Seleksi Kepala Sekolah saat ini terbuka untuk guru yang sudah mengikuti diklat CKS atau Guru Penggerak. Proses seleksi Kepala Sekolah akan dilakukan di platform Merdeka Mengajar. 

Berikut merupakan kriteria Wajib untuk dapat mengikuti seleksi Kepala Sekolah:

  1. Memiliki kualifikasi akademik paling rendah S1 atau D4
  2. Memiliki sertifikat pendidik
  3. Memiliki sertifikat pelatihan CKS atau sertifikat GP
  4. Memiliki pangkat paling rendah penata muda tingkat I dan golongan ruang III/b bagi Guru yang berstatus PNS
  5. Memiliki jenjang jabatan paling rendah Guru ahli pertama 
  6. Berusia kurang dari 56 tahun 

 

Perlu diketahui!

Seleksi Kepala Sekolah hanya dapat diikuti oleh guru yang mendapatkan undangan resmi dari dinas yang berisi tawaran untuk mengikuti seleksi.

 

Anda dapat melakukan pengecekan kualifikasi Anda sudah sesuai atau tidak untuk seleksi Kepala Sekolah di platform Merdeka Mengajar dengan cara berikut: 

1. Klik Seleksi Kepala Sekolah pada bagian Pengembangan Diri di Beranda platform Merdeka Mengajar

Seleksi kepala sekolah.png

2. Klik tombol Cek Sekarang di kolom Cek Kualifikasi Anda? pada bagian paling bawah halaman Seleksi Kepala Sekolah seperti gambar di bawah.

2_Cek_Sekarang.png

3. Anda dapat mengecek data diri pada halaman Kualifikasi Anda. Data diri yang dapat Anda periksa kembali meliputi Identitas, Sertifikasi, Kualifikasi & Kepegawaian, Penugasan Saat Ini, dan Kontak. Jika terdapat data yang tidak sesuai atau salah Anda dapat menghubungi operator Dapodik untuk memperbarui data. 

Jika Anda memenuhi kriteria untuk mengikuti seleksi kepala sekolah maka Anda akan mendapatkan tampilan seperti gambar berikut ini: 

3.jpg

Jika Anda tidak memenuhi kriteria untuk mengikuti seleksi kepala sekolah maka Anda akan mendapatkan tampilan seperti gambar berikut ini: 

4.jpg

 

Catatan:

  1. Jika data sudah diperbarui operator dinas atau dapodik, data akan otomatis berubah di platform Merdeka Mengajar dalam 1-2 hari. Jika data belum berubah, kembali cek ke operator dinas atau dapodik.
  2. Jika data yang ditampilkan saat pengecekan kualifikasi tidak sesuai, maka silakan klik tombol "Pusat Bantuan" yang ada di kanan bawah halaman ini dengan menyertakan informasi berikut:
    • Lampirkan bukti screenshot/tangkapan layar halaman Profil Anda di platform Merdeka Mengajar
    • Lampirkan bukti screenshot/tangkapan layar halaman Dapodik milik Anda dan bukti lainnya yang mendukung.
    • Selanjutnya tim kami akan menginvestigasi kesesuaian data Anda. Silakan menunggu balasan kami melalui email.

 

Sebelumnya
Selanjutnya
18568392096153

Komentar

37 comments

  • Iwanhermansyah13

    Bismillah, Informasi yang disampaikan sangat jelas, terima kasih atas segala informasinya 

    0
  • Karyoto, S.Pd.

    mohon ijin saya sudah lulus PGP angkatan 5

    sudah S1 Tahun 2011

    sudah punya serdik PPG tahun 2014

    sudah pns tahun 2015

    golongan 3b

    tapi kenapa saya belum memenuhi kriteria di bagian kualifikasi dan kepegawaian

    mohon pencerahannya

    0
  • Pusat Informasi - Ismi

    Selamat Pagi Bpk Karyoto, S.Pd.

    Anda bisa melakukan penegcekan kembali pada halaman Kualifikasi Anda pada menu Kualifikasi dan kepegawaian.Apabila masih mengalami kendala, Anda bisa mengikuti panduan berikut :

    1. Hapus riwayat internet browser / Aplikasi PMM Anda
    2. Lakukan Login kembali ke platform Merdeka Mengajar

    Apabila masih mengalami kendala, Anda bisa hubungi Pusat Bantuan pada kanan bawah halaman.disertai dengan Screenshot halaman yang mengalami Kendala.

    Terima kasih  

    0
  • Asep Saepudin

    Salam... Bapak mau bertanya, apakah proses undangan BCKP harus menunggu dulu dari kebijakan Didsik setempat, atau akan ada dari pusat informasi serentak dalam prosesnya. Terima kasih.

    0
  • Karyoto, S.Pd.

    Sudah saya hapus riwayat Bowser akan tetapi masih merah di Kualifikasi Akademik.. secara logika Guru sekarang kan wajib S1, Guru bersertifikasi juga S1, Guru Penggerak juga wajib S1.Di Dapodik juga sudah S1. sudah menikmati sertifikasi hampir 10tahun.  tapi di data kualifikasi belum S1,, 

    1
  • Pusat Informasi - Ismi

    Pagi Bpk Asep Saepudin

    Kami infokan bahwa proses undangan BCKS dilakukan dengan waktu yang berbeda di setiap daerah sesuai kebutuhan dari Dinas. Undangan Seleksi Kepala Sekolah akan dikirimkan kepada BCKS yang memenuhi kualifikasi.

    Terima kasih. 

    0
  • Selamat siang Bapak Karyoto, S.Pd.,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #1162940, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • Edwin Suryadi Fajar Islam, S.S., M.Pd.

    Kasus yang sama menimpa saya, di kualifikasi akademik saya tercatat tidak ada pendidikan formal terakhir. Padahal saya sudah S2 dan terdata di Dapodik. Saya sudah menghapus history browser cookies dan login ulang akan tetapi tetap muncul data yang sama alias kualifikasi akademik saya tidak ada. Saya juga sudah menghubungi pihak operator sekolah dan di aplikasi dapodik kualifikasi akademik saya sudah lengkap sampai S2. Saya juga sudah menghubungi pihak pusat bantuan akan tetapi tidak memberikan solusi berarti mohon bug ini diperbaiki

    1
  • Pusat Informasi - Ismi

    Halo Bapak Edwin Suryadi Fajar Islam, S.S., M.Pd.

    Terima kasih atas masukannya. Saat ini tim kami sedang melakukan pengecekan kembali data kualifikasi akademik calon kepala sekolah. Mohon menunggu informasi selanjutnya melalui email Anda. Terima kasih!

    Salam hangat dan sukses selalu untuk Anda!

    0
  • Baik, terima kasih. Kami tunggu update dan kabar baiknya.

    1
  • Ayi Khodijah

    Salam...mohon izin bertanya saya sudah lulus PGP angkatan 3 kualifikasi S1 sudah sertifikasi pangkat IIIb. Tapi saya belum memenuhi syarat karena nomor sertifikasi tidak ada dan pangkat saya masih IIIa. Padahal didapodik operator sekolah sudah benar dapodik dinas juga sudah benar. Dan saya juga sudah mencoba menghapus history browser dan masuk lagi namun masih tetap. Mohon bantuannya terimakasih.

    1
  • Sama bu Ayi saya juga mengalami kendala tsb.. Di dapodik sudah benar

    0
  • Ayi Khodijah

    Semoga ada solusi secepatnya ya pa Edwin dikarenakan kami dengar September ini ada seleksi untuk daerah kami. Semoga kita tidak dirugikan

    0
  • Pusat Informasi - Ismi

    Halo Ibu Ayi Khodijah

    Mohon maaf atas hal yang Anda alami. Kendala ini sudah kami sampaikan ke tim terkait dan sedang dalam perbaikan. Mohon menunggu informasi selanjutnya melalui email. Terima kasih atas kesabarannya.

    Salam hangat dan sukses selalu untuk Anda!

    0
  • Ayi Khodijah

    Terimakasih admin telah membantu.

    0
  • Dewa Putu Mahardika

    saya Melihat seleksi kepala sekolah kog sering Trouble ya, kadang bsa dilihat, kadang nggak bsa dilihat

    contoh semisal Hari ini saya bsa melihat kualifikasi persyaratan seleksi kepala sekolah, kmdn beberapa Hari kmdn saya tdk bsa melihatnya Lagi, mohon solusinya Dan apakah aplikasi PMM utk cek kualifikasi persyaratan seleksi kepala sekolah lagi Down / error nggih?

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Desi)

    Selamat siang Bapak dewaputumahardika,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #1204357, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • Ibnu Dwi Kustadiyono

    Mohon informasi sehubungan dengan seleksi kepala sekolah sebelumnya saya sudah cek dan dinyatakan memenuhi kriteria dengan tanda hijau, setelah satu minggu saya buka kembali dinyatakan anda belum memenuhi kriteria yang dinyataka di bagian kepangkatan bertanda merah (minimal 3b) padahal pangkat saya saat ini 4b dan periode 1 oktober 2023 sudah ada kenaikan pangkat ke 4c bagaimana solusinya supaya terpunhi kembali sebagai calon yang bisa diselksi menjadi kepala sekolah .. dan saya juga sudah lulus menjadi guru penggerak angkatan 6

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Nisa)

    Selamat Sore Bapak Ibnu Dwi Kustadiyono,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #1206593, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • Ibnu Dwi Kustadiyono

    Terima kasih sebelumnya telah membantu dalam update status, dan kemarin sudah terupdate memenuhi syarat, sekarang sabtu 16 September 2023 pagi berubah lagi menjadi tidak memenuhi syarat, apakah sistemnya memang lagi perbaikan kok selalu berubah ubah dan tidak stabil

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Desi)

    Selamat pagi Bapak Ibnu Dwi Kustadiyono,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #1214486, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • Miftahul Muin

    Bapak Karyoto, S.Pd., bapak Edwin Suryadi Fajar Islam, S.S., M.Pd., Ibu Ayi Khodijah, Bapak Dewa Putu Mahardika dan Bapak Ibnu Dwi Kustadiyono apakah status kualifikasi seleksi kepala sekolah di PMM masih terkendala atau tidak stabil (kadang muncul, kadang hilang statusnya)?

    0
  • Ibnu Dwi Kustadiyono

    Ya , masih belum stabil hari ini kamis 28 september 2023 kembali dalam keadaan merah dan terbilang belum memenuhi kriteria....padahal kemarin sudah bagus :

    0
  • Ibnu Dwi Kustadiyono

    0
  • Ibnu Dwi Kustadiyono

    pangkat kembali IIIb merah padahal sudah saya kirim komplit data dapodik kemarin pangkat IVb

     

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Nisa)

    Selamat Sore Bapak Ibnu Dwi Kustadiyono,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #1258935, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • Helpdesk Merdeka Mengajar (Nisa)

    Selamat Sore Bapak Miftahul Muin,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor  #1258936,silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    0
  • Sri Ratna Dewi

    Salam BPK/Ibu Helpdesk.
    Mohon solusinya pada fitur Seleksi Kepala Sekolah. Data pada Cek kualifikasi Persyaratan belum memenuhi kriteria. Pada data kualifikasi dan kepegawaian. Pangkat/golongan tidak muncul di fitur teesebut. Dan status menjadi belum memenuhi kriteria. Didapodik data golongan sudah III d. Mohon solusinya BPK/Ibu Helpdesk. Terima kasih

    0
  • Sri Ratna Dewi

    Pangkat dan Golongan kembali lagi belum memenuhi kriteria

    0
  • Ibnu Dwi Kustadiyono

    saya sudah kembali lagi hijau setelah kirim profil di dapodik data kita

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk