Pelatihan Mandiri adalah fitur yang memuat berbagai topik pelatihan untuk meningkatkan kompetensi Anda sebagai pendidik. Topik Pelatihan Mandiri yang muncul di platform Merdeka Mengajar akan menyesuaikan dengan jenjang pada Akun belajar.id Anda. Misalnya Anda adalah pemilik Akun belajar.id dengan jenjang SMP (namaakun@guru.smp.belajar.id), maka Anda akan mendapat topik "Perencanaan Pembelajaran" atau "Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila" dengan jenjang SMP/Paket B. 

Bagaimana jika saya mengalami perpindahan jenjang sehingga domain Akun belajar.id saya berubah?

Topik Pelatihan Mandiri akan otomatis menyesuaikan dengan Akun belajar.id Anda. Selain itu, riwayat Pelatihan Mandiri yang sebelumnya sudah dikerjakan menggunakan Akun belajar.id yang lama, akan otomatis diimplementasikan ke Akun belajar.id yang baru. 

Informasi lebih lanjut mengenai proses pemutakhiran Akun belajar.id dapat dilihat di sini

Mengapa riwayat Pelatihan Mandiri saya hilang setelah login menggunakan Akun belajar.id yang baru (karena mengalami perpindahan jenjang dan/atau perubahan peran pada proses pemutakhiran Akun belajar.id)?

Jika Anda mengalami hal tersebut, silakan menunggu selama 7 hari kerja agar sistem dapat melakukan pemutakhiran secara normal. Namun, apabila setelah 7 hari, riwayat Pelatihan Mandiri Anda masih belum terintegrasi ke akun baru, silakan klik tombol Pusat Bantuan di bagian kanan bawah halaman ini, dengan ketentuan berikut:

  • Kategori Kendala: Pelatihan Mandiri 
  • Detail Kategori: Pemindahan riwayat Pelatihan Mandiri dari Akun belajar.id lama ke Akun belajar.id baru
  • Detail Pertanyaan: Harap menyertakan informasi berikut:
    1. Apakah Anda masih bisa mengakses dan menggunakan Akun belajar.id lama Anda?
    2. Apakah riwayat atau aktivitas pada akun lama sudah sesuai atau terintegrasikan ke Akun belajar.id yang baru? 
    3. Silakan tuliskan nama Akun belajar.id Anda yang lama dan yang baru.
    4. Memberikan tangkapan layar tampilan Akun belajar.id Anda sebagai data pendukung.

Informasi di atas diperlukan untuk memastikan bahwa Akun belajar.id Anda yang lama sudah tidak digunakan lagi. Sebab, untuk melakukan pemindahan riwayat Pelatihan Mandiri dari akun lama ke akun baru, akses ke platform Medeka Mengajar dengan Akun belajar.id yang lama akan dihapus.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa apabila Anda ingin memindahkan riwayat Pelatihan Mandiri Anda dari akun lama ke akun baru, maka topik Pelatihan Mandiri yang sudah sempat dikerjakan menggunakan akun baru akan hilang.

Sebelumnya
Selanjutnya
15748831150745

Komentar

14 comments

  • Epi Rahayu

    selamat malam.. mohon maaf admin saya mau tanya bagaimana sampai saat ini riwayat oengerjaan PMM saya belum kembali seperti semula yg dulu mengerjakan pake akun lama

    -1
  • LOPY HULU, S.Pd.

    Terimakasih kembali🙏🏻🙏🏻

    -1
  • Selamat sore Ibu Epi Rahayu,


    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor #784333, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    1
  • Lilik Masrukhah

    Apakah Anda masih bisa mengakses dan menggunakan Akun belajar.id lama Anda? Bisa

    Apakah riwayat atau aktivitas pada akun lama sudah sesuai atau terintegrasikan ke Akun belajar.id yang baru? Belum

    Akun belajar.id lama : lilikmasrukhah44@guru.smp.belajar.id
    Akun belajar.id baru : lilikmasrukhah44@admin.smp.belajar.id

    Hingga saat ini capaian aktivitas (belajar mandiri, bukti karya dll) blm terdokumen di akun baru.

    -1
  • Garry Wolf Wauran

    Mohon solusinya

    Karena ada perpindahan jenjang dari SMP ke SMK, data riwayat pelatihan mandiri saya tidak otomatis tersinkronisasi dengan akun id belajar yang baru.

    Id belajar lama :
    garrywauran101@guru.smp.belajar.id

    Id belajar baru :
    garrywauran101@guru.smk.belajar.id

    Terima Kasih ...

    2
  • Selamat siang Bapak Garry Wolf Wauran,

    Pertanyaan Anda telah kami jawab melalui tiket dengan nomor  #1047818, silakan lakukan pengecekan pada email Anda. Terima kasih

    1
  • Anggilona Zatadini

    SELAMAT SIANG

    Mohon solusi untuk kesalahan penulisan sertifikat dengan kesalahan pada penulisan NIP. Sertifikat sudah terlanjur keluar.

    0
  • Uyun Faristin

    Selamat malam

    Ijin bertanya, akun belajar.id saya tiba-tiba berubah tanpa ada notifikasi. Akunnya tetap guru bukan admin. Dan data sertifikat/pelatihan mandiri yang sudah saya kerjakan dengan akun yang lama hilang semua. Padahal sudah mendapat 35 sertifikat. Dan saya juga tidak berpindah jenjang, hanya mutasi dengan jenjang yang sama.

    Kira-kira data yang dari akun lama bisa dipindah ke akun yang baru atau tidak?
    Atau kalau bisa akun yang baru dihapus saja, dan saya tetap memakai akun yang lama.

    1
  • Winda Rani

    Selamat malam

    Ijin bertanya, akun belajar.id saya tiba-tiba berubah tanpa ada notifikasi. Akunnya tetap guru bukan admin. Dan data sertifikat/pelatihan mandiri yang sudah saya kerjakan dengan akun yang lama hilang semua. Padahal sudah mendapat  sertifikat. Dan saya juga tidak berpindah jenjang.

    Kira-kira data yang dari akun lama bisa dipindah ke akun yang baru atau tidak?
    Atau kalau bisa akun yang baru dihapus saja, dan saya tetap memakai akun yang lama.

    informasi

    1. saya masih bisa akses PMM dengan akun lama
    2. data PMM saya di akun baru kosong
    3. akun baru : windarani09@guru.sd.belajar.id akun baru winda.rani4@guru.sd.belajar.id (hapus saja akun baru dan kembalikan progres PMM seperti yg sudah saya kerjakan) 
    1
  • YEREMIAS KAPISTRANOS JE

    Selamat pagi. Mohon ijin
    Nama saya : Yeremias Kapistranos Je
    NPSN. : 50308816
    Sekolah. : SDN Moncok
    No HP. : 085339379216
    saya mau bertanya tentang kendala yg saya alami dalam aplikasi PMM. Akun id belajar saya tiba tiba berubah. Muncul akun belajar id baru SEMENTARA akun id belajar lama masih bisa login dan dinyatakan aktif . Dan data riwayat pelatihan mandiri termasuk aksi nyata yang saya sudah kerjakan semuanya hilang. Saya guru PPPK yang baru mutasi dari SDI Lawir ke SDN Moncok dengan status guru kelas TAPI tidak pindah jenjang.
    1. Ini akun belajar ID saya yang masih aktif dan masih bisa login : yeremiasje74@guru.sd.belajar.id
    2. Akun belajar ID baru: yeremias.kapistranos24@guru.sd.belajar.id
    ( akun ini tiba-tiba muncul di profil aku PMM yg saya miliki dan akun ini tidak terdata aktif setelah dicek PADA lama belajar id.) Mohon data saya kembalikan kepada akun belajar id yang lama sehingga riwayat pelatihan dan aksi nyata yang lama sudah saya kerjakan tidak hilang. Terima kasih

    1
  • Sri Wahyuni

    Assalamualaikum...

    Selamat siang. Mohon ijin
    Nama saya : Sri Wahyuni
    NPSN. : 10100498
    Sekolah. : SDN 7 Trienggadeng
    No HP. : 08111268687
    saya mau bertanya tentang kendala yg saya alami dalam aplikasi PMM. Akun id belajar saya tiba tiba berubah. Muncul akun belajar id baru SEMENTARA akun id belajar lama masih bisa login dan dinyatakan aktif . Dan data riwayat pelatihan mandiri termasuk aksi nyata yang saya sudah kerjakan semuanya hilang. Saya guru PPPK baru menerima SK pada tahun 2023 dan masih di Sekolah Induk tidak pindah sekolah dengan status guru kelas tidak pindah jenjang.
    1. Ini akun belajar ID saya yang masih aktif dan masih bisa login : sriwahyuni842@guru.sd.belajar.id
    2. Akun belajar ID baru: sri.wahyuni11082@guru.sd.belajar.id
    ( akun ini tiba-tiba muncul di profil aku PMM yg saya miliki dan akun ini tidak terdata aktif setelah dicek PADA lama belajar id.) Mohon data saya kembalikan kepada akun belajar id yang lama sehingga riwayat pelatihan dan aksi nyata yang lama sudah saya kerjakan tidak hilang. Terima kasih

    1
  • Eny Santi

    Assalamualaikum.

    Yang terhormat tim validasi, ini yang ketiga kalinya saya mengajukan klaim atas aksi nyata yang telah saya lakukan yang sudah ditelaah tapi belum terbit sertifikatnya.

    Ada 2 aksi nyata yang telah saya kirim dan sudah ditelaah namun sertifikat belum ada.
    Terakhir saya diminta mengirimkan link aksi nyata yang sudah ditelaah melalui email yang dikirimkan ke saya tapi tidak ada balasan, dan tulisan sertifikat dalam proses pada PMM di akun saya tidak berubah sampai sekarang, padahal aksi nyata ini saya kirim di PMM di bulan September 2023. Yang saya tanyakan berapa lama sertifikat itu diproses sampai bisa terbit sertifikatnya? Padahal sudah tiga kali terbit sertifikat sejak saya mengajukan klaim.

    Saya membutuhkan sertifikat ini, untuk mencukupkan poin pada Ekinerja di PMM.

    Di sini saya sertakan link aksi nyata yang sudah ditelaah dan belum terbit sertifikatnya.

    1. https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/aksi-nyata/3456641?topik_name=&topik_id=84

    Wawasan Kebhinekaan Global (SMP) {Kemitraan dengan PUSPEKA}

    2. https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/aksi-nyata/4783434?topik_name=&topik_id=88

    Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis (Kemitraan dengan HP Indonesia)

    Mohon solusinya Bapak/Ibu tim validasi.

    1
  • Eny Widiningsih

    Pertanyaan 1 : Bagaimana cara membetulkan data di sertifikat PMM yang sudah diperoleh ?(Ada data yang keliru)

    Pertanyaan 2 : Mengapa Validasi di PMM lama sekali ? 

     

    2
  • wheni setyowati

    Assalamu'alaikum

    Nama : Wheni Setyowati

    Unor : SMKN 1 Bontang

    Saya kirim aksi nyata satu bulan lalu kapan divalidasi?

     

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk