Alur Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
1. Membentuk tim fasilitator projek penguatan profil pelajar Pancasila
Kepala satuan pendidikan menyusun tim fasilitator projek. Tim ini berperan merencanakan dan melaksanakan kegiatan projek untuk seluruh kelas.
2. Mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan
Kepala satuan pendidikan bersama tim fasilitator merefleksikan dan menentukan tingkat kesiapan satuan pendidikan.
3. Merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu projek penguatan profil pelajar Pancasila
Tim Fasilitator menentukan fokus dimensi profil pelajar Pancasila dan tema projek serta merancang jumlah projek beserta alokasi waktunya. (Dimensi dan tema dipilih berdasarkan kondisi dan kebutuhan sekolah).
4. Menyusun modul projek
Tim fasilitator menyusun modul projek sesuai tingkat kesiapan satuan pendidikan dengan tahapan umum: menentukan subelemen (tujuan projek); mengembangkan topik, alur, dan durasi projek, serta; mengembangkan aktivitas dan asesmen projek.
5. Merancang strategi pelaporan hasil projek
Tim fasilitator merencanakan strategi pengolahan dan pelaporan hasil projek.
*Perencanaan ini dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi satuan pendidikan.
Komentar
26 comments
Terima kasih pencerahannya
Penulis artikel sebaiknya dicantumkan namanya, agar memudahkan sebagai bahan rujukan
6 dimensi Profil Pelajar Pancasila merupakan dasar utama dalam melakukan asesmen.
Profil Pelajar Pancasila harus dihidupkan dalam diri murid. Terimakasih atas penjelasannya.
Dari materi ini saya mendapatkan pencerahan terkait dengan pembentukan nilai dan karakter peserta didik. Dengan perkembangan jaman yang sudah semaju ini maka diperlukan sekali panduan dalam mendampingi siswa
Pemahaman baru terkait pembentukan nila dan karakter peserta didik. Melihat perkembangan jaman yang sudah perlu panduan dalam mendampingi peserta didik
Artikel ini sangat membantu saya dalam memahami dan melaksanakan P5/ IKM
Terimakasih atas Uraian materi dengan Penjabaran yang mudah dipahami
Terima Kasih sangat membantu dan semoga penjelasannya bisa lebih dalam lagi sehingga menjawab berbagai pertanyaan yang ditemui dalam praktik di sekolah.
Profil Pelajar Pancasila dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap pelajar melalui: budaya sekolah, pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.
penekanan kumer adalah P5
sangat membantu saya memahami P5
Terima kasih, menguatkan pemahaman mengenai P5
Terima Kasih atas pemaparan dan penjelasan terkait P5 pada Kurikulum Merdeka ini, sangat bermanfaat dan memberikan pemahaman kepada saya, terima kasih.
Sangat membantu
terima kasih paparan nya, bisa menjadikan bahan rujukan dalam membuat paparan presentasi
Artikel ini sangat membantu pemahaman tentang P5
Alhamdulilah
Ternyata banyak sekali pencerahan-pencerahan setelah membaca paparan diatas.
Ada sedikit pertanyaan agak heran pada penerapan di sekolah sekolah P5 ada panen padahal baru persiapan beberapa minggu, sedangakan pada materi disini P5 merupakan budaya yang di terapkan keseharian.
Pertanyaan saya apakah perlu adanya panen karya atau tidak bagaimana cara menyapaikan bahwa P5 sudah menjadi budaya para warga sekolah ?
saya belum melihat pembahasan maupun pemaparan yang kongkrit memberikan bentuk menerapan P5 disuatu satuan pendidikan, semua masih gambaran umum yang masih memerlukan cernaan
tks, sangat membantu
Semakin memahami esensi Profil Pelajar Pancasila. Terimakasih
6 dimensi Profil Pelajar Pancasila dijadikan pilihan untuk menjadi tujuan dan capaian dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Penguatan pembelajaran Propil Pelajar Pancasila disekolah sangat dibutuhkan ,sesuai dengan alur tujuan pembelajaran dan akhirnya saya sudah mulai lebih memahami tentang apa itu apa itu propil pelajar pancasila.
Terimakasih atas, dan sangat bermanfaat
Please sign in to leave a comment.