Penilaian Perilaku Kerja merupakan bagian integral dari proses Penilaian Pelaksanaan Kinerja Guru. Perilaku Kerja dipilih oleh Guru pada tahap Perencanaan Kinerja sebagai fokus yang akan diprioritaskan. Penilaian ini mencakup berbagai aspek serta perwujudan dari tindakan yang telah dilakukan oleh Guru. Perwujudan mengacu pada upaya Guru dalam mempelajari dan menerapkan sebuah perilaku. 

  • Dampak mencakup besaran pengaruh dari perilaku yang dipraktikkan terhadap kinerja diri, rekan sejawat, tim, dan organisasi satuan pendidikan.

Penilaian Perilaku Kerja Guru dapat dilakukan oleh Kepala Sekolah Definitif atau Plt. Kepala Sekolah setelah melakukan observasi terhadap Pelaksanaan Kinerja yang telah dilakukan oleh Guru. Berikut ini adalah Panduan Cara Mengisi Penilaian Perilaku Kerja Guru:

1. Klik ‘Pengelolaan Kinerja’ pada menu Beranda di platform Merdeka Mengajar (PMM). Silakan akses melalui desktop atau laptop untuk mendapatkan pengalaman terbaik. 

Part 1.png

2. Bagi Anda yang mengakses Pengelolaan Kinerja melalui aplikasi PMM pada perangkat Android, Anda akan menerima notifikasi berupa rekomendasi untuk mengakses Pengelolaan Kinerja melalui komputer atau laptop. Klik 'Tetap di sini' jika Anda masih ingin mengakses Pengelolaan Kinerja melalui aplikasi.

49d9af78-fa90-4ec2-aa1b-a871ff9da721

3. Pada halaman Pengelolaan Kinerja, Anda dapat klik menu Kepala Sekolah lalu pilih Sebagai Pejabat Penilai Kinerja, lalu Klik ‘Lakukan Penilaian’ untuk masuk ke halaman Penilaian Kinerja

4. Klik ‘Cek Daftar Guru’ untuk Anda dapat memilih daftar Guru yang ingin diberikan Penilaian Kinerjanya.

 

5. Selanjutnya, pada halaman Daftar Guru, Kepala Sekolah dapat memilih Guru yang ingin diberikan Penilaian Perilaku Kerja berdasarkan observasi yang sudah dilakukan.

  • Anda bisa melakukan beberapa hal untuk menemukan Guru yang ingin Anda Berikan nilai
    • Anda dapat menggunakan Fitur Filter untuk menyortir Guru berdasarkan Pelaksanaan Kinerja yang sudah dilakukannya. 
    • Tulis nama Guru pada kolom pencarian yang tersedia.
  • Selanjutnya. Klik ‘Nilai’ untuk menilai Perilaku Kerja

6. Pada Halaman Rincian Penilaian Kinerja, Anda dapat melakukan beberapa hal :

  • klik “Nilai’ untuk masuk ke halaman Penilaian Observasi Kinerja. 
  • Klik ‘Nilai’ untuk masuk ke halaman Penilaian Perilaku Kerja. 
  • Klik ‘Cek’ untuk melihat kelengkapan dokumen akuntabilitas berupa bukti dukung Pengembangan Kompetensi

 

7. Pada Halaman Perilaku Kerja, terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan dan diperhatikan sebelum melakukan pilihan Penilaian Perilaku Kerja: 

  • Pastikan nama Guru yang ingin Anda nilai Perilaku Kerja sudah sesuai.
  • Perhatikan Indikator dan Perwujudan dari Aspek Perilaku Kerja yang dipilih oleh Guru untuk di prioritaskan. 
  • Selanjutnya, Anda dapat memulai Penilaian Perilaku Kerja dimulai dari Perwujudan Perilaku kerja dan dampak dari perwujudan tersebut. 

 

8. Klik ‘Kumpulkan’ jika Anda sudah memberikan Penilaian Perilaku Kerja atau  Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang memberikan Penilaian Perilaku Kerja dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.

9. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk Nilai Perilaku Kerja dapat dikumpulkan. Jika nilai yang diberikan sudah seusai, Pilih Ceklis dan klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang atau melakukan perubahan, klik ‘Kembali’.

10. Anda telah berhasil melakukan Pengumpulan Penilaian Perilaku Kerja. 

Sebelumnya
Selanjutnya
31879416090137

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk