Akun belajar.id merupakan nama akun (User ID) yang bertanda belajar.id dan kata sandi (password) yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai platform milik Kemendikbudristek, salah satunya platform Merdeka Mengajar. Penggunaan Akun belajar.id tidak dipungut biaya atau gratis 

Terkait perlindungan data pengguna diatur sesuai ketetapan Pusat Data dan Teknologi Informasi terhadap:

  • Kerahasiaan data, informasi, dan/atau dokumen aktivitas Akun belajar.id; dan

  • Kemungkinan terjadinya kelalaian dalam penggunaan dan/atau penyalahgunaan data, informasi, dan/atau dokumen aktivitas Akun belajar.id.

Semua data Anda aman, teratur, dan terintegrasi.

Jika Anda ingin mengetahui apakah Akun belajar.id Anda bisa masuk ke platform Merdeka Mengajar atau tidak, silakan baca artikel Daftar Domain Akun belajar.id Milik PTK yang Bisa Masuk/Login ke Platform Merdeka Mengajar.

Tanya Jawab Seputar Cara Mendapatkan Akun belajar.id

Bagaimana jika detail akun saya tidak masuk ke email yang didaftarkan?

Apabila Anda belum menerima email berisi detail nama akun (User ID) dan kata sandi (password), silakan ikuti langkah berikut:

  1. Silakan tunggu beberapa saat sampai detail Akun belajar.id terkirim ke email pribadi Anda atau periksa folder spam

  2. Apabila detail akun masih belum diterima setelah beberapa saat, silakan klik kembali "Kirim detail akun ke email pribadi saya"

  3. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) masing-masing.

Bagaimana jika saya ingin mengganti email pribadi yang terdaftar untuk mengirimkan detail akun saya?

Untuk mengganti email pribadi Anda, silakan lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Klik tombol "untuk ganti email pribadi klik di sini"

  2. Masukkan email pribadi yang baru.

Perlu diketahui, data email pribadi yang Anda masukan hanya untuk keperluan pengiriman detail Akun belajar.id, dan tidak akan mengubah data Anda di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Bagaimana jika SMS belum masuk setelah klik "Kirim SMS detail akun ke nomor saya"?

Apabila Anda belum menerima SMS berisi detail nama akun (User ID) dan kata sandi (password), berikut adalah langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Pastikan nomor handphone yang Anda gunakan saat ini sama dengan nomor handphone yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

  2. Jika sudah sesuai, silakan tunggu beberapa saat sampai detail Akun belajar.id terkirim ke nomor handphone Anda

  3. Pastikan nomor handphone Anda dalam keadaan aktif dan dapat menerima SMS

  4. Apabila SMS yang berisi detail akun masih belum masuk, silakan kirim ulang dengan klik kembali "Kirim SMS detail akun ke nomor saya"

  5. Jika masih belum menerima detail Akun belajar.id melalui SMS, Anda bisa mengirimkan detail Akun belajar.id ke email pribadi Anda dengan klik "Kirim detail akun ke email pribadi saya".

Apakah saya dapat mengganti nomor handphone di halaman belajar.id untuk mengirim detail akun?

Anda tidak dapat mengganti nomor handphone yang terdaftar secara mandiri. Untuk mengganti nomor tersebut, silakan hubungi Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di sekolah untuk mengubah data diri Anda di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Mengapa Akun belajar.id saya tidak aktif?

Setelah mendapatkan nama akun (User ID) dan kata sandi (password), Anda perlu melakukan aktivasi sesuai langkah berikut:

  1. Buka halaman https://mail.google.com

  2. Masuk menggunakan nama akun (User ID) belajar.id dan kata sandi (password) Anda

  3. Setujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun belajar.id

  4. Lakukan penggantian password Akun belajar.id dengan melihat caranya di sini

Bagaimana cara melakukan reset password atau mengganti kata sandi Akun belajar.id?

Anda dapat melakukan pergantian kata sandi (reset password) dengan dua kondisi berikut:

  1. Sesaat setelah aktivasi
  2. Setelah Anda menjadi pengguna aktif atau apabila Anda lupa kata sandi (password).

Selain melalui Admin Sekolah, kini Anda dapat melakukan reset password (pengaturan ulang) kata sandi Akun belajar.id secara mandiri dengan cara yang tertera di halaman ini.

 

Sebelumnya
Selanjutnya
6812251048601

Komentar

35 comments

  • Syaripa Erni

    Mohon dirubah pasword akun belajar saya karena pasword sebelumnya salah dengan akun id belajar saya syaripaerni69@guru.sd.belajar.id    .mohon bantuannya capten untuk email pribadi saya syaripaerni@gmail.com 

    0
  • Pusat Informasi - Ismi

    Halo Ibu Syaripa Erni

    Anda dapat melakukan pergantian kata sandi (reset password) dengan dua kondisi berikut:

    1. Sesaat setelah aktivasi
    2. Setelah Anda menjadi pengguna aktif atau apabila Anda lupa kata sandi (password).

    Selain melalui Admin Sekolah, kini Anda dapat melakukan reset password (pengaturan ulang) kata sandi Akun belajar.id secara mandiri dengan cara yang tertera di halaman ini.

    0
  • Haerul Fuad

    Daftar

    0
  • Iinintiqomah11

    Assalamualaikum wr wb...
    Saya mendapatkan email pemberitahuan bahwasanya akun belajar id saya iinintiqomah11@guru.sd.belajar.id per tanggal 6 Januari 2023 akan berubah menjadi akun belajar id yg baru yaitu iinintiqomah11@admin.sd.belajar.id sedangkan saya pengguna PMM dan RKMM, bagaimana dengan perubahan tersebut apakah akan berpengaruh terhadap pelatihan mandiri yang telah saya selesaikan?
    Apakah dengan akun yang baru tersebut saya harus mulai dari awal kembali?
    Mohon penjelasannya

    0
  • Mohamad Agus Dahri

    Saya tadinya mengajar di SMP, tapi setelah lulus PPPK, saya mengajar di SD, akun belajar.id sudah diubah ke SD, tapi ketika masuk ke PMM, yang muncul di pelatihan mandiri kelas SMP, sudah berbagai cara di coba agar bisa masuk ke pelatihan mandiri yang SD tetap berubah terus menjadi SMP lagi, bagaimana caranya agar akun belajar berubah ke SD dan pelatihan mandirinya berubah ke materi SD juga...terima kasih

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Desi)

    Selamat pagi Ibu Iinintiqomah11,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #596355, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    2
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Desi)

    Selamat pagi Bapak Mohamad Agus Dahri,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #596402, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • LOPY HULU, S.Pd.

    Terimakasih akun belajarnya bapak/ibu🙏🏻🙏🏻

    1
  • Rosmawati Supit

    Saya telah berpindah jenjang dari SMP ke SD karena lukus PPPK dan sekarang telah mendapatkan akun belajar baru di SD. Tetapi saat login PMM menggunakan akun belajar SD yang terbaca masih akun belajar SMP. Bagaimana agar akun SD bisa terbaca di PMM?

    Akun SMP: rosmawatisupit82@guru.smp.belajar.id

    Akun SD: rosmawatisupit82@guru.sd.belajar.id

    Akun SD ini sudah di aktivasi dan sudah ganti password

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Desi)

    Selamat siang Ibu Rosmawati Supit,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #690463, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • Haryuni Helmi

    Saya Haryuni Helmi telah berpindah jenjang dari SMP ke SD karena lulus PPPK dan sekarang telah mendapatkan akun belajar baru di SD. Tetapi saat login PMM menggunakan akun belajar SD yang terbaca masih akun belajar SMP. Bagaimana agar akun SD bisa terbaca di PMM?

    Akun SMP: haryunihelmi81@guru.smp.belajar.id

    Akun SD: haryunihelmi81@guru.sd.belajar.id

    Akun SD ini sudah di aktivasi dan sudah ganti password

    0
  • Siti Muniroh

    Selamat malam.
    Mohon ijin bertanya. Saya kepala sekolah baru di sdn sumberjati 1 kec.mojoanyar kab.mojokerto. hanya sekolah saya saja yang belum terdaftar sbagai sekolah yang menggunakan kurikulum merdeka. sebagai kepala sekolah yang diangkat dari guru penggerak.
    Saya ingin mendaftarkan sekolah saya menjadi sekolah yang menggunakan kurikulum merdeka. Namun tidak dapat masuk PMM dengan akun sitimuniroh06@admin.sd.belajar.id
    Mohon solusinya. Apakah akun baru saya itu belum diaktivasi sebagai akun kepala sekolah. Terima kasih

    0
  • Tatikthohari79

    Assalamu'alaikum, mohon bantuan solusinya, Saya telah berpindah jenjang dari SMP ke SD karena lukus PPPK dan sekarang telah mendapatkan akun belajar baru di SD. tetapi saat login PMM menggunakan akun belajar SD yang terbaca masih akun belajar SMP. Bagaimana agar akun SD bisa terbaca di PMM? Berbagi cara sudah saya lakukan tetapi tetap akun baru tidak bisa masuk PMM.
    Akun SMP hartatik48@guru.smp.belajar.id
    Akun SD
    hartatik483@guru.sd.belajar.id
    Akun SD sudah diaktivasi dan sudah ganti password
    Wassalamu'alaikum, terimakasih.

    0
  • Nuri Gusriani

    Saya telah berpindah jenjang dari SMA ke SMP karena mutasi dinas dan sekarang telah mendapatkan akun belajar baru di SMP dan sudah melakukan pergantian pasword. Tetapi saat login PMM menggunakan akun belajar SMP yang terbaca masih akun belajar SMA. Mohon bantuannya untuk menghapus akses akun lama (akun SMA) ke PMM. Akun lama sudah tidak saya gunakan lagi.

    Akun lama/Akun SMA: nurigusriani38@guru.sma.belajar.id

    Akun baru/akun SMP: nurigusriani38@guru.smp.belajar.id

    0
  • Nuri Gusriani

    Maaf sebelumnya, permohonan saya belum ditanggapi. Untuk menghapus akun belajar.id jenjang lama saya.
    nurigusriani38@guru.sma.belajar.id

    Saya tidak ada akses ke email pada jenjang yang lama dan tidak lagi menggunakan email jenjang lama (akun guru.sma.belajar.id tersebut.
    Jadi, mohon melakukan penghapusan akses ke Platform Medeka Mengajar dengan email lama.
    Untuk info.
    Saya telah berpindah jenjang dari SMA ke SMP karena mutasi dinas dan sekarang telah mendapatkan akun belajar baru di SMP dan sudah melakukan pergantian pasword. Tetapi saat login PMM menggunakan akun belajar SMP yang terbaca masih akun belajar SMA. Mohon bantuannya untuk menghapus akses akun jenjang lama ke PMM. Akun lama sudah tidak saya gunakan lagi.

    Akun lama/Akun SMA: nurigusriani38@guru.sma.belajar.id

    Akun jenjang baru/akun SMP: nurigusriani38@guru.smp.belajar.id

    Akun SMP sudah diaktivasi dan sudah ganti password
    Terima kasih.

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Desi)

    Selamat sore Ibu Nuri Gusriani,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #784898, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • Dadang Permana

    Saya tadinya mengajar di SMK, tapi setelah lulus PPPK, saya mengajar di SMA, akun belajar.id sudah diubah ke SMA, tapi ketika masuk ke PMM, yang muncul Akun SMK, bagaimana caranya agar akun belajar berubah ke SMA ...terima kasih

    0
  • kuni

    Halo Bapak Dadang Permana

    Silakan klik dan baca artikel ini untuk informasi lebih lanjut terhadap kendala yang Anda alami. Terima kasih!

    Salam hangat dan sukses selalu untuk Anda!

    0
  • Amurwani Wahyuningsih

    Selamat siang, saya sebagai kepala sekolah plt, ingin mendaftar IKM akun belum bisa. Munculnya masih sejolah induk, sudah mengunjungi pusat bantuan dengan mengirimkan akun belajar.id aktif, SK kepala sekolah Plt. Sampai saat ini belum bisa. Sedangkan sudah mendekati batas akhir mendaftaran. mohon dibantu. Terimakasih

    0
  • kuni

    Halo Bapak/Ibu Amurwani Wahyuningsih 

    Untuk mengatasi kendala Anda, harap membaca secara detil artikel Kendala Akses Pendaftaran Kurikulum Merdeka. tim kami memerlukan beberapa bukti video agar dapat diperiksa lebih lanjut kendala yang Anda alami. Terima kasih.

    Salah hangat dan sukses selalu untuk Anda!

    0
  • Srirejeki87

    Selamat pagi

    saya Sri Wahyuning Rejeki PLt KS SDS ADVENT Surabaya NPSN 20531832

    sudah melaporkan mengenai kendala pendaftaran sejak 8 Maret 2023

    saya tidak bisa mendaftarkan IKM bagi sekolah non Induk yang saya among 

    Mohon solusinya, segala cara yang disampaikan oleh Admin sudah dikerjakan namun hasilnya nihil 

    Semua persayaratan yang diminta sudah saya kirimkan lebih dari 3 kali

    Mohon kesediaannya untuk menolong sekolah kami. Terimakasih

    0
  • kuni

    Halo Ibu Srirejeki87

    Terima kasih atas semangat Anda mendaftar Kurikulum Merdeka. Jangan khawatir laporan Anda sudah masuk ke tim kami dan sedang dalam proses pengecekan. Mohon menunggu. Informas lebih lanjut dan pengecekan secara mandiri, silakan baca artikel https://bit.ly/KendalaPendaftaranKM. Terima kasih.

    Salam hangat dan sukses selalu untuk Anda!

    0
  • Haryuni Helmi

    Maaf sebelumnya, permohonan saya belum ditanggapi. Untuk menghapus akun belajar.id jenjang lama saya.
    haryunihelmi81@guru.smp.belajar.id

    Saya tidak ada akses ke email pada jenjang yang lama dan tidak lagi menggunakan email jenjang lama (akun guru.smp.belajar.id tersebut.
    Jadi, mohon melakukan penghapusan akses ke Platform Medeka Mengajar dengan email lama.
    Untuk info.
    Saya telah berpindah jenjang dari SMP ke SD karena lulus P3K dan sekarang telah mendapatkan akun belajar baru di SD dan sudah melakukan pergantian pasword. Tetapi saat login PMM menggunakan akun belajar SD yang terbaca masih akun belajar SMP. Mohon bantuannya untuk menghapus akses akun jenjang lama ke PMM. Akun lama sudah tidak saya gunakan lagi.

    Akun lama/Akun SMP: haryunihelmi81@guru.smp.belajar.id

    Akun jenjang baru/akun SD: haryunihelmi81@guru.sd.belajar.id

    Akun SD sudah diaktivasi dan sudah ganti password
    Terima kasih.

    0
  • Selamat pagi Bapak/Ibu Haryuni Helmi,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #692097, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • Umit Sumitra, S.Pd

    kalau mau apload berkas harus dari mana mualinya

     

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Desi)

    Selamat sore Bapak Umit Sumitra, S.Pd,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #1433884, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • Veramarlendra71

    Halo admin, akun pmm awal saya adalah veramarlendra71@admin.sd.belajar.id dan saya sudah menyelesaikan 8 pelatihan mandiri di pmm. Kemudian operator sekolah saya membuat email pribadi saya lagi sehingga akun pmm saya berganti. Sehingga riwayat pelatihan di akun pmm saya hilang SM sekali. Jadi saya ingin merubah akun pmm saya ke akun yg lama. Bagaimana caranya ya, tolong dibantu

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Nisa)

    Selamat sore Bapak Veramarlendra71,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #1513658, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • Jaman21

    mohon pencerahannya :

    1. email akun PMM pada profil tidak sama, tidak serupa, tidak sesuai, mohon untuk diganti dari yang semula sri.apriani77@guru.sd.belajar.id menjadi akun yang seharusnya dan sebenarnya yaitu sriapriani14@guru.sd.belajar.id.

    2. tidak bisa mengakses pengelolaan kinerja guru, bukti foto terlampir

    atas penggantian akun tersebut dan bisa mengakses pengelolaan kinerja guru di PMM tersebut, dihaturkan terima kasih.

    0
  • apasihkamu'%20order%20by%20100

     

     

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk