Perlu diketahui, platform Merdeka Mengajar tersedia di Google Play Store dan dapat diinstal/diunduh pada perangkat Android minimal versi 5 (Lollipop) ke atas. Bagi Anda yang tidak memiliki perangkat Android (misalnya hanya memiliki perangkat iOS), maka dapat mengakses platform Merdeka Mengajar melalui web browser di laptop atau ponsel pintar Anda dengan alamat https://guru.kemdikbud.go.id/.

Berikut ini cara mengunduh/menginstal aplikasi Merdeka Mengajar ke gawai Android: 

1. Pastikan Anda memiliki gawai Android minimal versi 5 (Lollipop)

2. Pastikan Anda berada di Indonesia dan tidak menggunakan VPN luar negeri. Jika Anda menggunakan VPN luar negeri, silakan ubah VPN melalui panduan ini https://bit.ly/UbahNegara.

3. Buka aplikasi Google Play Store di gawai Android Anda. 

Screen_Shot_2023-01-12_at_16.21.19.png

4. Ketik "Merdeka Mengajar" di kolom pencarian

Screen_Shot_2023-01-12_at_16.22.01.png

5. Jika sudah menemukan aplikasi Merdeka Mengajar, buka aplikasi tersebut. Pastikan aplikasi yang Anda pilih adalah milik Kemendikbudristek.

Screen_Shot_2023-01-12_at_16.22.18.png

6. Klik Install

Screen_Shot_2023-01-12_at_16.22.59.png

7. Maka aplikasi Merdeka Mengajar akan terpasang di gawai Android Anda.

Screen_Shot_2023-01-12_at_16.23.16.png

Tanya Jawab Seputan Mengunduh Platform Merdeka Mengajar

Apakah platform Merdeka Mengajar tersedia di iOS?

Saat ini platform Merdeka Mengajar tersedia di perangkat Android minimal versi 5 (Lollipop). Namun jangan khawatir, pengguna iOS dapat mengakses platform Merdeka Mengajar di ponsel pintar maupun laptop Anda melalui web browser di https://guru.kemdikbud.go.id/.

Bagaimana cara mengetahui jika platform Merdeka Mengajar melakukan pembaruan versi (update)?

Perlu diketahui, platform Merdeka Mengajar adalah platform yang terus tumbuh dan berkembang untuk memberikan berbagai kemudahan bagi guru dalam mengajar, belajar, berkarya, dan menerapkan Kurikulum Merdeka sehingga platform Merdeka Mengajar akan terus melakukan pembaruan versi apabila terdapat penambahan fitur-fitur baru.

Untuk melakukan pembaruan versi platform Merdeka Mengajar, klik tautan https://bit.ly/platformmerdekamengajar lalu klik Update. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti cara berikut:

  1. Buka Google Play Store 
  2. Ketik “Merdeka Mengajar” di kolom pencarian, lalu klik Update.

Jika keterangan yang muncul bukan “Update”, melainkan “Uninstall”, artinya platform Merdeka Mengajar yang terpasang di gawai Anda sudah menggunakan versi terbaru dan tidak perlu melakukan pembaruan versi.

Mengapa saya tidak menemukan aplikasi Merdeka Mengajar di Google Play Store pada gawai saya?

Perlu diketahui, aplikasi Merdeka Mengajar hanya tersedia di Indonesia, oleh karena itu, jika Anda berada di luar Indonesia atau menggunakan VPN luar negri, kemungkinan Anda tidak dapat menemukan aplikasi Merdeka Mengajar di Google Play Store seperti pada gambar di bawah ini.

WhatsApp_Image_2023-01-11_at_17.20.00.jpeg

Jika hal tersebut terjadi, maka lakukan langkah berikut:

  1. Pastikan Anda berada di Indonesia. 
  2. Pastikan Anda tidak menggunakan VPN luar negeri. 
  3. Jika Anda menggunakan VPN luar negeri, silakan ubah menjadi VPN Indonesia. Klik https://bit.ly/UbahNegara untuk melakukan ubah VPN. 

.

Sebelumnya
Selanjutnya
14463954196377

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Apakah Artikel ini membantu?
Powered by Zendesk