Guru yang dapat mengakses halaman Pengelolaan Kinerja dapat memulai untuk menyusun Perencanaan Kinerja. Berikut adalah panduan penyusunan Perencanaan Kinerja melalui Pengelolaan Kinerja:

Perlu diketahui!

  • Bagi Guru yang tidak memiliki Kepala Sekolah definitif (saat ini dipimpin oleh Plt Kepala Sekolah) di Satuan Pendidikan, maka Perencanaan Kinerja yang diajukan akan disetujui secara otomatis oleh sistem. Pastikan perencanaan yang Anda buat telah sesuai sebelum mengajukan, karena tidak ada proses diskusi hingga pengecekan manual yang umumnya dilakukan oleh Kepala Sekolah
  • Apabila email belajar.id yang tertera pada halaman akun Platform Merdeka Mengajar berbeda dengan email belajar.id yang Anda gunakan untuk masuk/login, mohon abaikan email yang ada pada halaman akun. Anda dapat langsung melakukan pengecekan pada akses Pengelolaan Kinerja untuk memastikan Anda dapat mengakses fitur Pengelolaan Kinerja.

1. Anda dapat masuk/login menggunakan email Akun belajar.id Sekolah Induk untuk mengakses Pengelolaan Kinerja di Platform Merdeka Mengajar melalui desktop atau perangkat laptop. 

2. Selanjutnya, klik ‘Pengelolaan Kinerja’ pada menu Beranda.

Part 1.png

3. Bagi Anda yang mengakses Pengelolaan Kinerja melalui aplikasi PMM pada ponsel Android, Anda akan menerima notifikasi berupa rekomendasi untuk mengakses Pengelolaan Kinerja melalui komputer atau laptop guna mendapatkan tampilan sistem yang lebih optimal. Klik 'Tetap di sini' jika Anda masih ingin mengakses Pengelolaan Kinerja melalui aplikasi.

Part 2.png

4. Anda dapat klik ‘Mulai’ pada  pojok kanan atas di halaman Pengelolaan Kinerja untuk memulai penyusunan ‘Perencanaan Kinerja’

=State 1_ SKP tahun berjalan belum dibuat sekali.jpg

5. Anda akan diminta untuk melakukan pengecekan data diri sebelum memulai penyusunan rencana kinerja. Apabila data diri sudah sesuai, Anda dapat klik 'Data sudah sesuai', namun jika data diri tidak sesuai, Anda bisa klik 'Edit'.

Part 4.png

 

Perlu diketahui!

  • Apabila Nama, Satuan pendidikan, & NIP terdapat pembaruan atau ketidaksesuaian, maka Anda bisa menghubungi Operator Sekolah untuk memperbarui data melalui Dapodik.
  • Pembaruan data pada halaman Pengelolaan kinerja tidak akan mengubah data di Dapodik dikarenakan pembaruan ini hanya untuk kebutuhan Pengelolaan Kinerja.
  • Pembaruan data pada halaman Pengelolaan kinerja hanya bisa dilakukan satu kali. Pastikan Anda memilih Jenjang Jabatan yang sesuai karena akan mempengaruhi Perencanaan Kinerja.
  • Untuk Guru dengan status kepegawaian ASN, dapat melakukan pembaruan data diri berupa Pangkat/Golongan, Ruang, dan Jenjang Jabatan.
  • Untuk Guru dengan status kepegawaian PPPK hanya dapat melakukan pembaruan data diri berupa jenjang jabatan
  • Untuk Guru selain dari status kepegawaian Non ASN tidak dapat melakukan pembaruan data diri.

6. Selanjutnya, pilih data diri yang ingin disesuaikan, lalu klik 'Simpan'.

7. Selanjutnya, Anda dapat memulai untuk menyusun Perencanaan Kinerja di mulai dari Praktik Kinerja / Praktik Pembelajaran sampai dengan Rangkuman

1. Pada tab 'Praktik Kinerja / Praktik Pembelajaran, Guru dari jenjang SD hingga SMA diminta untuk memilih sub indikator yang menjadi fokus peningkatan kinerja. Guru di anjurkan untuk memilih sub Indikator yang direkomendasikan berdasarkan Rapor Pendidikan.

Kinerja Utama (6).png

Klik Rapor Pendidikan Satdik untuk melihat Rapor pendidikan versi terakhir milik Anda. Informasi lebih lanjut tentang Rapor Pendidikan dapat kunjungi artikel di sini

Part 8.png

Perlu diketahui!

  • Guru hanya bisa memilih satu sub indikator di tahap Praktik Kinerja / Praktik Pembelajaran
  • Guru juga dapat memilih indikator di luar dari indikator yang direkomendasikan dengan klik ‘Lihat indikator lainnya’.

Kinerja Utama (5).png   Kinerja Utama.jpg

2. Setelah memilih salah satu indikator yang ingin difokuskan untuk ditingkatkan, Anda dapat klik ‘Ke pengembangan Kompetensi’ untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Kinerja Utama (4).png

3. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang memilih Indikator pada Praktik Kinerja / Praktik Pembelajaran dan akan kembali melakukan penyusunan Perencanaan Kinerja di lain waktu.

1. Pada tab ‘Pengembangan Kompetensi’, Anda akan diminta untuk memilih jenis pengembangan kompetensi yang paling efektif dan berdampak melalui 'Rencana Hasil Kerja'.

Kinerja Tambahan (11)1.png

Perlu diketahui!

  • Pengembangan Kompetensi memiliki poin minimum 32 poin per semester.
  • Poin ini diperoleh dengan Guru memilih ‘Rencana Hasil Kerja' yang paling efektif dan berdampak
  • Jika 'Rencana Hasil Kerja' yang telah dipilih belum mencapai poin minimum, Anda dapat berdiskusi dengan atasan untuk menentukan Rencana Hasil Kerja yang paling efektif dan berdampak untuk diri Anda. Informasi lebih lanjut tentang poin dan cara menghitung poin dapat kunjungi artikel di sini

2. Jika ingin menambahkan ‘Rencana Hasil Kerja’ lebih dari satu, Anda dapat klik ‘Tambah’ di kiri bawah halaman tahap pengembangan kompetensi.

Kinerja Tambahan (12)11.png

3. Apabila sudah memilih ’Rencana Hasil Kerja’ pada tahap pengembangan kompetensi, Anda dapat klik ‘Ke Tugas Tambahan’ untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Kinerja Tambahan (13)11.png

4. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang memilih Rencana Hasil Kerja pada Pengembangan Kompetensi dan akan kembali melakukan penyusunan Perencanaan Kinerja di lain waktu.

1. Pada tab ‘Tugas Tambahan' Anda bisa memilih salah satu dari tugas tambahan berdasarkan Surat Keputusan atau Surat Tugas yang sudah ditetapkan oleh Kepala Sekolah di luar tugas utama mengajar.

Kinerja Tambahan (14).png

Perlu diketahui!

  • Dasar keberlakuan Tugas Tambahan pada Pengelolaan Kinerja sesuai dengan :
    • Permendikbud 15/2018
    • Permendikbudristek No. 46/2023 Pasal 15 dan 25
    • Permendikbudristek 79/2015 Pasal 14
    • Permendikbudristek No. 2/2022 Pasal 41
  • Jika tugas yang diberikan kepada Anda tidak termasuk dalam Tugas Tambahan di sini, maka Anda dapat melewati pengisian Tugas Tambahan dan lanjut ke halaman berikutnya

2. Klik ‘Tambah’ jika Tugas Tambahan Anda lebih dari satu berdasarkan Surat Keputusan atau Surat Tugas yang sudah ditetapkan oleh Kepala Sekolah di luar tugas utama mengajar.

3. Apabila sudah memilih ’Tugas Tambahan’, Anda dapat klik ‘Ke Perilaku Kerja’ untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Kinerja Tambahan (8).png

4. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang memilih Tugas Tambahan dan akan kembali melakukan penyusunan Perencanaan Kinerja di lain waktu.

1. Pada tab ‘Perilaku Kerja’, Anda akan diminta untuk setiap aspek hanya dapat memilih satu perilaku yang ingin difokuskan dalam satu tahun ke depan.

Perilaku Kerja (2).png

2. Apabila sudah memilih area perilaku kerja yang ingin difokuskan, Anda dapat klik ‘Ke Rangkuman’ untuk melihat Perencanaan Kinerja yang telah disusun.

Perilaku Kerja (3).png

1. Pada tab ‘Rangkuman’, Anda dapat melakukan pengecekan keseluruhan Perencanaan Kinerja yang telah disusun sesuai dengan pilihan Anda. Pengecekan meliputi beberapa hal : Pastikan Indikator yang di pilih pada Praktik Kinerja / Praktik Pembelajaran sudah sesuai Pastikan Rencana Hasil Kerja yang dipilih sudah sesuai Pastikan Tugas Tambahan yang dipilih sudah sesuai (Bagi Guru yang mengisi Tugas Tambahan) Pastikan Perilaku Kerja yang dipilih sudah sesuai

2. Klik ‘Ubah’ jika salah satu perencanaan yang sudah Anda susun ingin dilakukan perubahan. Klik ‘Lanjut Ajukan jika penyusunan Perencanaan Kinerja tidak ada perubahan.

Perlu diketahui!

  • Indikator yang dipilih oleh Guru pada tahap pengisian Praktik Kinerja / Praktik Pembelajaran akan ditampilkan sebagai Rencana Hasil Kerja. Guru akan diminta untuk unggah dokumen RPP/Bahan Ajar pada tahap Pelaksanaan Kinerja
  • Bukti Dukung berupa dokumen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) akan ditampilkan sebagai Rencana Hasil Kerja pada tab Rangkuman. Guru tidak perlu khawatir bukti dukung tersebut akan di unggah oleh Kepala Sekolah.
  • Bukti Dukung berupa dokumen Kehadiran Kelas akan ditampilkan sebagai Rencana Hasil Kerja pada tab Rangkuman. Guru tidak perlu khawatir bukti dukung tersebut akan di unggah oleh Kepala Sekolah

Ajukan - Belum Diajukan (4).png

 

7. Setelah Anda mengklik 'Lanjut Ajukan' pada tab Rangkuman, akan muncul tampilan konfirmasi untuk mengajukan Perencanaan Kinerja kepada atasan. Jika perencanaan sudah sesuai, klik 'Ajukan'. Namun, klik 'Cek Ulang' jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang atau klik ‘Simpan Draft’ jika ingin berhenti sejenak dalam penyusunan Perencanaan Kinerja,.

Part 17.png

8. Anda telah berhasil mengajukan penyusunan rencana kinerja kepada atasan. Selanjutnya, Anda dapat berdiskusi dengan atasan untuk memperoleh kesepakatan persetujuan atau penyesuaian sebelum dilakukannya tahap pelaksanaan.

Part 18.png

9. Jika di Satuan Pendidikan Anda tidak memiliki Kepala Sekolah definitif namun memiliki Plt Kepala Sekolah, maka sistem akan melakukan persetujuan dokumen Perencanaan Kinerja Anda secara otomatis.

10. Selanjutnya, pada tanggal 01 Februari 2024, di halaman Pengelolaan Kinerja Anda, akan muncul Banner Informasi yang mengarahkan Anda memberikan informasi kepada Kepala Sekolah (PLT) di Satuan Pendidikan Anda agar dapat melakukan konfirmasi pada tanggal 16 Februari 2024 sebagai Kepala Sekolah PLT di sekolah tersebut sehingga Anda dapat melakukan Pelaksanaan Kinerja. Informasi lebih lanjut tentang Pelaksanaan Kinerja untuk Guru dengan Kepala Sekolah PLT dapat ditemukan dalam artikel di sini

Anda juga dapat melihat Panduan Teknis Fitur Pengelolaan Kinerja Guru pada dokumen Panduan Teknis Fitur Pengelolaan Kinerja Guru

Tanya Jawab Penyusunan Perencanaan Kinerja

Apakah menyusun Perencannaan Kinerja hanya bisa dilakuan pada awal Bulan di setiap semster ?

Penyusunan Perencanaan Kinerja dapat dilakukan pada awal bulan setiap semester sesuai dengan jadwal yang dianjurkan. Tujuannya adalah untuk memudahkan Guru dalam berdiskusi dengan Kepala Sekolah guna melakukan evaluasi dan penyesuaian yang lebih efektif terhadap penyusunan Perencanaan Kinerja.

Apakah memungkinkan untuk memilih lebih dari satu indikator pada tahap Perencanaan Kinerja di Praktik Kinerja / Praktik Pembelajaran ?

Pada tahap Perencanaan Kinerja, Guru hanya dapat memilih satu indikator peningkatan sebagai fokus utama. Hal ini dilakukan untuk memastikan perencanaan yang terfokus dan pengembangan yang lebih efektif

Apakah Tugas Tambahan bisa di tambahkan lebih dari satu ?

Ya, Guru dapat memilih lebih dari satu tugas tambahan.berdasarkan Surat Keputusan atau Surat Tugas yang sudah ditetapkan.

Apa yang harus dilakukan jika Tugas Tambahan tidak tersedia atau tidak ada ?

Jika tugas yang diberikan kepada Anda tidak termasuk dalam Tugas Tambahan, maka Anda dapat melewati pengisian Tugas Tambahan

Sekolah saya tidak memiliki kepala sekolah. Apakah perencanaan kinerja yang disusun tidak bisa disetujui?

Saat ini, Perencaan Kinerja yang telah di ajukan akan otomatis telah disetujui

Apakah seorang guru yang mengajar di dua sekolah dan juga memiliki dua akun belajar.id harus melakukan Pengelolaan Kinerja di kedua akun tersebut?

Apabila terdapat seorang Guru yang mengajar di dua satuan pendidikan, silakan lakukan perencanaan kinerja pada satu satuan pendidikan induk/satuan administrasi pangkal (SATMINKAL) saja.

Apakah seorang Guru PNS yang akan pensiun pada pertengahan Semester I atau II (misalnya bulan April dan September) perlu mengisi Pengelolaan Kinerja di setiap periode tersebut?

Ya, Guru PNS yang akan pensiun pada periode pengelolaan kinerja berjalan (Januari-Juni dan Juli-Desember), tetap perlu merencanakan dan melakukan Pengelolaan Kinerja di Platform Merdeka Mengajar sesuai periode tersebut, karena diwajibkan oleh regulasi (vide Pasal 4 dan Pasal 6 PermenPANRB No. 6 Tahun 2022) dan berdampak terhadap pembayaran tunjangan kinerja yang bersangkutan (vide Pasal 32 PermenPANRB No. 6 Tahun 2022)

Sebelumnya
Selanjutnya
26037252484889

Komentar

34 comments

  • Deniwatinehespdmm47

    Saya senang dengan adanya pengelolaan kinerja ini dan memberdayakan PMM, tentunya hal ini sangat mambantu kami dalam menyusun rencana, melaksanakan dan juga evaluasi kinerja kami di sekolah apalagi fitur Pengelolaan Kinerja ini telah terintegrasi dengan layanan e-kinerja yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara. Tentunya SKP guru tidak lagi terkesan di buat - buat saja melainkan berdasarkan sasaran kerja yang sudah di capai sesuai dengan fakta pelaksanaan di sekolah. 

    Saya berharap bahwa ini benar - benar menyentuh seluruh penjuru negeri dimana pun berada. Saya berharap dinas - dinas terkait mengakomodir kegiatan ini di sekolah - sekolah sehingga guru - guru serius menyikapi pengelolaan kinerja ini. 

    Semangat buat TIM PMM..

     

    -1
  • hasan.ansori118

    Mantap

    0
  • Sumedi wiryawan

    Semoga dapat berjalan dengan baik

    0
  • joko Iswahyudi

    Sangat Membantu, Terima kasih

    0
  • Marni Haryati Hasibuan

    Terima kasih untuk panduan yang jelas dan runtut, sangat membantu

     

    0
  • Rini Haryani

    semoga dengan  adanya pengelolaan kinerja di PMM semakin akurat 

    0
  • Eridafithri Muchtar

    bagaimana cara mengunggah laporan kegiatan sebagai bukti pendukung?

     

    0
  • Pujiyono

    Bisakah membatalkan ajuan perencanaan kinerja yang sudah diajukan kepada kepala sekolah?

    0
  • novanmulyana, S.Pd

    Plateform ini hanya tutorial semata. Bagaimana untuk memulainya?

    0
  • Bambangsumartono83

    selalu belajar dan tetap belajar

    0
  • Karis, S.Pd, M.Pd

     walaupun ganti menteri pengelolaan kinerja dan PMM tetap ada 

    0
  • Junainah

    MasyaAllah, canggih.
    Semoga dipermudahkan untuk mengimplementasikannya.

    0
  • Daming Agus Hidayat

    Saya belum bisa akses pengelolaan kinerja sejak fitur baru di luncurkan

    0
  • Yullionno

    Saya juga menghadapi kendala dalam mengakses fitur Pengelolaan Kinerja ini. Saya juga sudah menyampaikannya ke Pusat Bantuan. Sambil menunggu akses, saya pelajari detail prosedur di fitur ini. Informasinya sangat jelas dan sistematis sehingga mudah dipahami.

    0
  • Asikin

    Apakah yang masih menggunakan Kurikulum 2013 juga mengerjakan Perencanaan Kinerja di sini?

    0
  • NURJANNAH L. S.Pd.

    Saya baru memulai untuk mempelajari Perencanaan Kinerja yang begitu membantu

    semoga saya cepat memahami dan melaksanakannya dengan baik.

    Terima Kasih

    0
  • KRISMAYA YITNUGRAHINI

    Mohon ijin bapak/ibu admin saya bermasalah dengan kendala akses masuk pengelolaan kinerja padahal data saya di dapodik sudah benar sebagai GTK dan juga saya sudah memperbaharui aplikasi PMM dengan versi terbaru tapi masih tetap tidak bisa akses pengelolaan kinerja... mohon bantuannya dan bagaimana solusinya.. terima kasih 

    3
  • Selamet Riadi, S. Pd.

    Mohon bantuan membuka pengelolaan kinerja saya tidak bisa menemukan menunya hanya petunjuk pengelolaan kinerja

    0
  • Denius Zebua

    salam, Mohon bantuan membuka pengelolaan kinerja  tidak bisa menemukan menunya hanya petunjuk pengelolaan kinerja yang muncul.

    0
  • Dana Rasmita, S.Pd

    Tetap semangat dan belajar terus belajar !!

    0
  • Matrokhim

    Salam PMM,mau tanya admin bagaimana cara akses PMM untuk Kepala Sekolah.Terimakasih

    0
  • HAFIDZAH KHOLISAH

    Saya masih belum bisa mengakses perencanaan penilaian kinerja dan sudah sesuai dengan instruksi, dilaporkan ke operator dinnformasikan 1-8 jam kerja. mengikuti zoom diinformasukan 2x24 jam ditangani. Saya sudah mendapatkan nomor antrian kendala di email saya. saya sudah mencoba ini dari hari Jum'at, 5 Januari 2023, saat ini sudah 10 Januari 2023. Mohon bantuannya.

    0
  • Rofiul Ibad

    Saya juga ga bisa di akses pengelolaan kinerja nya padhal di dapodik sudah sesuai dan sudah tanya dinas... Dinas pun ga bisa membantu 😩😩😩😩😩😩

    0
  • Mardianto, S.Pd

    Saya PLT Kepala Sekolah dari unsur guru, akan tetapi akun belajar saya masih an. Guru bagaiamana caranya agar menjadi admin? Karena rekan-rekan guru membutuhkan atasan untuk bisa mengisi ekinerja di PMM. Mohon penjelasanya admin. Pdahal di Dapodik sudah synkron berkali-kali menjadi PLT. oya untuk diketahui, di sekolah saya satap, ada SMP dan SD, Kepala Sekolah Definitip induknya di SMP oleh sebab itu saya ditunjuk jadi PLT di jenjang SD.

    0
  • Emanuel Wio Redo

    Artikel ini sangat membantu saya dalam pembuatan perencanaan kerja

    0
  • KASIADI, S.Ag., M.Pd.

    Kebijakan ini sangat bagus untuk dalam peningkatan kualitas pembelajaran yang berpihak pada peserta didik

     

    0
  • Yatu Arianu

    Mohon bantuan membuka pengelolaan kinerja  tidak bisa menemukan menunya hanya petunjuk pengelolaan kinerja yang muncul.

    0
  • ana yuliana

    Mohon bantuan membuka pengelolaan kinerja  tidak bisa menemukan menunya hanya petunjuk pengelolaan kinerja yang muncul.

    0
  • ana yuliana

    Mohon bantuan membuka pengelolaan kinerja  tidak bisa menemukan menunya hanya petunjuk pengelolaan kinerja yang muncul.

    0
  • arifnugraha07

    Perencanaan kinerja hanya sampai pada tahap tugas tambahan, sedangkan ke Perilaku Kerja malah Aplikasi Error... mohon pencerahan nya

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk