Guru dan Kepala Sekolah memulai Pengelolaan Kinerja dengan menyusun Perencanaan Kinerja sebagai langkah awal. Pada tahap ini, Anda melakukan pemilihan indikator Praktik Kinerja / Praktik Pembelajaran yang relevan untuk menjadi fokus peningkatan kinerja. Pemilihan indikator ini dapat merujuk pada rekomendasi Indikator yang direkomendasikan melalui Rapor Pendidikan di Satuan pendidikan, mencakup aspek-aspek kritis dari proses pembelajaran. 

Anda juga memiliki fleksibilitas untuk memilih indikator lainnya yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan spesifik satuan pendidikan. Keseluruhan, keterkaitan antara Indikator Rapor Pendidikan dan Pengelolaan Kinerja membantu membimbing Guru dalam merencanakan strategi peningkatan kinerja yang efektif.

New Kinerja Utama.png

Apabila Guru memilih Indikator yang direkomendasikan berdasarkan Rapor Pendidikan, Guru akan diberikan Indikator D1 Kualitas Pembelajaran dalam Rapor Pendidikan. Sementara itu, jika Kepala Sekolah memilih indikator berdasarkan Rapor Pendidikan, Kepala Sekolah akan diberikan Indikator D3 Kepemimpinan Pembelajaran dalam Rapor Pendidikan.

Indikator D1 Kualitas Pembelajaran memiliki 8 turunan Sub Indikator dalam Praktik Kinerja / Praktik Pembelajaran, mulai dari Keteraturan Suasana Kelas hingga Instruksi Pembelajaran. Guru hanya dapat memilih satu sub indikator yang akan ditingkatkan melalui Siklus Peningkatan Kinerja. Pilihan indikator dapat diubah sesuai dengan prioritas pendidikan nasional.

Screenshot 2023-12-17 131049.png

Indikator D3 Kepemimpinan Pembelajaran memiliki 8 turunan Sub Indikator dalam Praktik Kinerja / Praktik Pembelajaran, mulai dari Memandu Perencanaan Pembelajaran hingga Refleksi Program Pengembangan Kompetensi Guru. Kepala Sekolah hanya dapat memilih satu sub indikator yang akan ditingkatkan melalui Siklus Penglolaan Kinerja. Pilihan indikator dapat diubah sesuai dengan prioritas pendidikan nasional.

Screenshot 2023-12-17 131113.png

Apa itu Dimensi Prioritas ?

Indikator D1 Kualitas Pembelajaran memiliki pasangan Indikator Akar Masalah atau pada tampilan di bawah adalah Dimensi Prioritas. Dimensi Prioritas ini mencakup faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil capaian dari Indikator Prioritas tersebut. Guru dapat merujuk pada informasi di bawah ini untuk memahami lebih lanjut tentang Indikator Akar Masalah atau Dimensi Prioritas, mulai dari Manajemen Kelas hingga Metode Pembelajaran.

Pop up rapor.png

Jika terdapat hasil yang kurang memuaskan pada lebih dari satu Dimensi Prioritas, Guru akan menerima rekomendasi Indikator yang berasal dari Rapor Pendidikan. Rekomendasi ini dirancang untuk memberikan panduan yang lebih spesifik dalam merinci aspek-aspek yang perlu diperbaiki dalam setiap Dimensi Prioritas.

Dengan adanya rekomendasi ini, Guru dapat lebih mudah mengidentifikasi area-area yang memerlukan perhatian khusus dan merancang strategi perbaikan yang lebih terfokus untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara menyeluruh.

New Kinerja Utama.png

Tanya Jawab Tentang Indikator Rapor Pendidikan di Pengelolaan Kinerja

Apakah ketidakpelaksanaan Pengelolaan Kinerja Guru oleh seorang guru yang sudah purna tugas akan berdampak pada penilaian Rapor Pendidikan Satuan Pendidikan?

Terkait penilaiain Rapor Pendidikan Satuan Pendidikan Bapak/Ibu yang sudah purna bakti/mutasi, akan berpengaruh jika Pengelolaan Kinerja pegawai di satuan pendidikan tersebut tidak dikerjakan 100% meski tidak berpengaruh signifikan. Hal ini hanya mempengaruhi indikator Rapor Pendidikan yang terkait dengan kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, silahkan lakukan pemutakhiran data Guru ASN bersangkutan dengan melakukan 2 cara:

  1. Diajukan secara resmi oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan dengan menghubungi Operator SI-ASN di BKD/BPSDM setempat melalui jalur komunikasi yang disediakan atau ditetapkan oleh Pemerintah Daerah.
  2. Selain melakukan pembaruan data melalui Operator SI-ASN di BKD/BPSDM, mohon kesediaannya juga melakukan penonaktifan data di Dapodik untuk Guru bersangkutan melalui Operator Sekolah
Sebelumnya
Selanjutnya
26498279202585

Komentar

27 comments

  • nurmilah

    sangat membantu cuma masih elum paham, perlu adanya sosialisasi di tingkat keamatan.

     

    0
  • Noni Apriani

    Sangat membantu namun masih butuh waktu untuk memahami secara baik dan benar

    0
  • Rusdiyansyah

    Sangat membantu akan tetapi masih perlu telaah lebih jauh agar bisa di cerna seutuhnya.

    0
  • Susantiputri99

    Semakin dibaca ke bawahnya ,semakin membantu pemahaman, tetapi perlu diberikan dengan contoh yang kontekstual untuk guru dalam pembelajaran spy lebih mendalam

    0
  • Herwanti

    sangat membantu,tetapi masih belum bisa di buka aksi perencana kerja untuk 2024 e kinerja di PMM

    0
  • Alfa Kristanti

    Sangat membantu. Akan lebih baik lagi jika ada sosialisasi lebih lanjut dan detail tata cara penggunaannya bagi guru dan kepala sekolah.

    0
  • ARIATI,S Pd

    Contoh indikator kepala sekolah pada tahap perencanaan

    0
  • ARIATI,S Pd

    Contoh indikator kepala sekolah pada tahap perencanaan

    0
  • muhammad fauzan rohmad

    sangat membantu dimana kinerja guru semakin bagus, guru yang selain mengajar juga mengampu ekstrakurikuler di sekolahnya semakin diperhatikan 

    0
  • Ngadiran Ngadiran

    Apakah pengelolaan kinerja ini dapat dijadikan sebagai laporan PTK bagi guru atau PTS bagai KS ?  

    Tahap Perencanaan, apa saja dokumen yang harus dipersiapkan guru? Haruskah dokumen-dokumen itu harus diupload di PMM? 

    Terimakasih buat yang berkenan menjawab pertanyaan ini.

    0
  • ROFIAH, S.Pd.

    Harapan kami bahwa cukuplah fitur ini menjadi satu satunya pengelolaan kinerja yang diakui secara resmi oleh daerah, sehingga tidak ada kebijakan lain yang malah menambah beban. Terimakasih

    0
  • Vesti Nurnafiani

    Apakah sertifikat guru penggerak angkatan 5 bisa di masukkan dalam ajuan indikator 

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Nura)

    Selamat Sore Bapak/Ibu Ngadiran Ngadiran,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #1544612, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • SEPTI MARIYANA

    Sangat membantu namun masih butuh waktu untuk memahami secara baik dan benar

    0
  • Yatim Hina Haryani

    membantu proses belajar mengajar di sekolah sehingga para murid dapat belajar secara berdiperensisl.

    0
  • PORMAN MARPAUNG

    Sangat membantu tetapi masih kurang paham. 

    0
  • PORMAN MARPAUNG

    Untuk memenuhi poin minimal 32 salah satu indikator yang dipenuhi adalah menjadi peserta/partisipan diklat dan memperoleh sertifikat yang dijadikan sebagai bukti dukung dengan nilai 4 poin.

    Apakah dapat hanya sertifikat saja yang dijadikan sebagai bukti dukung untuk memenuhi poin minimal 32?  tks 

    0
  • abdul latif

    masih butuh pemahaman yang lebih dalam mencerna paparan ini

    0
  • Abdulahfatah59

    Sudah cukup membantu, tapi saya mohon penjelasan atas pertanyaan saya berikut; Apa hubungan antara rapor pendidikan, 1 pilihan indikator, 32 poin yang harus dicapai dan kegiatan pembelajaran di kelas?

    0
  • Elvynosvia86

    Sudah sangat membantu, namun tidak tau mulainya dari mana?

    0
  • Anastasyaonarely54

    Sangat membantu

    0
  • BUDIONO

    sangat membantu dalam pengelolaan kinerja

     

    0
  • Muhammad Syahrir

    bagaimana cara mendownloud rapor mutu?

    0
  • Yuliati

    Alhamdulillah sangat menarik namun masih perlu dipelajari agar lebih paham dalam menggunakan aplikasi ini.Terimakasih.

    0
  • David Tupulu

    Sangat inspiratif tetapi mohon bantuannya untuk bimbingan selanjutnya

    0
  • Abdullatif

    Alhamdulillah, sangat membantu

    0
  • nunung supriatiningsih

    Alhamdulillah, sangat membantu.Tapi masih perlu dipelajari lebih lanjut dan mohon bimbingan selanjutnya

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk