Untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, pengorganisasian pembelajaran perlu diperbarui. Salah satu caranya adalah dengan mengatur pembagian kewenangan antara pemerintah pusat dan satuan pendidikan.
Kewenangan Pemerintah Pusat
- Struktur kurikulum
- Profil Pelajar Pancasila
- Capaian Pembelajaran
- Prinsip pembelajaran dan asesmen
Kewenangan Satuan Pendidikan
- Visi, misi, dan tujuan sekolah
- Kebijakan lokal terkait kurikulum
- Proses pembelajaran dan asesmen
- Pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan
- Pengembangan perangkat ajar
Komentar
11 comments
Proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan guru sebagai pengelola proses pembelajaran yang siap dan akan dialami oleh peserta didik.
Dalam rangka upaya mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, saya dapat memahami bahwa antara pemerintah pusat dan satuan pendidikan masing-masing memiliki kewenangan sehingga pengorganisasian pembelajaran perlu diperbarui. Terima kasih ini mencerahkan saya dan sangat mebantu
Sesuai Tujuan Pembelajaran kita harus mengacu pada proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didikSebagai bentuk implementasi dari filosofi pembelajaran Ki Hadjar Dewantara yang berpusat pada peserta didik;
Untuk memastikan setiap peserta didik mendapatkan hak belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan;
Memberikan waktu yang cukup untuk peserta didik membangun dan meningkatkan kompetensi numerasi dan literasi.
Akhirnya kami bisa paham dan mengerti pembagian kewenangan antara pemerintah pusat dan satuan Pendidikan masing-masing sehingga tercipta apa yg dinamakan filosofi Ki Hajar Dewantoro. Terimakasih
sangat membantu kepala satuan pendidikan tentang kurikulum merdeka untuk memetakan kewenangan yang dilakukan satuan pendidikan dengan pemerintah,untuk juga sebagai rambu-rambu apa yang harus di laksanakan oleh satuan pendidikan
Memudahkan kepalasekolah dalam menerapkan IKM karena ada rambu rambu yang disediakan
Cara satuan pendidikan mengatur pembelajaran muatan kurikulum dalam satu rentang waktu adalah dengan melakukan pengorganisasian pembelajaran yang mengatur beban belajar dalam struktur kurikulum, muatan mata pelajaran dan area belajar, pengaturan waktu belajar, serta proses pembelajaran. Guru melakukan tindakan dalam mempersiapkan proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, efektif, dan efisien.
kurikulum merdeka merupakan upaya bagaimana potensi murid lebih tereksplor dan pembelajaran lebih berpusat pada murid (student center)
SInergi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah merupakan sebuah keharusan untuk dilaksanakan demi mencapai mutu pendidikan terbaik di Indonesia. Hal ini diharapkan tidak hanya terjadi pada tataran teoritis, tetapi juga mencapai tataran paktisnya.
Kurikulum merdeka telah memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan untuk merancang pengembangan kurikulum sesuai dengan situasi daerah masing-masing.
Patut diberi apresiasi atas kolaborasi yang luar biasa antara Pemerintah pusat dan pemerintah daerah,dalam dukungan terhadap implementasi kurikulum merdeka pada setiap satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Dengan adanya Kurikulum Merdeka, Murid diberi kemerdekaan untuk lebih leluasa belajar sesuai dengan kebutuhan murid itu sendiri. Guru diberi ruang lebih leluasa juga dalam hal mengembangkan dan mendesain perangkat ajar serta melaksanakan pembelajaran yang lebih berpihak pada murid.
Please sign in to leave a comment.