Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka. Platform ini juga disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Informasi lebih lanjut tentang Kurikulum Merdeka dapat dilihat di halaman ini.

Unduh/instal platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar tersedia di Google Play Store dan dapat diinstal/di unduh pada perangkat Android minimal versi 5 (Lollipop) ke atas. Informasi lengkap cara mengunduh aplikasi Merdeka Mengajar ke Android dapat dilihat di artikel Unduh Platform Merdeka Mengajar ke Gawai Android.

Bagi Anda yang tidak memiliki perangkat Android dapat mengakses platform Merdeka Mengajar melalui web browser di laptop atau ponsel pintar Anda dengan alamat https://guru.kemdikbud.go.id/. . Anda bisa klik Masuk ke PMM pada pojok Kanan atas. Informasi lebih lanjut tentang Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka dapat dilihat disini.

Video Tutorial Cara Instal, Masuk dan Keluar Akun Platform Merdeka Mengajar

Saat ini, terdapat beberapa menu yang dikelompokkan berdasarkan manfaatnya, yakni:

  • Pengembangan Diri
  • Mengajar
  • Inspirasi 
  • Tentang Kurikulum Merdeka

Screenshot 2023-10-20 144705.png

Belajar Kurikulum Merdeka

Pada bagian Belajar Kurikulum Merdeka, Anda bisa menemukan menu:

  1. Tentang Kurikulum Merdeka, yang berisi informasi pengenalan prinsip dasar dan konsep pembelajaran paradigma baru yang berpusat pada murid, serta informasi penerapan kurikulum dengan mempelajari profil pelajar pancasila dan capaian pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Informasi lebih lanjut Tentang Kurikulum Merdeka dapat dilihat disini.
  2. Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka, yang berisi kumpulan materi tentang Kurikulum Merdeka yang bisa Anda pelajari secara mandiri melalui Pelatihan Mandiri. Informasi lebih lanjut tentang Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka dapat dilihat disini.

WhatsApp_Image_2022-10-14_at_09.58.43.jpeg

Kegiatan Belajar Mengajar 

Pada bagian Kegiatan Belajar Mengajar, Anda bisa menemukan menu:

  1. Asesmen Murid, yang berisi kumpulan paket soal asesmen diagnostik berdasarkan fase dan mata pelajaran tertentu, untuk membantu Anda mendapatkan informasi dari proses dan hasil pembelajaran murid. Informasi lebih lanjut tentang Asesmen Murid dapat dilihat disini.
  2. Perangkat Ajar, yang memuat berbagai materi pengajaran untuk mendukung kegiatan belajar mengajar Anda, seperti bahan ajar, modul ajar, modul projek, atau buku teks. Informasi lebih lanjut tentang Perangkat Ajar dapat dilihat disini.
  3. Capaian Pembelajaran (CP), yang berisi tentang informasi kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan & Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), yang berisi tentang rangkaian Tujuan Pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran untuk murid. Informasi lebih lanjut tentang Capaian Pembelajaran (CP) dapat dilihat disini dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dapat dilihat disini
  4. Kelas, yang berisi informasi atau data murid-murid berdasarkan kelompok kelas masing-masing. Informasi lebih lanjut tentang Perangkat Ajar dapat dilihat disini.
  5. Mengajar.png

Penembangan DIri

Pada bagian Pengembangan Diri, Anda bisa menemukan menu:

  1. Pelatihan Mandiri, yang memuat berbagai materi pelatihan yang dibuat singkat, agar Anda bisa melakukan pelatihan secara mandiri, kapan pun dan di mana pun. Informasi lebih lanjut tentang Pelatihan Mandiri dapat dilihat disini.
  2. Komunitas, yang berisi berbagai macam komunitas belajar di seluruh Indonesia dan dapat digunakan guru untuk berbagi praktik baik dan sarana belajar juga diskusi bersama dengan guru lainnya. Informasi lebih lanjut tentang Komunitas dapat dilihat disini.
  3. Seleksi Kepala Sekolah, yang berisi tentang informasi tahapan seleksi Kepala Sekolah melalui Platform Merdeka Mengajar. Informasi lebih lanjut dapat dilihat disini.
  4. Refleksi Kompetensi, yang berisi tentang pengenalan diri berupa asesmen yang bertujuan untuk merefleksikan dan mengukur kompetensi pendidik sebagai dasar perencanaan pengembangan diri yang berdampak pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik Informasi lebih lanjut dapat dilihat disini.
  5. LMS, yang berisi yang digunakan untuk kegiatan program pendidikan/pembelajaran/pelatihan yang diselenggarakan oleh Direktorat  Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Pengembangan Diri.png

Mencari dan Berbagi Inspirasi 

Pada bagian Mencari dan Berbagi Inspirasi, Anda bisa menemukan menu:

  1. Video Inspirasi, yang berisi kumpulan video inspiratif yang dibuat oleh Kemendikbudristek dan para ahli, sebagai referensi untuk meningkatkan kompetensi Anda sebagai tenaga pendidik. Informasi lebih lanjut tentang Video Inspirasi dapat dilihat disini.
  2. Bukti Karya, yang berfungsi sebagai tempat dokumentasi karya Anda untuk menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah. Informasi lebih lanjut tentang Bukti Karya dapat dilihat disini.
  3. Ide Praktik yang berisi konten-konten praktik baik yang telah dikurasi oleh tim Kemendikbudristek dari Bukti Karya dan Video Inspirasi untuk menginspirasi guru dalam mempraktikkan pembelajaran yang berpusat pada murid. Informasi lebih lanjut tentang Bukti Karya dapat dilihat disini.

Inspirasi.png

Tanya Jawab Seputar Platform Merdeka Mengajar

Apakah platform Merdeka Mengajar wajib digunakan oleh setiap guru?

Penggunaan platform Merdeka Mengajar tidak diwajibkan. Namun, platform Merdeka Mengajar disediakan sebagai pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka, serta proses belajar bersama di kelas sehingga pembelajaran dapat menjadi lebih kreatif, bermakna, dan berpusat pada murid.

Anda dapat menggunakan platform Merdeka Mengajar sebagai sumber mengajar, selama diselaraskan dengan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran. Platform Merdeka Mengajar juga sebagai penunjang bagi Anda yang menerapkan Kurikulum Merdeka.

Apakah Platform Merdeka Mengajar berbayar?

Tidak. Platform Merdeka Mengajar disediakan secara gratis. Namun, kuota jaringan internet untuk mengakses platform ditanggung oleh masing-masing pengguna.

Apakah platform Merdeka Mengajar tersedia di iOS?

Saat ini platform Merdeka Mengajar tersedia di perangkat Android minimal versi 5 (Lollipop). Namun jangan khawatir, pengguna iOS dapat mengakses platform Merdeka Mengajar di ponsel pintar maupun laptop Anda melalui web browser di https://guru.kemdikbud.go.id/.

Apakah akan ada pendampingan untuk menggunakan platform teknologi?

Sedapat mungkin platform teknologi dirancang untuk dapat diakses dan digunakan dengan mudah oleh pihak sekolah.

Kemendikbudristek akan menyelenggarakan pelatihan literasi teknologi maupun pendamping teknologi yang berperan untuk membantu sekolah dalam mengadaptasi dan memanfaatkan platform teknologi, termasuk dalam aspek dasar pengoperasian perangkat TIK.

Kemendikbud juga menyediakan situs yang memuat panduan penggunaan platform yang dapat diakses kapan saja.

Bagaimana cara mengunduh/menginstal platform Merdeka Mengajar?

Melalui Google Play Store:

  1. Buka Google Play Store pada ponsel Android Anda

  2. Ketik "Merdeka Mengajar" di kolom pencarian

  3. Klik Instal.

Melalui tautan:

  1. Klik tautan https://bit.ly/platformmerdekamengajar di ponsel Android Anda

  2. Klik Instal.

Informasi lengkap lihat di artikel Unduh Platform Merdeka Mengajar ke Gawai Android.

Bagaimana cara mengetahui jika platform Merdeka Mengajar melakukan pembaruan versi (update)?

Perlu diketahui, platform Merdeka Mengajar adalah platform yang terus tumbuh dan berkembang untuk memberikan berbagai kemudahan bagi guru dalam mengajar, belajar, berkarya, dan menerapkan Kurikulum Merdeka sehingga platform Merdeka Mengajar akan terus melakukan pembaruan versi apabila terdapat penambahan fitur-fitur baru.

Untuk melakukan pembaruan versi platform Merdeka Mengajar, klik tautan https://bit.ly/platformmerdekamengajar lalu klik Update. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti cara berikut:

  1. Buka Google Play Store 
  2. Ketik “Merdeka Mengajar” di kolom pencarian, lalu klik Update.

Jika keterangan yang muncul bukan “Update”, melainkan “Uninstall”, artinya platform Merdeka Mengajar yang terpasang di gawai Anda sudah menggunakan versi terbaru dan tidak perlu melakukan pembaruan versi.

Bagaimana cara menghubungi pusat bantuan pada platform Merdeka Mengajar?

Melalui platform Merdeka Mengajar: 

  1. Buka menu Akun 
  2. Pilih Pusat Bantuan
    • Halaman Akun.png
  3. Pilih browser untuk membuka halaman Pusat Bantuan
  4. Setelah masuk ke halaman Pusat Informasi, Anda bisa mencari informasi melalui artikel yang tersedia. Anda juga bisa mencari artikel melalui kata kunci yang bisa Anda masukan. 
  5. Jika pertanyaan Anda belum terjawab dalam artikel, maka tekan tombol Pusat Bantuan di kanan bawah halaman Pusat Informasi.

Melalui situs web Merdeka Mengajar: 

  1. Buka halaman https://guru.kemdikbud.go.id/ di browser Anda
  2. Geser layar ke bawah dan temukan Butuh bantuan lebih lanjut?, lalu klik ke Pusat Bantuan
  3. Setelah masuk ke halaman Pusat Informasi, Anda bisa mencari informasi melalui artikel yang tersedia. Anda juga bisa mencari artikel melalui kata kunci yang bisa Anda masukan. 
  4. Jika pertanyaan Anda belum terjawab dalam artikel, maka tekan tombol Pusat Bantuan di kanan bawah halaman Pusat Informasi.

 

Mengapa saya tidak bisa mengakses (blank) fitur pada platform Merdeka Mengajar?

Hal tersebut dapat terjadi karena koneksi internet yang tidak stabil atau platform yang belum diperbarui.

Untuk itu, silakan lakukan pengecekan berikut:

  1. Pastikan koneksi internet stabil

  2. Pastikan Anda memiliki aplikasi Merdeka Mengajar versi terbaru. 

Jika kendala masih Anda alami setelah melakukan pengecekan, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Hapus cache pada ruang penyimpanan aplikasi

  2. Hapus dan instal ulang aplikasi Merdeka Mengajar

 

 

Infographic-2-2__2_.png

Sebelumnya
Selanjutnya
6090880411673

Komentar

31 comments

  • Medina

    terima kasih, sangat membantu

    1
  • Pusat Informasi - Ismi

    Halo Bapak/Ibu Medina,

    Terima kasih atas komentar Anda. Kami akan terus berusaha memberikan informasi yang bisa membantu Anda dalam menggunakan platform Merdeka Mengajar.

    1
  • ASEP NURHIDAYAT

    mulai merdeka mengajar

    0
  • Pusat Informasi - Ismi

    Halo Bapak ASEP NURHIDAYAT

    Terima kasih telah mengunjungi Pusat Informasi Merdeka Mengajar. Kami akan terus berusaha memberikan informasi yang dapat membantu Anda dalam menggunakan platform Merdeka Mengajar.

    Semangat dan sukses selalu!

    0
  • Qusyairi

    Terima kasih mulai ada inspirasi sejak dan baru baca

    0
  • Pusat Informasi - Ismi

    Halo Bapak Qusyairi

    Terima kasih telah mengunjungi Pusat Informasi Merdeka Mengajar. Kami akan terus berusaha memberikan informasi yang dapat membantu Anda dalam menggunakan platform Merdeka Mengajar.

    Semangat dan sukses selalu!

    0
  • MUJAHIDIN, S.Pd.I

    Moga Pendidikan Indonesia Semakin Maju dengan merdeka mengajar

     

    3
  • Eko Romadi

    Berapa lama validasi aksi nyata 

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Desi)

    Selamat siang Bapak Eko Romadi,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #410481, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    1
  • SAPTO HARDONO

    Terimakasi atas informasi di flafform ini. Semoga para guru dapat beraktivitas dalam pengembangan dirinya.

    1
  • Ignatius Eko Jatmiko

    Terima kasih Kemendikbudristek sudah menyediakan layanan platform merdeka mengajar untuk para guru. Sangat membantu kami para guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, utamanya dalam upgrade diri untuk berinovasi dan mengajar lebih baik. Tetap semangat para Pendidik di seluruh Indonesia, mari menyemai pembelajaran yang berpijak dan berpihak dengan paradigma baru pendidikan untuk menyongsong generasi Indonesia Emas 2045. Tuhan Memberkati

    2
  • Sunarti, S.Pd

    Terima kasih artikel ini sangat membantu kami dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran  dengan berorientasi pada paradigma pendidikan yang semakin baik

     

    0
  • MARINI S.PD.I

    sumber pembelajaran secara mandiri

    0
  • Ajib

    Aku Kaya

    0
  • Yadi Suryadi

    Sangat membantu dalam proses peningkatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan baik 

    1
  • Soemarno

    bantu dan bimbing saya

     

    0
  • Umit Sumitra, S.Pd

    Terimakasih Sangat Membatu untuk memahami Kurikulum Merdeka

    0
  • DYAH RISNAWATI

    Platform Merdeka Mengajar semakin lengkap untuk membantu guru memfasilitasi peserta didik menjadi generasi Emas 2045. Tinggal praktikan . Semangat berbagi Semangat mencoba

    0
  • SUHADI

    Sangat membantu belajar lebih fleksibel

    0
  • Sutriyono Latumenten

    Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka. Platform ini juga disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Informasi 

    0
  • Sutriyono Latumenten

    Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka. Platform ini juga disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Informasi 

    0
  • hafnihastuti

    Dengan adanya PLATFORM MERDEKA MENGAJAR sangat membantu bagi guru Indonesia dalam mengemban tugasnya.

    0
  • KASIADI, S.Ag., M.Pd.

    3B Berbagi Belajar Bersama menuju pembelajaran yang memenuhi kebutuhan murid

    0
  • Melkianus Laka

    Terima Kasih. Platform Merdeka Mengajar sangat membantu saya untuk mendapatkan referensi,inspirasi dan pemahaman kurikulum merdeka.

    0
  • trianto*

    Platform ini memacu saya untuk terus sehat untuk belajar sepanjang hayat

    0
  • trianto*

    Platform ini memacu saya untuk terus sehat untuk belajar sepanjang hayat, ggod !

    0
  • trianto*

    Good 

    0
  • Lutfil Amin

    PMM (Platform Merdeka Mengajar) adalah perangkat media digital yang sangat membantu dalam upaya pengembangan kompetensi guru yang dilakukan secara mandiri dan kolaboratif

    0
  • Rimasha Yasmine

    Terimakasih atas panduannya. Sangat membantu

    0
  • M Fathul Ulum, S.Pd.SD

    terimakasih atas panduannya

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk