Refleksi Kompetensi pada platform Merdeka Mengajar telah dirancang khusus untuk Anda agar dapat meningkatkan kompetensi melalui Rekomendasi Belajar berdasarkan level kompetensi yang Anda miliki. Berikut adalah tahapan Refleksi Kompetensi mulai dari asesmen hingga mendapatkan Rekomendasi Belajar di platform Merdeka Mengajar.
  1. Mengakses Halaman Refleksi Kompetensi
  2. Mengecek Data Diri dan Mengerjakan Asesmen
  3. Melihat Hasil Refleksi Kompetensi
  4. Meningkatkan kompetensi Melalui Rekomendasi Belajar

1. Mengakses Halaman Refleksi Kompetensi

Perlu diketahui bahwa saat ini tidak semua Pengguna platform Merdeka Mengajar yang dapat mengakses halaman Refleksi Kompetensi. Peserta yang dapat mengakses halaman Refleksi Kompetensi adalah pendidik yang telah memenuhi persyaratan. Informasi lebih lanjut tentang peserta Refleksi Kompetensi dapat dilihat disini
 
Bagi pendidik yang telah memenuhi persyaratan dapat kunjungi artikel disini guna mengetahui cara mengakses halaman Refleksi Kompetensi. Jika pendidik sudah memenuhi persyaratan, namun tidak bisa mengakses halaman Refleksi Kompetensi, silakan baca artikel Kendala Akses ke Refleksi Kompetensi
0. Main page (3).png

2. Mengecek Data Diri dan Mengerjakan Asesmen

Mengecek Data Diri

Sebelum mengerjakan asesmen di tiap kompetensi, Anda perlu mengecek data diri karena penilaian dan standar level kompetensi berdasarkan jenjang jabatan pendidik. Oleh karena itu, pastikan data diri dan jenjang jabatan Anda sudah sesuai. Lihat informasi detail mengenai standar level kompetensi berdasarkan jenjang jabatan di sini.

Konfirmasi jenjang jabatan akan selalu dilakukan setiap kali Anda mulai mengerjakan asesmen di tiap kompetensi. Sistem akan mengambil data terakhir yang Anda pilih. Misalnya pada saat Anda memiliki jenjang jabatan Ahli Madya.

Namun, pada saat mulai mengerjakan Pedagogik, Anda lupa mengecek jenjang jabatan Anda sehingga yang terinput ke sistem adalah Ahli Utama. Anda tidak perlu khawatir, karena pada saat Anda mulai mengerjakan kompetensi lainnya, misalnya Kepribadian, maka Anda dapat mengubah jenjang jabatan Anda sesuai jenjang jabatan yang Anda miliki, yaitu Ahli Madya. Sehingga, sistem secara otomatis akan memberikan penilaian dan level kompetensi sesuai dengan jenjang jabatan terakhir yang Anda pilih, yaitu Ahli Madya. 

pasted image 0.png

Mengerjakan Asesmen

Setelah mengecek jenjang jabatan, Anda dapat mulai melakukan Asesmen pada kompetensi yang Anda pilih. Anda dapat memilih kompetensi apa pun yang ingin dikerjakan terlebih dahulu. Informasi lebih lanjut mengenai panduan cara mengecek data diri dan mengerjakan Refleksi Kompetensi ada pada artikel ini.

                            

3. Melihat Hasil Refleksi Kompetensi

Setelah asesmen dilakukan, Anda dapat melihat nilai/level pada masing-masing kompetensi yang Anda miliki, yaitu Pedagogik, Kepribadian, Sosial, dan Profesional. Informasi cara melihat hasil Refleksi Kompetensi dapat dilihat disini.

0. Main page (6).png

4. Meningkatkan kompetensi Melalui Rekomendasi Belajar

Anda akan mendapatkan Rekomendasi Belajar berdasarkan hasil/level Refleksi Kompetensi Anda. Silakan pelajari lebih lanjut Rekomendasi Belajar yang telah diberikan. Informasi seputar Rekomedasi Belajar dapat dilihat di sini.

Sebelumnya
Selanjutnya
23329047473433

Komentar

3 comments

  • Wahyudi22

    Mantaps

    1
  • Aan Triono

    Selamat sore. Izin bertanya, bagaimana cara mengulang/edit pengisianrefleksi kompetensi. Karena ada beberapa hal yang harus disesuaikan dalam indikator kompetensi. Terima kasih.

    1
  • MIFTAKHUL JANNAH

    Saya sudah mengisi rekomendasi belajar. Sosial. Bagaimana caranya supaya levelnya bisa naik atau berubah dari perlu ditingkatkan ke level sudah baik ?

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk