi terhadap aksi nyatanya. Terimakasih.
    Semoga membantu, tetap sabar dan semangat.

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Desi)

    Selamat siang Bapak Anan Sunandar,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #607206, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • Muhammad Azhari

    proses validasi aksi nyata saya kenapa masih belum ada hasil

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Desi)

    Selamat pagi Bapak Muhammad Azhari,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #616256, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • Alex Mena


    Selamat Malam Admin..

    Mohon infonya, berapa lama kami harus menunggu sampai Aksi Nyata kami dapat divalidasi. Perlu dipahami bahwa kami akan lebih semangat jika Aksi Nyata kami segera divalidasi dan diapresiasi dengan sertifikat jika lolos validasi. Saya bersedia menjadi Validator jika dijinkan nantinya.

    0
  • kuni (Admin)

    Halo Bapak/Ibu Alex Mena 

    Terima kasih atas antusias Anda dalam mengerjakan Pelatihan Mandiri hingga Aksi Nyata. Bagi yang belum menerima hasil validasi harap menunggu karena proses kurasi akan dilakukan secara bertahap.

    Perlu diketahui, untuk saat ini (Januari-Februari 2023) proses validasi sedang berkonsentrasi pada tahap kurasi berdasarkan 3 hal berikut: 

    1. Ketersediaan umpan balik dari objek Aksi Nyata (lihat contoh di sini); 
    2. Refleksi; dan
    3. Deskripsi. 

    Karenanya, pastikan kembali Aksi Nyata Anda sudah memenuhi ketentuan validasi seperti di halaman https://bit.ly/KriteriaValidasi.

    Bagi Anda yang belum lulus validasi, silakan baca saran perbaikan dengan cara berikut:

    1. Buka halaman Topik Pelatihan Mandiri 
    2. Pilih topik yang sudah Anda selesaikan hingga Aksi Nyata 
    3. Geser layar ke bawah hingga menemukan bagian Sertifikat., lalu klik Baca saran perbaikan.

    Info lengkap cara melihat saran perbaikan Aksi Nyata dapat dilihat di sini.

    Terima Kasih.

    Salam hangat dan sukses selalu untuk Anda!

    0
  • Feni Yulidatama

    Masih terus belajar untuk menerapkan kurikulum merdeka ini,

    0
  • LOPY HULU, S.Pd.

    Luar Biasa. Terimakasih.

    0
  • Rahmat Insankamil

    Saya ada kesalahan dalam mengupload file aksi nyata pada topik kurikulum merdeka. Apakah bisa segera dibatalkan/diperbaiki? Agar Saya tidak terlalu lama menunggunya. Terimakasih.

    0
  • kuni (Admin)

    Halo Bapak Rahmat Insankamil

    Mohon maaf, untuk Aksi Nyata yang sudah di-upload tidak dapat diperbaiki/dibatalkan. Proses selanjutnya, Aksi Nyata Anda akan divalidasi. Jika dari hasil validasi dinyatakan tidak lulus, maka Anda dapat memperbaiki Aksi Nyata Anda. Terima kasih.

    Salam hangat dan sehat selalu untuk Anda!

    0
  • Rahmat Insankamil

    Apakah aksi nyata Saya yang salah dan sudah diupload bisa minta tolong untuk segera divalidasi? Supaya bisa langsung Saya perbaiki lagi tanpa menunggu waktu lama? Soalnya sudah jelas salah dan yakin tidak tervalidasi

    0
  • Suntrima

    Untuk topik "Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan"
    disana hanya ada 1 pilihan aksi nyata untuk Kepala sekolah.
    yang saya tanyakan lalu untuk guru bagaimana mengerjakan aksi nyatanya? terimakasih

    0
  • kuni (Admin)

    Halo Bapak/Ibu Suntrima

    Terima kasih atas antusiasme Anda dalam mengerjakan Pelatihan Mandiri.

    Untuk topik "Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan" memang diutamakan untuk kepala sekolah dan wakil kepala sekolah. Namun, boleh saja jika seorang guru ingin mencoba mengerjakan topik tersebut. Terima kasih

    Salam hangat dan sukses selalu untuk Anda!

    0
  • Selamat pagi Bapak Rahmat Insankamil,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #852747, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • Budiyanto

    Selamat pagi tim PMM. Mohon informasinya, mengapa aksi nyata saya sampai sekarang belum divalidasi? Terima kasih.

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk