Tujuan pembelajaran adalah deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang diperoleh peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran.
Tujuan pembelajaran disusun dengan memperhatikan kemungkinan pengumpulan bukti yang dapat diamati dan diukur melalui asesmen, sehingga peserta didik dapat dipantau ketercapaiannya atas tujuan pembelajaran tersebut.
Penulisan tujuan pembelajaran sebaiknya memuat 2 komponen utama, yaitu kompetensi dan lingkup materi.
1. Kompetensi
Kompetensi merupakan bukti ketercapaian Tujuan Pembelajaran yang perlu didemonstrasikan peserta didik di akhir sebuah pembelajaran. . Pertanyaan panduan yang bisa digunakan guru dalam menyusun tujuan pembelajaran terkait dengan komponen kompetensi, antara lain:
- Secara konkret, kemampuan apa yang perlu didemonstrasikan oleh peserta didik sebagai tanda bahwa dia sudah mencapai kompetensi ini?
- Secara konkret, tahapan dalam berpikir seperti apa yang perlu didemonstrasikan oleh peserta didik sebagai tanda bahwa dia sudah mencapai kompetensi ini?
2. Lingkup materi
Lingkup materi merupakan komponen Tujuan Pembelajaran yang berisi konten dan konsep utama yang perlu dipahami di akhir sebuah pembelajaran. Pertanyaan panduan yang bisa digunakan guru dalam menyusun tujuan pembelajaran terkait dengan komponen lingkup materi, antara lain:
- Konten apa saja yang perlu dipelajari peserta didik yang terkait dengan konsep besar yang dinyatakan dalam narasi Capaian Pembelajaran?
- Bagaimana lingkungan sekitar dan kehidupan keseharian peserta didik dapat digunakan sebagai konteks untuk mempelajari konsep tersebut? (misal: proses pengolahan hasil panen digunakan sebagai konteks untuk belajar tentang persamaan linear di SMA).
Komentar
6 comments
kompetensi dan lingkup materi merupakan komponen dari tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran adalah deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang diperoleh murid dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran.
dalam kegiatan siswa dapat mencakup pengetahuan,keterampilan, dan sikap
Tujuan pembelajaran adalah target dari sebuah pembelajaran. maka sifatnya wajib untuk dikuasai oleh para pengajar/gur
saya memahami tujuan pembelajaran adalah deskripsi pencapaian peserta didik yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap pada suatu kegiatan pembelajaran, yang dapat diamati dan diukur dengan pemberian assesmen.
Tujuan pembelajaran adalah menuntun, membimbing anak menjadi cerdas dan benar.
Please sign in to leave a comment.