Pengguna Akun belajar.id akan mengalami proses pemutakhiran akun yang menyebabkan nama akun atau domain Akun belajar.id Anda berubah sesuai data di Dapodik. Proses pemutakhiran akun pendidik bisa terjadi karena dua hal berikut:
- Perubahan dari guru menjadi admin, atau dari admin menjadi guru
Jika Anda mengalami perubahan ini, maka Akun belajar.id Anda akan otomatis berganti menjadi Akun belajar.id yang baru. Data dan riwayat penggunaan platform Merdeka Mengajar Anda di akun lama akan masuk ke akun baru, namun Anda sudah tidak dapat mengakses platform Merdeka Mengajar menggunakan akun lama.
- Perubahan jenjang guru (misalnya dari SD ke SMP)
Jika Anda mengalami perubahan ini, maka sistem kami akan memindahkan data dan riwayat penggunaan platform Merdeka Mengajar Anda di Akun belajar.id yang lama ke yang baru. Sehingga, nama Akun belajar.id Anda yang lama masih akan terlihat di profil Anda walaupun Anda login ke platform Merdeka Mengajar menggunakan akun baru, sampai akun lama Anda dihapus dari sistem.
Hal-Hal yang Dapat Anda Lakukan Jika Mengalami Kendala Akibat Pemutakhiran Akun belajar.id
Perlu kami sampaikan bahwa saat ini sedang terjadi kendala pada proses pemutakhiran Akun belajar.id yang berimplikasi pada hal-hal berikut:
1. Akun belajar.id yang terbaca di PMM masih akun lama walau sudah login menggunakan akun baru
Anda tidak perlu khawatir karena tidak akan mempengaruhi penggunaan platform Merdeka Mengajar. Namun, jika Anda ingin menggunakan Akun belajar.id yang baru dan ingin menyesuaikan tampilan profil dengan akun baru Anda, silakan klik tombol Pusat Bantuan di kanan bawah halaman ini dengan menyertakan informasi berikut:
- Apakah Anda masih bisa mengakses dan menggunakan Akun belajar.id yang lama?
- Silakan tuliskan nama Akun belajar.id Anda yang lama dan yang baru.
- Memberikan tangkapan layar tampilan Akun belajar.id Anda sebagai data pendukung.
Informasi tersebut diperlukan untuk memastikan bahwa Akun belajar.id Anda yang lama sudah tidak digunakan lagi. Sebab, sistem kami akan memindahkan data dan riwayat penggunaan platform Merdeka Mengajar Anda dari akun lama ke akun baru dan akses ke platform Medeka Mengajar dengan Akun belajar.id yang lama akan dihapus.
2. Data dan riwayat penggunaan platform Merdeka Mengajar hilang, seperti data di Pelatihan Mandiri, Bukti Karya, atau Komunitas
Jika Anda mengalami hal tersebut, harap informasikan hal-hal berikut:
- Apakah Anda masih bisa mengakses dan menggunakan Akun belajar.id yang lama?
- Apakah riwayat atau aktivitas pada akun lama sudah sesuai atau terintegrasikan ke Akun belajar.id yang baru?
- Silakan tuliskan nama Akun belajar.id Anda yang lama dan yang baru.
- Jelaskan data apa yang hilang.
- Memberikan tangkapan layar tampilan Akun belajar.id Anda sebagai data pendukung.
Informasi di atas diperlukan untuk memastikan bahwa Akun belajar.id Anda yang lama sudah tidak digunakan lagi. Sebab, untuk melakukan pemindahan data dan riwayat penggunaan platform Merdeka Mengajar dari akun lama ke akun baru, akses ke platform Medeka Mengajar dengan Akun belajar.id yang lama akan dihapus.
Selain itu, perlu diketahui juga bahwa apabila Anda ingin memindahkan riwayat penggunaan platform Merdeka Mengajar Anda dari akun lama ke akun baru, maka aktivitas yang Anda lakukan menggunakan akun baru akan hilang.
Komentar
30 comments
Kendala dalm pendaftran ikm
Mohon bantuan untuk kendala pendaftran ikm
Kendala dalm pendaftran ikm
cara daftar di IKM
Mohon bantuan ada kendala tidak bisa daftar IKM. Begitu masukkan email dan pasword langsung kembali ke 4 pilihan jika kita klik akunKS kembali isi email, pasword dst.
Mohon bantuan admin, di Sinar Baik Kemendikbudristek akun lama (mujiharnani66@guru.sd.belajar.id) saya sudah terdaftar jadi Nara Sumber Gelombang 2 bahkan sudah Lolos Kurasi Bukti Karya di PMM tapi ketika saya masuk di Sinar Baik Kemendikbudristek dengan akun baru (mujharnani66@admin.sd.belajar.id) belum terdaftar. Bagaimana solusinya?
Saya sudah kerjakan aksi nyata diplafon merdeka mengajar menggunakan imel yusmaini551@guru.sd.belajar.id tiba tiba riwaya plafon merdeka mengajar yg saya donlod berubah ke akun yusmaini. 488@guru.sd.belajar.id, bagaimana caranya biar saya bisa masuk ke akun saya lagi yusmaini 551@guru.sd.belajar.id karna setiap login akun yusmaini 551@guru.sd.belajar.id tapi keluar di PMM Akun yusmani.488@guru.sd.belajar.id
TOLONG SOLUSINYA,,
Saya sudah kerjakan aksi nyata diplafon merdeka mengajar menggunakan imel yusmaini551@guru.sd.belajar.id tiba tiba riwaya plafon merdeka mengajar yg saya donlod berubah ke akun yusmaini. 488@guru.sd.belajar.id, bagaimana caranya biar saya bisa masuk ke akun saya lagi yusmaini 551@guru.sd.belajar.id karna setiap login akun yusmaini 551@guru.sd.belajar.id tapi keluar di PMM Akun yusmani.488@guru.sd.belajar.id
TOLONG SOLUSINYA,,
Sama bu saya juga seperti ibu kendalanya sekarang, apakah ibu sudah beres kendalanya bu sekarang?
akun saya juga memiliki masalah yang sama, tiba-tiba progress saya hilang semua, termasuk komunitas yang saya kelola, tolong diperbaiki masalah tersebut
PMM bila di buka di laptop tidak terbuka selalu password salah, apa kendalanya?
Akun saya bermasalah juga karena perubahan jenjang, dari smk ke sma, namun yang anehnya akun saya untik mengakses modul baru yaitu kinerja malah masuk ke akun lama,,, sedangkan saya sudah tidak aktif dijenjang smk,,, malah kinerja masuk kesitu.... Dan sudah 2 tahun pula pindah Jenning. Akun ini yang saya gunakan tidak bisa membuat perencanaan kinerja di pmm
Mohon bantuan saya tidak bisa akses penilaian kinerja
Mohon bantuan; riwayat pengerjaan saya di PMM lama hilang setelah reset password lama ke password yg baru. Yang hilang itu; riwayat pelatihan mandiri dan sertifikat. Terimakasih
Saya mengajukan perubahan akun karena sekarang sudah bertugas di sekolah yang baru...
Belajar sepanjang hayat
Belajar dengan giat
Bapak ibu,,
Apakah sudah ada solusi terkait email yang tiba-tiba berubah? Padahal tidak melakukan perubahan?
Mohon bantuan saya tidak bisa akses penilaian kinerja di PMM
Bagaimana cara cek telah disetujui oleh kepala sekolah tentang kelanjutan pengisian PMM
Assllammullaikum admin, saya pemilik akun ID belajar SD maryudi.80@guru.sd.belajar.id sedangan akun belajar ini tidak bisa login kmarin sudah slesai klik e kinerja dan berhasil smpai distujui kepal sekolah hari ini mau buka terbaca di akun SMP pdahal saya sudah mutasi. dan akun id beljar SMP tidak saya gunakan lagi. maryudi07@guru.smp.belajar.id tidak saya gunkan lagi krena saya sudah mutasi ke SD. saya menggunakan id belajar maryudi.80@guru.sd.belajar.id terimaksih admin mohon bantuannya.
Belajar menggunakan plat form belajar sangat memudahkan bapak ibu guru d satuan pendidik
saya Tri Puji Setiawan akun pmm saya tiba tiba berubah yang benar tri425@guru.sd.belajar.id trus berubah ke akun orang yang namanya khoirudinadi52@admin.kesetaraan.belajar.id
foto data akun yang tidak sesuai
mohon bantunya terimakasih
1. Bukti dukung kinerja di PMM, bila Saya ungguh selalu gagal, mengapa...?
2. Mohon solusi karena Sy udah mutasi tempat kerja pada tgl 12 Februari 2024 dari SDN 076718 HANOFA Pindah ke SDN 078463 FAONDRATO.
Terima kasih atas kerja samanya
Terima kasih atas kunjungan nya antongobai871@guru.smk.belajar.id
antongobai87@guru.smk.belajar.id
Akun PMM saya berubah menjadi kosong
apa karena saya mutasi / pindah ke sekolah yang baru ya ?
Terimakasih🙏🙏🙏🙏
Assalamualaikum wr.wb
Saya Yayuk Sulistiani, sebelumnya saya adalah guru di SMPN 1 Tosari dan telah diterima PPPK di UPT Satuan Pendidikan SDN Sedaeng I Tosari, email akun belajar.id saya masih guru SMP sehingga saya tidak bisa mengerjakan Kinerja dan RHK, mohon untuk mengubah email akun belajar Id saya agar berubah menjadi guru SD dan bisa masuk di SDN Sedaeng I
Wassalamualaikum wr.wb
Terima kasih atas kerjasamanya Amin
Please sign in to leave a comment.