Setelah berhasil mengakses halaman Refleksi Kompetensi, Anda dapat melakukan pengecekan data diri dan jenjang jabatan, lalu kemudian mulai mengerjakan Refleksi. 

0. Main page (3).png

Perlu diketahui!

Pastikan Anda mengerjakan Refleksi Kompetensi sebelum 31 Januari 2024. Jika Anda belum menyelesaikan seluruh kompetensi hingga melewati batas akhir periode, maka kompetensi yang belum dikumpulkan akan otomatis terhapus dan Anda tidak bisa mendapatkan rekomendasi belajar.

Opsi 1 - in your face di box kuning111.png         

1. Anda dapat mengerjakan mulai dari kompetensi yang sesuai dengan minat Anda terlebih dahulu. Misalnya, Anda dapat memilih untuk mulai mengerjakan Pedagogik atau Sosial terlebih dahulu. Informasi lebih lanjut mengenai pengertian masing-masing kompetensi dapat dilihat pada artikel ini.

Opsi 1 - in your face di box kuning111.png

2. Sebelum mulai mengerjakan kompetensi, Anda akan diminta untuk mengecek Data Diri. 

Perlu diketahui!

  • Apabila Nama, Satuan pendidikan, & NIP terdapat pembaruan atau ketidaksesuaian, Anda bisa menghubungi Operator Sekolah untuk memperbarui data melalui Dapodik.
  • Pastikan Pendidik dengan status PNS (termasuk CPNS, PPPK, PNS diperbantukan) telah memilih Jenjang Jabatan yang sesuai sebelum melakukan Refleksi Kompetensi, karena hal ini akan berdampak pada hasil refleksi di setiap kompetensi.
  • Pastikan Pendidik dengan status Non PNS telah memilih Tahun Mengajar yang sesuai sebelum melakukan pengisian Refleksi Kompetensi, karena hal ini akan berdampak pada hasil refleksi di setiap kompetensi.

3. Jika data diri Anda sudah sesuai, silakan klik 'Data sudah benar'. Namun, jika data diri Anda tidak sesuai, Anda bisa klik 'Edit'. Pengeditan data diri hanya dapat dilakukan untuk mengubah Jenjang Jabatan. Pilih Jenjang Jabatan yang sesuai, kemudian klik 'Simpan'.

Bagi Guru Non-PNS yang menemukan bahwa Tahun Ajaran yang ditampilkan tidak sesuai, silakan klik 'Edit'. Perubahan data diri hanya dapat dilakukan untuk mengubah Tahun Ajaran. Pilih Tahun Ajaran yang sesuai, lalu klik 'Simpan'.

 

4. Anda dapat klik ‘Mulai’ untuk melakukan Asesmen secara mandiri berdasarkan kompetensi yang sudah dipilih.

Panduan Asesmen - Pedagogik.png

5. Silakan jawab seluruh pertanyaan Asesmen. Sehingga, Asesmen dapat sukses dikumpulkan. Klik 'Selanjutnya' untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Perlu diketahui!

Asesmen yang dikerjakan tidak ada jawaban benar maupun salah, namun Anda dapat menjawab seluruh asesmen dengan sebanar - benarnya agar Anda dapat memperoleh cerminan diri yang bermanfaat untuk pengembangan diri Anda sebagai pendidik dan dapat lebih memahami praktik mengajar Anda sendiri.

Cara Penggunaan - Part 6. Blur.jpg

6. Anda dapat berhenti sejenak dalam mengerjakan soal refleksi dan kembali mengerjakannya di lain waktu. Jangan lupa untuk klik 'Simpan draft' di kanan atas halaman Refleksi Kompetensi agar jawaban yang sudah Anda pilih tersimpan di dalam sistem.

Cara Penggunaan - Part 7. Blur.jpg

7. Selanjutnya, akan muncul tampilan halaman pertanyaan konfirmasi Asesmen yang sedang dikerjakan. Jika Anda ingin keluar dahulu, Anda bisa klik 'Simpan dan keluar'. Namun, jika Anda ingin tetap melanjutkan untuk menjawab soal Asesmen, Anda bisa klik 'Kembali'.

pop up save draft.png

8. Jika Anda ingin melanjutkan Refleksi yang sebelumnya sudah Anda kerjakan, Anda bisa membuka kembali halaman kompetensi dan memilih kompetensi yang sudah Anda kerjakan sebelumnya, misalnya, 'Kepribadian'.

11111.png

9. Jika Anda sudah menjawab seluruh soal Refleksi, Anda bisa klik 'Selanjutnya'.

10. Kemudian akan muncul tampilan halaman pertanyaan konfirmasi seputar jawaban yang Anda sudah kerjakan. Jika Anda yakin dengan jawaban yang sudah dikerjakan, Anda bisa klik 'Kumpulkan'

 

Perlu diketahui!

Jawaban yang sudah dikumpulkan tidak dapat dilakukan perbaikan kembali sehingga Anda bisa melakukan pengecekan kembali jawaban yang sudah Anda kerjakan sebelum dikumpulkan, Anda bisa klik 'Cek Ulang'.

11. Jika Anda sudah berhasil mengumpulkan jawaban Kompetensi, maka akan muncul notifikasi seperti tampilan di bawah ini, dan Anda bisa mengerjakan Refleksi Kompetensi lainnya.

pop up berhasil dikumpulkan.png

12. Hasil Refleksi yang sudah Anda kerjakan akan muncul di halaman Beranda Refleksi Kompetensi pada perangkat Anda. Informasi lengkap mengenai cara melihat hasil refleksi dapat dilihat pada artikel Cara Melihat Hasil Refleksi Kompetensi

0. Main page (1).png

 

Tanya Jawab Seputar Cara Mengisi Refleksi Kompetensi

Apakah saya dapat memperbaiki hasil refleksi kompetensi?

Jika Anda telah mengumpulkan jawaban dan mendapatkan rekomendasi belajar, Anda tidak dapat memperbaiki hasil refleksi kompetensi. Namun jangan khawatir, Anda dapat meningkatkan hasil refleksi kompetensi dengan mempelajari rekomendasi belajar yang diberikan dan mengikuti refleksi kompetensi di periode selanjutnya.

Sebelumnya
Selanjutnya
21276786489497

Komentar

8 comments

  • Buyung Budiaman

    Ijin bertanya min kapan ini dimulai

    0
  • Pusat Informasi - Ismi

    Selamat Pagi Bpk. Buyung Budiaman

    Kami infokan Refleksi Kompetensi masih dalam tahap uji coba yang dilaksanakan pada tanggal 25-30 September 2023. Peserta yang dapat mengikuti tahap Uji Coba Refleksi Kompetensi adalah peserta PPG (Pendidikan Profesi Guru) dalam jabatan tahun 2023 dan guru PNS yang bukan merupakan kepala sekolah.. Anda dapat melihat Daftar Peserta Tahan Uji Coba disini. Informasi lebih lanjut mengenai Refleksi Kompetensi dapat ditemukan dalam artikel ini

    Terima kasih. 

    -1
  • Sumedi wiryawan

    Apakah yang sudah selesai dikerjakan/diisi, bisa dibuka kembali untuk dilakukan perbaikan? terima kasih.

    2
  • Pusat Informasi - Ismi

    Selamat Siang Bpk. Sumedi wiryawan

    Kami dapat infokan untuk kompetensi yang sudah dikumpulkan  dan mendapatkan rekomendasi belajar, Anda tidak dapat memperbaiki hasil refleksi kompetensi. Namun jangan khawatir, Anda dapat meningkatkan hasil refleksi kompetensi dengan mempelajari rekomendasi belajar yang diberikan dan mengikuti refleksi kompetensi di periode selanjutnya.

    Terima kasih. 

    0
  • elin

    bagai mana cara mengedit jenjang jabatan yang sudah terlanjur disimpan?????

     

    0
  • Kartika Suluh Pertiwi

    Izin bertanya, Admin. Jika kita salah memilih jenjang jabatan kita saat mengisi Refleksi Kompetensi dan telah selesai mengerjakan semua Refleksi, apakah bisa diganti jenjang jabatan tersebut?

    0
  • Sitinordinati47

    P3k dari Kotawaringin Timur Kalteng kok ngak bisa mbuka fitur rafleksi kompetensi ya?

    0
  • Deitasmallina Musa

    Refleksi kompetensi sangat membantu untuk melakukan evaluasi diri, dan ternyata memang masih sangat banyak yang perlu dipahami dan ditingkatkan

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk