Perumusan Tujuan Pembelajaran
Setelah memahami Capaian Pembelajaran (CP), pendidik perlu mendapatkan ide-ide tentang apa yang harus dipelajari peserta didik dalam suatu fase. Pada tahap ini, pendidik mengidentifikasi kata-kata kunci CP untuk merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP). TP yang dikembangkan ini perlu dicapai peserta didik dalam satu atau lebih jam pelajaran, hingga akhirnya pada penghujung Fase mereka dapat mencapai CP.
Dalam tahap merumuskan TP ini, pendidik belum mengurutkan tujuan-tujuan tersebut, cukup merancang tujuan-tujuan belajar yang lebih operasional dan konkret saja terlebih dahulu. Urutan-urutan TP akan disusun pada tahap berikutnya. Dengan demikian, pendidik dapat melakukan proses pengembangan rencana pembelajaran langkah demi langkah.
Penulisan tujuan pembelajaran sebaiknya memuat 2 komponen utama:
- Kompetensi, yaitu kemampuan atau keterampilan yang perlu ditunjukkan/ didemonstrasikan oleh peserta didik. Pertanyaan panduan yang dapat digunakan pendidik, antara lain: secara konkret, kemampuan apa yang perlu peserta didik tunjukkan? Tahap berpikir apa yang perlu peserta didik tunjukkan?
- Lingkup materi, yaitu konten dan konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran. Pertanyaan panduan yang dapat digunakan pendidik, antara lain: hal apa saja yang perlu mereka pelajari dari suatu konsep besar yang dinyatakan dalam CP? Apakah lingkungan sekitar dan kehidupan peserta didik dapat digunakan sebagai konteks untuk mempelajari konten dalam CP (misalnya, proses pengolahan hasil panen digunakan sebagai konteks untuk belajar tentang persamaan linear di SMA)
Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran
Jika Capaian Pembelajaran adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik di akhir setiap fase, maka Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian Tujuan Pembelajaran (TP) yang disusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran untuk murid dapat mencapai Capaian Pembelajaran tersebut. Dengan demikian setelah merumuskan TP, langkah berikutnya dalam perencanaan pembelajaran adalah menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).
Pendidik dapat menggunakan ATP yang dapat diperoleh pendidik dengan:
- merancang sendiri berdasarkan CP,
- mengembangkan dan memodifikasi contoh yang disediakan, ataupun
- menggunakan contoh yang disediakan pemerintah.
Bagi pendidik yang merancang ATPnya sendiri, tujuan-tujuan pembelajaran yang telah dikembangkan dalam tahap sebelumnya disusun sebagai satu alur (sequence) yang berurutan secara sistematis dan logis dari awal hingga akhir fase. ATP juga perlu disusun secara linier, satu arah, dan tidak bercabang, sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.
Dalam menyusun alur tujuan pembelajaran, ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan:
- Tujuan pembelajaran adalah tujuan yang lebih umum bukan tujuan pembelajaran harian (goals, bukan objectives);
- Alur tujuan pembelajaran harus tuntas satu fase, tidak terpotong di tengah jalan;
- Alur tujuan pembelajaran perlu dikembangkan secara kolaboratif, (apabila guru mengembangkan, maka perlu kolaborasi guru lintas kelas/tingkatan dalam satu fase. Contoh: kolaborasi antara guru kelas I dan II untuk Fase A;
- Alur tujuan pembelajaran dikembangkan sesuai karakteristik dan kompetensi yang dikembangkan setiap mata pelajaran. Oleh karena itu sebaiknya dikembangkan oleh pakar mata pelajaran, termasuk guru yang mahir dalam mata pelajaran tersebut;
- Penyusunan alur tujuan pembelajaran tidak perlu lintas fase (kecuali pendidikan khusus);
- Metode penyusunan alur tujuan pembelajaran harus logis, dari kemampuan yang sederhana ke yang lebih rumit, dapat dipengaruhi oleh karakteristik mata pelajaran, pendekatan pembelajaran yang digunakan (misal: matematik realistik);
- Tampilan tujuan pembelajaran diawali dengan alur tujuan pembelajarannya terlebih dahulu, baru proses berpikirnya (misalnya, menguraikan dari elemen menjadi tujuan pembelajaran) sebagai lampiran agar lebih sederhana dan langsung ke intinya untuk guru;
- Karena alur tujuan pembelajaran yang disediakan Pemerintah merupakan contoh, maka alur tujuan pembelajaran dapat bernomor/huruf (untuk menunjukkan urutan dan tuntas penyelesaiannya dalam satu fase);
- Alur tujuan pembelajaran menjelaskan SATU alur tujuan pembelajaran, tidak bercabang (tidak meminta guru untuk memilih). Apabila sebenarnya urutannya dapat berbeda, lebih baik membuat alur tujuan pembelajaran lain sebagai variasinya, urutan/alur perlu jelas sesuai pilihan/keputusan penyusun, dan untuk itu dapat diberikan nomor atau kode; dan
- Alur tujuan pembelajaran fokus pada pencapaian CP, bukan profil pelajar Pancasila dan tidak perlu dilengkapi dengan pendekatan/strategi pembelajaran (pedagogi).
Komentar
37 comments
pentunjuk nya sangat bermanfaat terima kasih.
Alur Tujuan Pembelajaran merupakan rangkaian dari tujuan pembelajaran yang diharapkan mewujudkan capaian pembelajaran. Terimakasi atas penjelasannya.
Dari materi ini saya semakin mendapatkan pencerahan terkait degan TP dan ATP, semoga menjadi tambahan dalam menyusun skenario pembelajaran.
Sangat membantu. Terima Kasih
Dengan memahami CP dan TP maka alur Tujuan Pembelajaran menjadi lebih mudah diimplementasikan dalam pemvelajaran. Melalui contoh di atas semakin memudahkan guru dalam membuat alur tujuan pembelajaran
Dengan memahami CP dan TP maka alur Tujuan Pembelajaran menjadi lebih mudah diimplementasikan dalam pemvelajaran. Melalui contoh di atas semakin memudahkan guru dalam membuat alur tujuan pembelajaran
sangat membantu dalam membantu dalam menyusun modul ajar. terima kasih
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian Tujuan Pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran untuk murid dapat mencapai Capaian Pembelajaran
atp nya dapat disusun berdasarkan kebutuhan siswa
Terima Kasih atas Pencerahan Kurikulum Merdeka
matur suwun, sangat membantu memahami ATP
Terimakasih
terima kasih atas paparan nya yan sangat mudah dipahami
Alur Tujuan Pembelajaran adalah rangkaian Tujuan Pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis pada setiap fase pembelajaran agar siswa dapat mencapai Capaian pembelajaran.
Alur Tujuan Pembelajaran adalah Tujuan Pembelajaran yang di susun secara sistematis dan logis pada setiap fase pembelajaran agar siswa dapat mencapai capaian pembelajaran
Alur tujuan pembelajaran sangat membantu dalam pembelajaran di kelas untuk tercapainya tujuan pembelajaran .
Alur tujuan pembelajaran sangat membantu dalam pembelajaran di kelas untuk tercapainya pembelajaran
Luar Biasa ilmunya saya semakin paham
Dalam penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) perlu diperhatikan juga pemahaman konsep dan keterampilan proses yang ada pada Capaian Pembelajaran (CP)
banyak hal yang dpelajari sampai saat ini dan semoga bisa mewujudkan siswa yang belajar menyenangkan
Dengan memahami CP dan TP maka alur Tujuan Pembelajaran menjadi lebih mudah diimplementasikan dalam pemvelajaran. Melalui contoh di atas semakin memudahkan guru dalam membuat alur tujuan pembelajaran
Sangat jelas. Menambah pemahaman. Terimakasih
Terimakasih🙏🙏🙏🙏
Dengan terus belajar akhirnya saya paham
Dengan memahami CP dan TP maka alur Tujuan Pembelajaran menjadi lebih mudah diimplementasikan dalam pemvelajaran. Melalui contoh di atas semakin memudahkan saya dalam membuat alur tujuan pembelajaran
Sangat senang, dengan adanya artikel ini maka lebih jelas memahami cp dan tp dan alur langkah langkah kbm yang menyenangkan
Capaian Pembelajaran adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik di akhir setiap fase, maka Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian Tujuan Pembelajaran (TP) yang disusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran untuk murid dapat mencapai Capaian Pembelajaran tersebut.
Terimakasi refrensi ini sangat membantu sekali
Saya lihat dan cari CP dan ATP jurusan Kuliner SMK fase E belum ada...
TERIMA KASIH ATAS INFORMASI DAN PETUNJUKNYA,
MOHON KEDEPAN DI LAMPIRKAN CONTOHNYA JUGA
Please sign in to leave a comment.