Alur Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

1. Membentuk tim fasilitator projek penguatan profil pelajar Pancasila

Kepala satuan pendidikan menyusun tim fasilitator projek. Tim ini berperan merencanakan dan melaksanakan kegiatan projek untuk seluruh kelas.

2. Mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan
Kepala satuan pendidikan bersama tim fasilitator merefleksikan dan menentukan tingkat kesiapan satuan pendidikan.

3. Merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu projek penguatan profil pelajar Pancasila
Tim Fasilitator menentukan fokus dimensi profil pelajar Pancasila dan tema projek serta merancang jumlah projek beserta alokasi waktunya. (Dimensi dan tema dipilih berdasarkan kondisi dan kebutuhan sekolah).

4. Menyusun modul projek
Tim fasilitator menyusun modul projek sesuai tingkat kesiapan satuan pendidikan dengan tahapan umum: menentukan subelemen (tujuan projek); mengembangkan topik, alur, dan durasi projek, serta; mengembangkan aktivitas dan asesmen projek.

5. Merancang strategi pelaporan hasil projek

Tim fasilitator merencanakan strategi pengolahan dan pelaporan hasil projek.

*Perencanaan ini dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi satuan pendidikan.

Sebelumnya
Selanjutnya
14154290859801

Komentar

25 comments

  • Wahyu Ratnawati

    Terima kasih pencerahannya

    0
  • Wahyu Ratnawati

    Penulis artikel sebaiknya dicantumkan namanya, agar memudahkan sebagai bahan rujukan

    0
  • Wati Langka Ali

    6 dimensi Profil Pelajar Pancasila merupakan dasar utama dalam melakukan asesmen.

    0
  • Sapto Budimaiyono

    Profil Pelajar Pancasila harus dihidupkan dalam diri murid. Terimakasih atas penjelasannya.

    0
  • Samsul Hadi Annur

    Dari materi ini saya mendapatkan pencerahan terkait dengan pembentukan nilai dan karakter peserta didik. Dengan perkembangan jaman yang sudah semaju ini maka diperlukan sekali panduan dalam mendampingi siswa

    0
  • Budi Arif Fahrudin

    Pemahaman baru terkait pembentukan nila dan karakter peserta didik. Melihat perkembangan jaman yang sudah perlu panduan dalam mendampingi peserta didik

    0
  • Sri Surjani

    Artikel ini sangat membantu saya dalam memahami dan melaksanakan P5/ IKM 

    0
  • endangrahayuningsih

    Terimakasih  atas Uraian materi  dengan Penjabaran yang mudah dipahami

    0
  • IRMA M

    Terima Kasih sangat membantu dan semoga penjelasannya bisa lebih dalam lagi sehingga menjawab berbagai pertanyaan yang ditemui dalam praktik di sekolah.

    0
  • anggit novita sari

    Profil Pelajar Pancasila dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap pelajar melalui: budaya sekolah, pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.

    0
  • raymundus ragha sudin

    penekanan kumer adalah P5

    0
  • Wahyu Nurdiyati

    sangat membantu saya memahami P5

    0
  • DENI PERMANA, S.Pd. M.M.Pd.

    Terima kasih, menguatkan pemahaman mengenai P5

    0
  • Eka Rekawati

    Terima Kasih atas pemaparan dan penjelasan terkait P5 pada Kurikulum Merdeka ini, sangat bermanfaat dan memberikan pemahaman kepada saya, terima kasih.

    0
  • Lastina Laia

    Sangat membantu

    0
  • emikulsum

    terima kasih paparan nya, bisa menjadikan bahan rujukan dalam membuat paparan presentasi

    -1
  • Acep Hendri Mauludani, S.Pd
      • Terima Kasih sangat membantu dan semoga penjelasannya bisa lebih dalam lagi sehingga menjawab berbagai pertanyaan yang ditemui dalam praktik di sekolah.
      •  


    •  
    0
  • Sri Lestari

    Artikel ini sangat membantu pemahaman tentang P5

    0
  • agus supiandi

    Alhamdulilah

    Ternyata banyak sekali pencerahan-pencerahan setelah membaca paparan diatas.

     

    0
  • Ahmad Kusdianto

    Ada sedikit pertanyaan agak heran pada penerapan di sekolah sekolah P5 ada panen padahal baru persiapan beberapa minggu, sedangakan pada materi disini P5 merupakan budaya yang di terapkan keseharian.

    Pertanyaan saya apakah perlu adanya panen karya atau tidak bagaimana cara menyapaikan bahwa P5 sudah menjadi budaya para warga sekolah ?

    1
  • Ali Rohman

    saya belum melihat pembahasan maupun pemaparan yang kongkrit memberikan bentuk menerapan P5 disuatu satuan pendidikan, semua masih gambaran umum yang masih memerlukan cernaan 

    0
  • Budi Arif Fahrudin

    tks, sangat membantu

    0
  • Rimasha Yasmine

    Semakin memahami esensi Profil Pelajar Pancasila. Terimakasih

    0
  • dwi wahyu nunie setiawaty

    6 dimensi Profil Pelajar Pancasila dijadikan pilihan untuk menjadi tujuan dan capaian dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

    0
  • Paulina Emat Susanti

    Penguatan pembelajaran Propil Pelajar Pancasila disekolah sangat dibutuhkan ,sesuai dengan alur tujuan pembelajaran dan akhirnya saya sudah mulai lebih memahami tentang apa itu apa itu propil pelajar pancasila.

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk