Setelah perencanaan kinerja yang diajukan oleh Guru mendapatkan persetujuan dari Kepala Sekolah, Guru dapat memulai pelaksanaan kinerja. Berikut panduan pengisian pelaksanaan kinerja pada platform Merdeka Mengajar. 

1. Klik ‘Pengelolaan Kinerja’ pada menu Beranda di platform Merdeka Mengajar

2. Bagi Anda yang mengakses pengelolaan kinerja melalui aplikasi PMM pada perangkat Android, Anda akan menerima notifikasi berupa rekomendasi untuk mengakses pengelolaan kinerja melalui laptop. Silakan akses pengelolaan kinerja melalui desktop atau laptop untuk mendapatkan pengalaman terbaik.Klik 'Tetap di sini' jika Anda masih ingin mengakses pengelolaan kinerja melalui aplikasi.

 

3. Pada halaman Pengelolaan Kinerja, Anda dapat klik menu Guru Pilih Sebagai Pegawai , lalu Klik ‘Cek Praktik Kinerja untuk memulai Pelaksanaan Kinerja

4. Selanjutnya, Anda dapat memulai untuk mengisi Pelaksanaan Kinerja secara berurutan sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. Anda tidak bisa ke langkah selanjutnya apabila belum melakukan penyelesaian dikegiatan sebelumnya

Cara Isi Dokumen Persiapan

1. Klik ‘Isi dokumen’ untuk memulai mengisi dokumen persiapan pada Pemantauan Kinerja.

2. Pada halaman Dokumen Persiapan, Anda dapat menemukan beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti:

    • Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan dari dokumen persiapan ini.
    • Klik ‘Cek Rubik Observasi’ untuk mendapatkan informasi mengenai fokus perilaku yang diobservasi oleh Kepala Sekolah berdasarkan indikator yang dipilih pada tahap Perencanaan Kinerja

Rubrik perilaku (2).png

  • Pilih minimal satu perilaku yang ingin diperbaiki dan juga dipelajari oleh Anda dengan memberikan tanda ceklis pada kotak
  • Tuliskan upaya yang akan Anda lakukan untuk mempelajari Target Perilaku yang sudah dipilih sebelumnya.
  • Pilih jadwal dengan mengatur 'Jadwal Observasi' dengan Kepala Sekolah, dan pastikan untuk berdiskusi terlebih dahulu sebelum menetapkan jadwal. Namun, jika jadwal yang diajukan tidak sesuai, Guru dapat berdiskusi dengan pihak kepala sekolah di luar dari jadwal yang sudah ditetapkan.
  • Pilih tingkatan Jenjang & Kelas yang sesuai
  • Ketik Mata Pelajaran yang sesuai
    • Anda bisa melakukan pencarian mata pelajaran dengan mengetik mata pelajaran pada kolom yang tersedia. Misalnya “matematika”.
  • Bukti dukung berupa RPP/Modul ajar bersifat Optional untuk di unggah pada Dokumen Persiapan, Jika Anda mengunggah bukti dokumen RPP?Modul Ajar, maka bukti dukung tersebut akan digunakan ketika observasi kelas. Informasi lebih lanjut tentang ketentuan RPP/Modul Ajar di Pelaksanaan Kinerja dapat kunjungi artikel di sini

3. Klik ‘Kumpulkan’ jika Anda sudah mengisi dokumen persiapan dan mengunggah dokumen RPP/Modul atau. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi Dokumen Persiapan dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.

4. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk Dokumen Persiapan dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, Pilih Ceklis dan klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali. 

5. Setelah Anda mengumpulkan dokumen persiapan, Anda dapat memulai untuk mempelajari upaya yang ingin dilakukan sesuai dengan dokumen yang telah dikumpulkan.

6. Kepala Sekolah akan melakukan observasi kelas sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, Anda dapat klik ‘Cek Rincian’ untuk melihat mengenai detail observasi.

 

Cara Isi Dokumen Tindak Lanjut

1. Jika Kepala Sekolah sudah melakukan observasi kelas, Anda bisa klik ‘Isi Dokumen’ untuk mengisi dokumen tindak lanjut dan melihat hasil penilaian observasi.

2. Anda akan melihat hasil penilaian dari Kepala Sekolah berdasarkan observasi, penilaian tersebut akan menjadi dasar untuk tindak lanjut yang perlu Anda lakukan. Namun, Anda tidak perlu khawatir hasil penilaian ini bukan menjadi nilai akhir.  Kepala Sekolah juga memberikan rekomendasi tindak lanjut yang dapat dilakukan oleh Anda. Klik ‘Lanjut’ untuk memulai pengisian dokumen tindak lanjut. 

3. Pada halaman Dokumen Tindak Lanjut, Anda dapat menemukan beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti:

  • Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan dari dokumen Tindak Lanjut.
  • Anda dapat isi dengan menceritakan tantangan atau kendala yang dihadapi ketika melakukan Praktik Kinerja
  • Pada Sesi  Pilihan Belajar, Anda diminta untuk menetapkan tujuan untuk meningkatkan kualitas praktik kinerja serta upaya yang akan dilakukan untuk mencapainya, diikuti dengan penjadwalan aksi tindak lanjut dan kebutuhan dukungan yang diperlukan.
    • Pilihan Belajar ini wajib dilakukan sebagai bagian dari tahap Tindak Lanjut.
    • Perlu diketahui bahwa Pilihan Belajar dapat dilakukan melalui webinar, kursus luring atau daring, serta berpartisipasi dalam kelompok diskusi atau komunitas online yang relevan dengan tujuan upaya tindak lanjut.
  • Pada sesi  Pilihan Belajar melalui Pelatihan Mandiri, Anda diminta untuk memilih tujuan untuk meningkatkan kualitas praktik kinerja serta modul Pelatihan Mandiri yang digunakan untuk mencapainya, diikuti dengan rencana periode Anda untuk mempelajari materi di PMM dan kebutuhan dukungan yang diperlukan.
    • Perlu diketahui bahwa Pilihan Belajar melalui Pelatihan Mandiri bersifat opsional (tidak wajib), namun jika Anda ingin melakukan pembelajaran melalui Pelatihan Mandiri tetap dapat dilakukan karena merupakan bagian dari tahap tindak lanjut.

Perlu diketahui!

  • Sebelum melakukan pengisian dokumen tindak lanjut, Anda dianjurkan untuk berdiskusi dengan Kepala Sekolah agar memudahkan dalam melakukan pengisian dokumen.

4. Klik ‘Kumpulkan’, jika Anda sudah mengisi Dokumen Tindak Lanjut . Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi Dokumen Tindak Lanjut dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.

5. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk Dokumen Tindak Lanjut dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, Pilih Ceklis dan klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali. 

6. Setelah Anda mengumpulkan dokumen tindak lanjut, Anda dapat memulai untuk mempelajari upaya/aksi yang ingin dilakukan sesuai dengan dokumen yang telah dikumpulkan.

Cara Isi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut

1.  Jika Anda sudah melakukan Refleksi Tindak Lanjut, Anda bisa klik ‘Isi Dokumen’ untuk mengisi dokumen Refleksi Tindak Lanjut dan melihat hasil penilaian dari Kepala Sekolah tentang tindak lanjut yang telah dilakukan 

2. Pada halaman Dokumen Refleksi Tindak Lanjut, Anda diminta untuk mengisi dokumen tindak lanjut.

  • Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan dari dokumen Refleksi Tindak Lanjut. 
  • Pada sesi Pilihan Belajar melalui Pelatihan Mandiri
    • Jelaskan keberhasilan yang Anda capai dari upaya tindak lanjut yang sudah dilakukan
    • Jelaskan hambatan yang ditemui selama melakukan upaya tindak lanjut
    • Jelaskan peningkatan yang dapat mengatasi tantangan dari upaya tindak lanjut yang telah dilakukan. 
  • Pada sesi Pilihan Belajar melalui lainnya, Anda juga dapat menuliskan keberhasilan, hambatan dan peningkatan dari upaya tindak lanjut yang dilakukan

Perlu diketahui!

  • Sebelum melakukan pengisian dokumen refleksi tindak lanjut, Anda dianjurkan untuk berdiskusi dengan Kepala Sekolah agar memudahkan dalam melakukan pengisian dokumen.

3. Klik ‘Kumpulkan’, jika Anda sudah mengisi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.'

4. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk Dokumen Refleksi Tindak Lanjut dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, Pilih Ceklis dan klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali. 

5. Anda telah berhasil menyelesaikan pelaksanaan kinerja di platform Merdeka Mengajar. Selanjutnya, Anda dapat menunggu penilaian hasil dari refleksi tindak lanjut yang telah dikumpulkan


6. Berikut tampilan jika Anda sudah menyelesaikan Pelaksanaan Kinerja 

Sebelumnya
Selanjutnya
26099102815641

Komentar

17 comments

  • Sumedi wiryawan

    Semoga artikel ini dapat membantu saya dalam mengisi pelaksanaan kinerja guru.

    0
  • Enysuryaningsih52

    Diharapkan ada video tutorial dokumen apa saja yang perlu diupload dan kriteria laporan atau format dokumen yang terintegrasi dengan e kinerja serta terintegrasi dengan angka kredit dan SKP untuk periode januari hingga juli 2024 dan seterusnya

    0
  • Ruriani, S. Pd

    Terima kasih infoermasinya namun saya perlu bantuan berupa penjelasan bukti dukung disertai contoh-contoh dokumen apa saja masih bingung 

    0
  • Baharuddin441

    Terimakasih atas informasinya, Sangat membantu dan akan lebih baik jika disertai contoh dokumen sebagai referensi guru dan KS

    0
  • Mohamad099

    Bagai mana caranya untuk guru yang ingin membatalkan pengajuan perencanaan?

    0
  • Dana Rasmita, S.Pd

    Kalau bisa tolong tampilkan contoh observasi dengan format pdf

    1
  • Ruben Hina Mbiliyora

    Terima kasih saya akan mencobanya

    0
  • Surata Gede Guru

    Terima kasih saya akan mengsisi

    0
  • Yik Yen Udo Sedyo Wiyadi

    Paling tidak kita dengan video tutorial guru memahami tentang  E- Kinerja dokumen dari mana saja yang  bisa sebagai landasan untuk dikumpulkan ,Apakah harus semuanya bersumber dari daring terkait IKM merdeka mengajar atau bisa didapatkan dari kegiatan offline  kah? 

    0
  • Desmayanti,SPd

    saya masih bingung bagaimana melakukan observasi terhadap guru kalau bisa berikan contoh rubrik observasi yang akn dilakukan kepala sekolah

    0
  • Zislal Hayati

    mohon di lengkapi dengan keterangan  data apa saja yang akan kami masukkan terima kasih

    0
  • Desak Ketut Caturwangi

    Terimakasih imformasinya, semoga semuanya lancar

    0
  • AHMAD TURMUZI, S.Pd

    Apakah format observasi pembelajaran untuk kepala sekolah disiapkan dan dirilis di menu pengelolaan kinerja PMM? Sesuai dengan alur observasi dilaksanakan bulan Maret, bulan Februari persiapan observasi, tetapi kenapa tiba-tiba di akun kepala sekolah muncul menu Penilaian Kinerja?. 

    0
  • Arif Lukman Rahim, S. Pd

    Admin...Terkait Ekinerja di PMM, banyak yang bingung untuk lembar observasi guru dan observasi kepala sekolah, karena ada beberapa referensi penilaian lembar/form observasi, baik Pra observasi, observasi dan pasca observasi yang buka bersumber dari kemendikbud,  pertanyaannya

    1. Apakah boleh menggunakan lembar observasi dari sumber lain ?

    2. Apakah lembar observasi guru diunggah pada Ekinerja oleh kepala sekolah/hanya arsip kepala sekolah ? , karena petunjuk tekhnis di PMM hanya sebatas rubrik pengisian lembar observasi kepala sekolah dan guru..mohon penjelasannya !

    3. Berikan contoh video panduan bukti dukung lainnya terkait Ekinerja di PMM ! 

    0
  • Komang Putri

    Ijin bertanya, di bagian unggah dokumen observasi itu terdapat bahasa opsional sehingga ada beberapa guru tidak mengupload modul ajar dan ada juga yang salah upload dokumen tapi terlanjur klik kumpulkan.
    Apakah ada solusi untuk dapat mengedit/mengupload ulang modul ajar? Terimakasih

    2
  • Atun Jaetun

    ijin bertanya, kalau sudah terlanjur mengklik lanjutkan itu bagaimana ya?
    karna ada kekeliruan ingin di perbaiki tapi sudah terlanjur mengklik lanjutkan.

    apakah bisa di reset supaya bisa diperbaiki?
    mohon solusinya....

    0
  • Muhamad Suhardiman

    izin bertanya rekan sekalian, jika saat menginput dokumen persiapan observasi kita lupa mengisi "Upaya mempelajari Target Prilaku", sehingga saat dikumpulkan jadwal obervasi tidak terbaca di dashboard kepala sekolah, yang jadi pertanyaan kemudian adalah :

    1. Apakah tidak ada langkah alternatif untuk mengedit "isi dokumen persiapan"?

    2. Jika tidak ada cara alternatif untuk mengedit, apakah KS bisa melakukan Observasi dan Memberikan Nilai pada guru tersebut?

    3. Apakah Kesalahan pada pengisian dokumen observasi mempengaruhi atau tidak mempengaruhi langkah selanjutnya?

    Mohon petunjuk!!

     

    2

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk