Pengajaran sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik (teaching at the right level) adalah pendekatan pengajaran yang berpusat pada kesiapan belajar peserta didik, bukan hanya pada tingkatan kelas.

Apa tujuan pendekatan pengajaran ini?

  • Sebagai pemenuhan hak peserta didik mendapatkan pembelajaran yang dapat memunculkan dan menguatkan potensinya sesuai tujuan filosofi pembelajaran KHD
  • Memberikan waktu yang cukup untuk peserta didik membangun dan meningkatkan kompetensi numerasi dan literasi.

Bagaimana penerapannya?

  • Dengan Asesmen Awal Pembelajaran dan penyesuaian Tujuan Pembelajaran
    Pembelajaran diawali dengan pemetaan kemampuan prasyarat agar dapat merencanakan tindak lanjut yang tepat, termasuk melakukan penyesuaian Tujuan Pembelajaran. Kemajuan hasil belajar selanjutnya dilakukan secara berkelanjutan melalui asesmen formatif. Peserta didik yang belum mencapai capaian pembelajaran mendapatkan pendampingan agar mencapai capaian pembelajarannya.
  • Dengan pembelajaran berdiferensiasi.
    Peserta didik dalam fase perkembangan yang sama bisa memiliki tingkat pemahaman dan kesiapan yang berbeda. Karena itu, pada model pengajaran ini, cara dan materi pembelajaran divariasikan berdasarkan tingkat pemahaman dan kesiapan peserta didik.

Apa itu fase perkembangan?

Fase adalah pengelompokkan peserta didik berdasarkan tahapan perkembangan pada suatu periode, ditandai oleh beberapa karakterististik fisik, sosio emosional, atau kognitif tertentu. Fase juga digunakan sebagai informasi ketersediaan waktu untuk mencapai sebuah CP. Di SLB, kategori fase dibagi berdasarkan usia mental, sedangkan pada sekolah umum pembagian dilakukan berdasarkan kelas.

Fase dan Jenjang/Kelas

  • Fase A: SD/MI (Kelas 1–2)
  • Fase B: SD/MI (Kelas 3–4)
  • Fase C: SD/MI (Kelas 5–6)
  • Fase D: SMP/MTs (Kelas 7–9)
  • Fase E: SMA/MA, SMK/MAK (Kelas 10)
  • Fase F: SMA/MA, SMK/MAK(Kelas 11–12)

Sekolah Luar Biasa

  • Fase A: usia mental ≤ 7 tahun
  • Fase B: usia mental ± 8 tahun
  • Fase C: usia mental ± 8 tahun
  • Fase D: usia mental ± 9 tahun
  • Fase E: usia mental ± 10 tahun
  • Fase F: usia mental ± 10 tahun

Sinkronisasi Fase, Jenjang/Kelas, Usia Kronologis, dan Usia Mental

Fase

Jenjang/Kelas

Usia Kronologis

Usia Mental (SLB)

Fase A

SD/MI (Kelas 1-2)

≤ 6–8 tahun

≤ 7 tahun

Fase B

SD/MI (Kelas 3-4)

9–10 tahun

± 8 tahun

Fase C

SD/MI (Kelas 5-6)

1–12 tahun

± 8 tahun

Fase D

SMP/MTs (Kelas 7-9)

13–15 tahun

± 9 tahun

Fase E

SMA/MA, SMA/MAK (Kelas 10)

16–17 tahun

± 10 tahun

Fase F

SMA/MA, SMA/MAK (Kelas 11-12)

17–23 tahun

± 10 tahun

 

Bagaimana tahapan pelaksanaan pembelajaran dan asesmen?

Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran

Guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, yang mencakup rencana asesmen formatif yang akan dilakukan di awal pembelajaran dan selama pembelajaran berlangsung, serta asesmen sumatif di akhir pembelajaran.

Asesmen Formatif Awal Pembelajaran

Asesmen di awal pembelajaran bertujuan untuk menilai kesiapan masing-masing peserta didik untuk mempelajari materi yang telah dirancang. Berdasarkan hasil asesmen, pendidik memodifikasi rencana yang telah dibuatnya dan/atau membuat penyesuaian untuk sebagian peserta didik.

Pembelajaran

Melakukan pembelajaran dan memonitor kemajuan belajar peserta didik secara berkala dengan menggunakan berbagai metode asesmen formatif.

Asesmen Sumatif di Akhir Pembelajaran

Melaksanakan asesmen di akhir pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Asesmen ini juga bisa digunakan sebagai asesmen awal pada pembelajaran berikutnya.

 

Sebelumnya
Selanjutnya
14142735013145

Komentar

88 comments

  • Abdul Rahman, S.Pd., M.Pd

    Kurikulum merdeka mengajar semoga dapat diterima oleh peserta didik. Karena guru menjadi fasilitator dan siswa yang mengalami dan merasakan proses pembelajaran.

    1
  • Ruriani, S. Pd

    Terima kasih, ini sangat membantu, sekarang saya sudah bisa memahami tentang asesmen, ada asesmen formatif dan sumatif , asesmen formatif dilakukan di awal dan selama proses pembelajaran adapun asesmen sumatif dilakukan di akhir pembelajaran 

    0
  • Winda Fitrifitanofa

    Kurikulum merdeka memiliki tujuan yang baik, harapannya semua siswa dapat terfasilitasi dengan baik sesuai dengan karakteristik dan pemahamannya masing-masing...

    0
  • Fatimah Zahara

    Kurikulum merdeka membantu guru dalam melaksanakan tugas disekolah dengan melakukan asesmen formatif ( diawal ) dan asesmen sumatif ( diakhiri). Sehingga guru mudah melakukan rencana pembelajaran.

    0
  • DARIUS N. WITIN

    Terimakasih, dengan penjelasan awal dalam penerapan IKM di sekolah masing-masing sangat membantu kami sebagai guru dalam memahami apa, mengapa dan bagaimana cara melakukannya dalam pembelajaran di kelas yg berpusat pada siswa. Sangat membantu.

    0
  • Rianti Tampubolon

    Konsep, prinsip dan konteks kurikulum merdeka sangat ideal dan berdasar pada sebuah filosopi, apakah dimungkinknan untuk dilakukan di dalam kelas yang jumlah peserta didik sampai 36 ,sementara guru masih banyak yang sudah nyaman dengan prilaku lama.....sungguh suatu kerja keras oleh semua yang terlibat untuk  mencerdaskan peserta didik dalam atmosfer  dimerdekakan .

     

     

    0
  • FIRDA NINGSI

    Pembelajaran yang bepihak pada murid merupakan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik... penjelasan yang sangat bagus sekali bisa di pelajari secara mandiri...terimakasih PMM

    0
  • Asep Sulton Saputro

    Luar biasa sekali Aplikasi Merdeka Mengajar sangat membantu guru zaman now untuk mengajar dan belajar

    0
  • Rihanah

    Kurikulum merdeka sangat menghargai keberadaan manusia sesuai fitrahnya. Memberikan ruang setiap insan dapat hidup mengembangkan potensi diri tanpa terhalang dengan potensi orang lain. Semua unsur yg terlibat dapat menjadi pembelajar sepanjang hayat. Mantul......

    0
  • Rihanah

    Kurikulum merdeka sangat menghargai keberadaan manusia sesuai fitrahnya. Memberikan ruang setiap insan dapat hidup mengembangkan potensi diri tanpa terhalang dengan potensi orang lain. Semua unsur yg terlibat dapat menjadi pembelajar sepanjang hayat. Mantul......

    0
  • JAMIATUS SOFYAN, S.Pd.SD.

    Kurikulum Merdeka ini memang sangat ideal dengan hakikat pendidikan serta perkembangan zaman. Dinamika memang menuntut kurikulum bersifat dinamis, salah satu hal paling esensial dan menarik dari implementasi kurikulum ini yaitu sistem fase perkembangan belajar serta sifat pembelajaran ber-diferensiasinya yang sudah pasti sangat berkeadilan bagi setiap peserta didik.

    0
  • Sutriyono Latumenten

    Murid mempunyai fase yang sama tapi berbeda tingkat kesiapan dan pemahaman yang berbeda perlu adanya model pembelajaran berdiferensi

    0
  • Sutriyono Latumenten

    Pembelajaran diferensi sangat tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran karena tingkat kesiapan dan pemahaman yang berbeda dari peserta didik

    0
  • Hudi Susila

    Dengan pembelajaran berdeferensi anak dapat belajar sesuai kesiapannya dan berkembang sesuai kemampuannya

    0
  • Dedi Supriadi

    Sangat membantu, perlu wadah untuk variasi intrakurikuler dan variasi konten yaitu LMS

    0
  • Susi Hariani

    Salam super sangat membantu, dgn ini sebagai TPK dapat memahami lebih jauh apa itu merdeka belajar

    0
  • Wati Langka Ali

    Kurikulm Merdeka merupakan kurikulm yg memberikan kesempatan belajar pada anak untuk mengembangan potensi diri yg ada sejak lahir.

    0
  • Budi Mulyono

    Tercerahkan kembali...

    Bukan sesuatu yang baru, namun dengan ada perubahan atau pembaharuan atau apapun namanya,kita kembali menjadi segar kembali akan kesadaran dan tanggung jawab pendidikan terutama kegiatan pembelajaran...

    1
  • Fransiska Liem, S. Pd

    kurikulum Merdeka membantu guru dan peserta didik mencapai tujuan belajar yang diharapkan 

    1
  • Nursani

    Terima kasih, ini sangat membantu, sekarang saya sudah bisa memahami tentang asesmen, ada asesmen formatif dan sumatif , asesmen formatif dilakukan di awal dan selama proses pembelajaran adapun asesmen sumatif dilakukan di akhir pembelajaran

    0
  • Flora Pangajow

    Kurikulum merdeka sangat bagus selain gurunya merdeka siswanya juga merdeka dalam belajar karena pemebelajaran sesuai dengan karakteristik siswa.

    0
  • Hasanul Amri

    Kurikulum Merdeka memberikan kesempatan kepada guru untuk mengenal karakteristik pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik. Tentunya ini sangat menyenangkan!

    0
  • Eva Yeni,S.Pd

    Kurikulum merdeka memberikan esempatan kepada guru untuk mengenal karakteristik  peserta didik dan memberikan keleluasaan dalam mengembangkan strategi belajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik , dengan kurikulum merdeka saya mengajar lebih semangat dan terus berinovasi untuk menfasilitasi peserta didik

    0
  • Rahmat Hidayat

    kurikulum merdeka mengasosiasi diferensiasi peserta didik, sehingga peserta didik mempunyai kesempatan untuk berkembang sesuai dengan karakteristik peserta didik

    0
  • Fitriyansyah

    kurikulum merdeka belajar ternyata lebih ke aktifan siswa, guru sebagai fasilitator sehingga membuat siswa berkembang secara spesifik dan berkarakter. seperti nya akan ada keseruan dan kejutan demi kejutan dari peserta didik nanti nya. :) selalu semangat. 

    0
  • Iswadi

    IKM diharafkan dapat memberikan dampak yang baik bagi guru, dalam hal kualitas mengajar, gurulah yang membuat siswa menyukai mata pelajaran, bukan buku yang membuat siswa suka dengan mata pelajaran, guru yang mengajar dengan baik, menguasai materi, guru selalu belajar dan terus belajar, guru yang menyenangkan,  dan bisa dijadikan teman.itulah guru yang senantiasa ditunggu siswa kehadirannya di dalam kelas.

    0
  • Iswadi

    IKM diharafkan dapat memberikan dampak yang baik bagi guru, dalam hal kualitas mengajar, gurulah yang membuat siswa menyukai mata pelajaran, bukan buku yang membuat siswa suka dengan mata pelajaran, guru yang mengajar dengan baik, menguasai materi, guru selalu belajar dan terus belajar, guru yang menyenangkan,  dan bisa dijadikan teman.itulah guru yang senantiasa ditunggu siswa kehadirannya di dalam kelas.

    0
  • Lusi Indrawati

    Keunggulan dari kurikulum merdeka ini diharapkan mampu mengembangkan kompetensi para peserta didik, di mana kurikulum merdeka lebih menekankan pada kebebasan peserta didik. Terimakasih sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar mengenal karakteristik pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik.

    0
  • Dedyleoanak22

    Kurikulum Merdeka memiliki pendekatan diferensiasi yang sangat bagus bagi kebutuhan belajar siswa

    0
  • Dian Mayasari

    Kurikulum Merdeka merupakan pembelajaran yang bermakna dan menguatkan kompetensi siswa

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk