Profil Pelajar Pancasila dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap peserta didik melalui: budaya satuan pendidikan, pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.

1. Budaya satuan pendidikan

Sebagai bagian dari budaya sekolah, 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila diintegrasikan ke dalam iklim sekolah, kebijakan, pola interaksi dan komunikasi, serta norma yang berlaku di satuan pendidikan.

2. Pembelajaran intrakurikuler

Sebagai bagian dari pembelajaran intrakurikuler, Capaian Pembelajaran, tujuan pembelajaran, atau materi/topik pembelajaran sudah menginkorporasikan 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila di dalamnya.

3. Pembelajaran kokurikuler (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Sebagai bagian dari pembelajaran kokurikuler, 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila dijadikan pilihan untuk menjadi tujuan dan capaian dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila . Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dipilih untuk menjadi fokus tujuan kegiatan juga kemudian menjadi dasar pelaksanaan asesmen projek. Ketahui lebih lanjut.

4. Pembelajaran ekstrakurikuler

Sebagai bagian dari pembelajaran ekstrakurikuler, 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila diintegrasikan dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat.

Sebelumnya
Selanjutnya
14154290859801

Komentar

17 comments

  • Wahyu Ratnawati

    Terima kasih pencerahannya

    0
  • Wahyu Ratnawati

    Penulis artikel sebaiknya dicantumkan namanya, agar memudahkan sebagai bahan rujukan

    0
  • Wati Langka Ali

    6 dimensi Profil Pelajar Pancasila merupakan dasar utama dalam melakukan asesmen.

    0
  • Sapto Budimaiyono

    Profil Pelajar Pancasila harus dihidupkan dalam diri murid. Terimakasih atas penjelasannya.

    0
  • Samsul Hadi Annur

    Dari materi ini saya mendapatkan pencerahan terkait dengan pembentukan nilai dan karakter peserta didik. Dengan perkembangan jaman yang sudah semaju ini maka diperlukan sekali panduan dalam mendampingi siswa

    0
  • Budi Arif Fahrudin

    Pemahaman baru terkait pembentukan nila dan karakter peserta didik. Melihat perkembangan jaman yang sudah perlu panduan dalam mendampingi peserta didik

    0
  • Sri Surjani

    Artikel ini sangat membantu saya dalam memahami dan melaksanakan P5/ IKM 

    0
  • endangrahayuningsih

    Terimakasih  atas Uraian materi  dengan Penjabaran yang mudah dipahami

    0
  • IRMA M

    Terima Kasih sangat membantu dan semoga penjelasannya bisa lebih dalam lagi sehingga menjawab berbagai pertanyaan yang ditemui dalam praktik di sekolah.

    0
  • anggit novita sari

    Profil Pelajar Pancasila dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap pelajar melalui: budaya sekolah, pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.

    0
  • raymundus ragha sudin

    penekanan kumer adalah P5

    0
  • Wahyu Nurdiyati

    sangat membantu saya memahami P5

    0
  • DENI PERMANA, S.Pd. M.M.Pd.

    Terima kasih, menguatkan pemahaman mengenai P5

    0
  • Eka Rekawati

    Terima Kasih atas pemaparan dan penjelasan terkait P5 pada Kurikulum Merdeka ini, sangat bermanfaat dan memberikan pemahaman kepada saya, terima kasih.

    0
  • Lastina Laia

    Sangat membantu

    0
  • emikulsum

    terima kasih paparan nya, bisa menjadikan bahan rujukan dalam membuat paparan presentasi

    -1
  • Acepmauludani40
      • Terima Kasih sangat membantu dan semoga penjelasannya bisa lebih dalam lagi sehingga menjawab berbagai pertanyaan yang ditemui dalam praktik di sekolah.
      •  


    •  
    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk