Kurikulum satuan pendidikan (KSP) memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan dan sebagai acuan  seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Untuk menjadikannya bermakna, kurikulum  satuan pendidikan  dikembangkan dan dikelola dengan mengacu kepada struktur kurikulum dan standar yang ditetapkan oleh pemerintah  dan menyelaraskannya dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, dan daerah.

Fungsi Kurikulum Satuan Pendidikan

Dokumen Kurikulum Satuan Pendidikan merupakan dokumen hidup yang membantu satuan pendidikan menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas. Hal ini dapat tercapai karena:

  • Dalam proses penyusunan dokumen KSP,  kepala satuan pendidikan didorong untuk melakukan analisis dan refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah dijalankan secara  sistematis dan terstruktur. Proses ini akan memunculkan kemandirian dan mengembangkan kompetensi kepala satuan pendidikan, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengorganisasi dan merencanakan pembelajaran dengan lebih efektif dan efisien sesuai dengan kondisi dari satuan pendidikan berdasarkan hasil refleksi dan evaluasi berbasis data. 
  • Dokumen Kurikulum Satuan Pendidikan dapat membantu kepala satuan pendidikan melakukan diversifikasi kurikulum berdasarkan hasil identifikasi potensi dan karakteristik daerah, satuan pendidikan, dan peserta didik. Diversifikasi tersebut diharapkan dapat memperkuat ciri khas-nya dan membantu satuan pendidikan untuk mencapai visi, misi, dan tujuannya. 
  • Pengembangan kurikulum satuan pendidikan yang prosesnya diharapkan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dapat memunculkan rasa kepemilikan dan gotong royong dalam menyukseskan pelaksanaan kurikulumnya menuju pendidikan yang berkualitas

Prinsip Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan

  1. Berpusat pada peserta didik, yaitu pembelajaran harus memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. Profil Pelajar Pancasila selalu menjadi rujukan semua tahapan dalam penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan.
  2. Kontekstual, yaitu menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan, serta dunia kerja dan industri (khusus SMK), dan menunjukkan karakteristik atau kekhususan peserta didik berkebutuhan khusus (khusus SLB).
  3. Esensial, yaitu memuat semua unsur informasi penting/utama yang dibutuhkan dan digunakan di satuan pendidikan. Bahasa yang digunakan lugas, ringkas, dan mudah dipahami.
  4. Akuntabel, yaitu dapat dipertanggungjawabkan karena berbasis data dan aktual.
  5. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan, yaitu melibatkan komite satuan pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan antara lain orang tua, organisasi, berbagai sentra, serta industri dan dunia kerja untuk SMK, di bawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan atau kantor kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama sesuai dengan kewenangannya.

Komponen Kurikulum di Satuan Pendidikan

Periode Peninjauan Komponen Utama yang Ditinjau
Setiap 4-5 tahun Karakteristik Satuan Pendidikan
Visi, misi, dan tujuan
Setiap tahun Pengorganisasian pembelajaran
Perencanaan pembelajaran

*Untuk SMK, visi, misi, dan tujuan disusun untuk lingkup satuan pendidikan dan ditambahkan dengan tujuan program keahlian. 

Pelajari lebih lanjut terkait dengan Panduan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan dan contohnya pada tautan di bawah ini.

Lihat Panduan Pengembangan KSP

Lihat Contoh KSP

 

Sebelumnya
Selanjutnya
14179979320089

Komentar

9 comments

  • Aliasrofi

    Sangat membantu

    -1
  • Sutriyono Latumenten

    Capaian Pembelajaran

    Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, Capaian Pembelajaran menjadi acuan kompetensi dan kriteria yang ingin dicapai dalam sebuah mata pelajaran. Video ini bercerita tentang bagaimana konsep Capaian Pembelajaran, sekaligus hubungannya dengan teori piaget dan teori konstruktivisme.

    0
  • raymundus ragha sudin

    selalu berpusat pada peserta didik

    0
  • Wahyu Nurdiyati

    membantu sy memahami dan menyusun KOSP

    0
  • Marulak Pangaloan Manurung

    Hidupku semakin bahagia setelah berpihak atau menghamba ke pada Murid

    0
  • Mochamad Tegar Kurnia alam

    Bagaimana dengan cara penerapan KOSP ini?

    0
  • ZUBAIDAH SMKN1P

    penerapan KOSP dari literasi diatas sangat memberikan pemahaman bagaimana penerapan prinsip KOSP yang akan kita terapkan pada peserta didik dalam satuan pendidikan.

    0
  • Rimasha Yasmine

    Terimakasih informasinya mengenai KOSP. Sangat membantu

    0
  • MUHAMAD ROZAH

    Terima kasih sangat membantu pengetahuan tentang KOSP 

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk