Dalam menggunakan fitur  Asisten Guru untuk pencarian informasi, terdapat beberapa ketentuan cara yang dapat meningkatkan kualitas jawaban yang diberikan oleh sistem kecerdasan buatan ini. Berikut adalah delapan ketentuan cara yang dapat Anda terapkan:

1. Pemberian Petunjuk yang Detail dan Jelas kepada Asisten Guru

Pertanyaan melalui diskusi dengan Asisten Guru adalah proses berulang yang memberikan instruksi atau petunjuk secara berulang kepada Asisten Guru untuk memperoleh jawaban yang sesuai dan memuaskan. 

Referensi Instruksi/Pesan yang dapat digunakan oleh Anda  : Tolong berikan saya cara berhitung untuk anak di sekolah dasar kelas 1 SD 

2. Memberikan Contoh kepada Asisten Guru 

Memberikan contoh konkret kepada Asisten Guru. Hal ini dapat membantu Asisten Guru memahami konteks dan memberikan jawaban yang lebih tepat.

Referensi Instruksi/Pesan yang dapat digunakan oleh Anda :  Berikan cerita pembuka seperti contoh dibawah ini:

[CONTOH]

Judul: bawang merah dan bawang putih

Peserta:  anak SD kelas 2

Cerita: Pada suatu hari di sebuah desa yang jauh tersembunyi, hiduplah dua saudari yang sangat berbeda sifatnya, Bawang Merah dan Bawang Putih. Bawang Merah dikenal karena sifatnya yang egois dan sering kali menyusahkan Bawang Putih, saudaranya yang baik hati dan rajin. Mereka tinggal bersama ibu tiri yang lebih menyayangi Bawang Merah dan sering kali membebankan pekerjaan rumah yang berat kepada Bawang Putih. Meskipun hidup dalam kesulitan, Bawang Putih selalu menjalani hari-harinya dengan penuh kesabaran dan kebaikan hati, berharap suatu hari nanti kebaikan yang dia lakukan akan membawa perubahan dalam hidup mereka.

[AKHIR CONTOH]

3. Jadilah Eksplisit dan Spesifik dalam Permintaan Anda kepada Asisten Guru 

Berikan petunjuk yang jelas dan rinci dalam permintaan Anda kepada Asisten Guru. Semakin rinci dan jelas informasi yang Anda berikan, semakin baik jawaban yang akan Anda terima.

Referensi Instruksi/Pesan yang dapat digunakan oleh Anda :

Berikan cara melatih penjumlahan untuk anak SD kelas 1 dengan menggunakan alat dan bahan yang ada di lingkungan sekitar sekolah

4. Beri Peran, Tahap, dan Keluaran yang Spesifik kepada Asisten Guru

Berikan peran, tahap, dan keluaran yang spesifik kepada Asisten Guru sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini akan membantu Asisten Guru dalam memberikan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Referensi Instruksi/Pesan yang dapat digunakan oleh Anda :

Berperanlah sebagai Guru yang bersemangat dalam mengajar kepada muridnya. Berikan bagaimana cara luas menghitung luas kurva x^2 dari x = 0 hingga x = 10. Berikan penjelasan setiap prosesnya. Buat respon dengan bentuk poin poin.

5. Masukkan Mata Pelajaran dan Fase

Saat membuat permintaan kepada Asisten Guru, masukkan mata pelajaran dan fase pembelajaran yang relevan. Hal ini akan membantu Asisten Guru dalam memberikan jawaban yang lebih terfokus dan sesuai dengan konteks.

Referensi Instruksi/Pesan yang dapat digunakan oleh Anda :  Kamu berperan sebagai seorang guru untuk murid [sekolah dasar] kelas [kelas]. Saya adalah seorang guru [mapel] di Indonesia yang bekerja di sebuah sekolah swasta. Berikan konsep pembelajaran untuk memperkenalkan [topik] kepada murid [kelas] dalam mata pelajaran [mapel].

6.  Untuk pertanyaan yang lebih rumit, membagi pertanyaan Anda menjadi beberapa pertanyaan atau meringkaskan poin penting dalam pertanyaannya

 Kadang-kadang, Asisten Guru akan memberikan jawaban yang kurang sesuai karena konteks yang ada tidak cukup. Dalam kasus ini, memberikan instruksi yang lebih sederhana dan ajukan pertanyaan langkah demi langkah, atau meringkaskan poin yang ingin ditanyakan, sehingga Asisten Guru dapat memahami apa yang Anda butuhkan dan memberikan jawaban yang lebih baik.

Referensi Instruksi/Pesan yang dapat digunakan oleh Anda :  Tolong berikan contoh kegiatan kelas untuk kelas 6 SD:

  • Saat masuk kelas
  • Saat waktu istirahat
  • Saat akhir kelas

7. Jangan ragu untuk bertanya kepada Asisten Guru 

Jangan ragu untuk bertanya berbagai pertanyaan yang berbeda dengan Asisten Guru. Anggap Anda sedang melakukan eksperimen dengan memberikan berbagai pertanyaan dan anggap eksperimen ini dapat membantu Anda memahami kemampuan dan batasan sistem, serta memperoleh jawaban yang lebih bervariasi.

8. Buat Sesi Diskusi baru dengan Asisten Guru

Anda dapat memulai sesi baru dalam diskusi dengan Asisten Guru untuk memastikan pertanyaan yang ingin Anda tanyakan lebih jelas, sehingga jawaban yang diberikan akan lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Perlu diketahui bahwa pertanyaan sebelumnya akan memengaruhi jawaban dari pertanyaan selanjutnya. Untuk memulai diskusi baru tentang topik lain, silakan mulai diskusi baru agar jawabannya lebih akurat.

 

9. Pastikan pertanyaan Anda sesuai dengan panduan!

Pengingat bahwa topik-topik berikut tidak dapat dibahas:

  • Pembahasan tentang Politik dan Propaganda,
  • Diskriminasi Berdasarkan Agama,
  • Konten yang Bersifat Seksual,
  • Kekerasan dan Ujaran Kebencian,
  • Perundungan dan Pelecehan

Catatan: Karena Asisten Guru sangat sensitif terhadap ujaran kebencian, harap menghindari penggunaan kata-kata yang berkonotasi negatif saat bertanya.

10. Selalu periksa kembali jawaban dari Asisten Guru!

Asisten Guru bisa salah. Selalu periksa kembali jawabannya dan sesuaikan dengan kebutuhan sebelum Anda gunakan.

Dengan menerapkan ketentuan cara di atas, maka Anda dapat meningkatkan kualitas jawaban Asisten Guru, sehingga Anda dapat memperoleh jawaban yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda dalam kegiatan belajar dan mengajar.

Penting!

Fitur ini masih dalam tahap pengembangan. Untuk itu, umpan balik yang Anda berikan akan berkontribusi dalam penyempurnaan fitur ini melalui tahapan interview yang akan dilakukan oleh tim Kemendikbudristek

Sebelumnya
Selanjutnya
28896707281817

Komentar

7 comments

  • Rimasha Yasmine

    Terimakasih atas panduannya. Sangat membantu

    0
  • lopyhulu77

    Terimakasih🙏🙏🙏🙏

    0
  • Dra. Hayati Pelita, M.Pd

    Penjelasan nya sangat jelas, terimakasih !

    0
  • Sukarmin Kasim

    Terima Kasih.
    Atas Panduannya.

    0
  • darmahatilase02

    Penjelasannya sangat jelas di pahami dengan baik

    0
  • Ruriani, S. Pd

    Ini dapat membantu guru bekerja lebih efisien/menghemat waktu agar guru punya banyak waktu untuk pengembangan murid jadi tidak fokus lagi meluangkan banyak waktu untuk administrasi pembelajaran, jadi kehadiran AI ini sangat membantu mempermudah pekerjaan. Terima kasih, ditunggu pengemabangan selanjutnya agar dapat membuatkan kolom yg lebih rapi dan lengkap.

    0
  • Mahmuddin

    Alhamdulillah, artikelnya sangat membantu

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk