Definisi Profil Pelajar Pancasila
Profil Pelajar Pancasila merupakan ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila.
Kegunaan Profil Pelajar Pancasila
- Menerjemahkan tujuan dan visi pendidikan ke dalam format yang lebih mudah dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan
- Menjadi panduan pengembangan karakter bagi pendidik dan pelajar Indonesia
- Tujuan akhir seluruh pembelajaran, program, dan kegiatan di satuan pendidikan
Dimensi dan Elemen Profil Pelajar Pancasila
Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi dan beberapa elemen di dalamnya.
Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai sehingga karakter positif dapat berkembang dan juga tumbuhnya budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen dan kunci kebinekaan global meliputi:
(a) akhlak beragama;
(b) akhlak pribadi;
(c) akhlak kepada manusia;
(d) akhlak kepada alam; dan
(e) akhlak bernegara.
Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen dan kunci kebinekaan global meliputi:
(a) mengenal dan menghargai budaya;
(b) kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama; dan
(c) refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.
Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari:
(a) kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi; serta
(b) regulasi diri.
Pelajar Indonesia memiliki kemampuan bergotong-royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. Elemen-elemen dari bergotong royong adalah:
(a) kolaborasi,
(b) kepedulian, dan
(c) berbagi.
Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Elemen-elemen dari bernalar kritis adalah:
(a) memperoleh dan memproses informasi dan gagasan,
(b) menganalisis dan mengevaluasi penalaran,
(c) merefleksikan pemikiran dan proses berpikir, dan
(e) mengambil keputusan.
Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci dari kreatif terdiri dari:
(a) menghasilkan gagasan yang orisinal, serta
(b) menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.
Lihat Capaian Per Fase
Komentar
15 comments
6 Demensi yang harus bisa diterapkan dalam proses Pembelajaran akan mewujudkan generasi yang memiliki Profil yang diharapkan oleh negara yang majemuk dalam segala bidang kehidupan yaitu Profil Pelajar Pancasila
Terima kasih untuk penjelasan terkait pengertian literasi.
Profil Pelajar Pancasila merupakan ciri dan karalter murid yang memiliki nilai luhur Pancasila, Nilai-nilai tersebut diharapkan dapat dimiliki murid setelah melalui proses pembelajaran. Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi dan beberapa elemen di dalamnya.
Profil Pelajar Pancasila merupakan pelajar sepanjang hayat, kemampuan kognitif, sikap dan prilaku
Penerapan Profil Pancasila pada setiap Pembelajaran memunculkan Paradigma baru yang membuat Guru semakin terarah dalam menyusun Modul ajar serta memberikan contoh bagi Murid
Dalam Pelaksanaan proses Pembelajaran dapat mewujudkan generasi emas yang memiliki Penerapan Profil Pancasila pada setiap alur pembelajaran yang diharapkan oleh kita maka akan menghasilkan paradigma pendidikan baru yang membuat tenaga pengajar ( guru) yang semakin baik dan terarah dalam menyusun bahan asesmen pembelajaran dan memberikan teladan bagi peserta didik.
Profil Pelajar Pncasila dengan 6 dimensinya ini sangat membantu sekolah dalam menentukan visi misi sekolah sesuai dengan karakter pancasila
Profil Pelajar Pancasila harus dilaksanakan secara bijak dan tidak boleh digunakan untuk mengorbankan kebebasan individu. Tujuannya adalah untuk mempromosikan nilai-nilai positif dan mendukung pembangunan sosial dan budaya yang berkelanjutan di Indonesia.
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang berpusat pada siswa. Guru menjadi pendamping untuk siswa. Video sangat menginspirasi dalam model pembelajaran
Peserta didik adalah sebagai subjek dalam Kurikulum Merdeka dan guru sebagai coah dan mentor mengarahkan peserta didik agar memiliki profil pelajar Pancasila yang penerapannya sangat bermanfaat untuk kehidupan mereka
Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi dan beberapa elemen di dalamnya.
terima kasih penjelasannya
Terima kasih paparan ilmunya, mohon maaf hanya ada sedikit koreksi, kata-kata diberi lingkaran seharusnya beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.
Jika ke 6 komponen profil Pelajar Panca Sila itu dapat diimplementasikan dalam pengajaran dan pembelajaran, maka sungguh di masa kira-kira 10-15 tahun yang akan datang diharapkan para pemuda yang akan meneruskan nilai-nilai luhur ini dalam kehidupan sehari-hari maka akan dapat membawa Indonesia yang dapat menjadi rujukan dunia tentang nilai-nilai universal ini, Semoga kita bisa
Jika ke 6 komponen profil Pelajar Panca Sila itu dapat diimplementasikan dalam pengajaran dan pembelajaran, maka sungguh di masa kira-kira 10-15 tahun yang akan datang diharapkan para pemuda yang akan meneruskan nilai-nilai luhur ini dalam kehidupan sehari-hari maka akan dapat membawa Indonesia yang dapat menjadi rujukan dunia tentang nilai-nilai universal ini, Semoga kita bisa
Please sign in to leave a comment.